Friday 27 May 2016

Khairani, Sebuah Desa Nun Jauh di Anak Benua India

Entah mengapa hari ini saya begitu iseng. Iseng mengetik nama saya "khairani" di situs pencarian google. Halaman pertama terbuka, muncul lah berbagai link dari berbagai media sosial (facebook, twitter, dll) yang ada kaitannya dengan nama orang "khairani". Lajut halaman 2 lalu 3, hasilnya masih sama. Kemudian pada halaman 4, mata saya tertuju pada link artikel yang berjudul Khairani Map | India Google Satellite Maps. Penasaran... karena inilah pertama kali saya mengetahui bahwa khairani merujuk kepada nama sebuah daerah di negara India sana.

Khairani, India Map

Berikut informasi tentang Khairani (sumber : Indian Village Directory )
Khairani - Village Overview
Block / Tehsil :
Dhimarkheda
District :
Katni
State :
Madhya Pradesh
Pincode :
N/A
Area :
383 hectares
Population :
278
Households :
61
Nearest Town :
Katni (84 km)

According to Census 2011 information the location code or village code of Khairani village is 488908. Khairani village is located in Dhimarkheda Tehsil of Katni district in Madhya Pradesh, India. It is situated 26 km away from sub-district headquarter Dhimarkheda and 84 km away from district headquarter Katni. The total geographical area of village is 383 hectares. Khairani has a total population of 278 peoples. There are about 61 houses in Khairani village. Katni is nearest town to Khairani which is approximately 84km away.

Saya pernah traveling ke India 2 tahun yang lalu. Namun belum ada kesempatan berkunjung ke Madhya Pradesh. Negara bagian di India bagian tengah yang sering disebut sebagai "Jantungnya India",  dengan ibu kota-nya Bhopal.

Membaca nama Bhopal, saya teringat judul opera sabun/sinetron India (Tellywood) yang pernah booming menjadi acara prime time di salah satu tv swasta, beberapa bulan yang lalu. Beintehaa!. Jujur, saya termasuk penggemar setia sinetron India ini. Di awal-awal episode, Beintehaa bersetting lokasi di Bhopal, kampung halaman si tokoh utama wanita.  Selain dibuat ikut larut dalam cerita, di sini kita akan dibius oleh pesona kota Bhopal. Seakan-akan pun kita sedang berjalan-jalan di kota ini.  Gara-gara Beintehaa, saya pun menambah list perjalanan impian. Apalagi ketika mengetahui ada sebuah desa kecil bernama Khairani (nama saya) yang berada 400 km jauhnya dari ibukota negara bagian Madhya Pradesh ini.

Jika suatu saat nanti diberi kesempatan kembali ke India, ingin rasanya mengunjungi desa yang namanya sama dengan saya yaitu Khairani. Sebuah desa kecil nun jauh dari Bhopal, Madhya Pradesh, India. InshaAllah

From Bhopal to Khairani Map


Catatan random travelscapeengineer
Lagub, 27 Mei 2016

No comments:

Post a Comment