Thursday 26 May 2016

Potret Perkampungan Tua Kete Kesu, Toraja Utara

Dari Lemo perjalanan dilanjutkan menyusuri Jalan Poros Makale - Rantepao sejauh 12 km ke arah utara. Masuk ke Kabupaten Toraja Utara kemudian beloklah ke kanan mengikuti plang penunjuk jalan menuju Kete Kesu, sejauh 2 km lagi. Perjalanan menuju ke Kete Kesu tersuguh panorama persawahan dan perbukitan hijau yang sangat meneduhkan pandangan.

Sejak lama Kete Kesu menjadi destinasi wisata primadona Toraja. Kete Kesu adalah representatif perkampungan adat tertua di Toraja. Konon katanya usia perkampungan Kete Kesu lebih dari 500 tahun. Di dalam perkampungan adat Toraja ini terdiri dari area pemukiman (beberapa tongkonan berdiri berjajar dilengkapi dengan lumbung padi), lapangan/tempat acara adat dan area pekuburan di lereng bukit karst yg lokasinya sekitar 100 meter di belakang dari area pemukiman. Untuk masuk ke Kete Kesu, pengunjung wajib membayar tiket sebesar 10.000 IDR per orang.

Berikut ini Potret Perkampungan Tua Kete Kesu, Toraja Utara ;

Ketekesu berlatar bukit karst dan persawahan hijau di sekitarnya
Tak pernah sepi pengunjung di Kete Kesu
Deretan Tongkonan dan lumbung (alang) 
Atap melengkung Tongkonan terdiri dari susunan bambu. Di depan bangunan Tongkonan terdapat tiang tanduk kerbau yang di susun rapi bertingkat . Tanduk-tanduk kerbau ini menunjukan semakin banyak dan semakin tinggi tanduk yang tersusun menandakan semakin tinggi derajat sosial penghuninya
Dari area tongkonan beranjak ke belakang menyusuri kios-kios souvenir khas Toraja 
menuju area pemakaman Kete Kesu
Area pekuburan di lereng bukit karst Kete Kesu
Tulang belulang berserakan di wadah kubur terbuka di Kete Kesu
Melihat wadah kubur tradisional Toraja (erong) yang tergantung di tebing area pekuburan Kete Kesu

No comments:

Post a Comment