Sunday 29 May 2016

Potret Kompleks Megalit Kalimbuang Bori', Toraja Utara

 Kompleks Megalit Kalimbuang Bori', Toraja Utara
Setelah mampir di warung kopi Panorama Lempo Tinimbayo, perjalanan dilanjutkan dengan terus menuruni jalanan aspal lereng Gunung Sesean. Tujuan selanjutnya adalah mengunjungi situs megalit (batu besar) Bori’. Lokasi situs ini berada di kaki Gunung Sesean. Kalau bukan orang yang tinggal Toraja tentu tak mudah menemukan lokasi situs batu ini. Banyak persimpangan jalan yang terlewati tetapi tidak ada penanda arah jalan menuju Bori’. Bertanyalah kepada penduduk lokal jika tak ingin tersesat. Kira-kira setelah 11 km atau sekitar 30 menit berkendara dari Lempo Tinimbayo, sampailah kita di Bori’ Kalimbuang. Tandanya ada plang nama bertuliskan “KOMPLEKS MEGALIT KALIMBUANG BORI’ KECAMATAN SESEAN KABUPATEN TORAJA UTARA” di sisi kiri jalan, menghadap ke persawahan.

Peta perjalanan dari Lempo Tinimbayo ke Bori'

Pukul 08.30 WITA pagi berkunjung ke Bori’, suasanya masih sangat sepi bahkan loket penjualan tiket masuk belum ada yang menjaga. Informasinya wisatawan yang berkunjung ke Bori’ dikenakan tarif 10.000 IDR per orang.

Kalimbuang Bori’ adalah tempat upacara pemakaman adat. Di dalam kompleksnya terhampar batu-batu tegak berdiri di atas hamparan rumput hijau. Bentuknya berupa tugu-tugu batu (menhir). Ukurannya tak seragam, ada yang tinggi menjulang dan ada pula yang hanya seukuran lutut orang dewasa. Jumlah menhir ini diperkirakan puluhan bahkan ratusan dan usianya ratusan tahun. Menhir-menhir yang ada di sini didirikan untuk menghormati pemuka adat atau keluarga bangsawan Toraja yang meninggal.

Berdiri di antara batu-batu besar Bori'

No comments:

Post a Comment