Tuesday 17 May 2016

Menginap di Pod House, Makassar

Pemandangan laut dari rooftop Pod House
Sedang mencari pilihan penginapan murah ala backpacker di Makassar yang memiliki review oke punya dan lokasinya dekat dengan Pantai Losari, Pod House menurut saya layak untuk dipertimbangkan. Apa itu Pod House?. Penginapan ini sama seperti hostel yang mengusung konsep dorm dimana 1 ruangan kamar berisi sejumlah bed (tempat tidur). Keunikan pod terletak pada tempat tidurnya nya yang berbentuk kapsul (inilah mengapa dinamakan pod). Setahu saya konsep penginapan pod masih langka di Indonesia. Dan Pod House Makassar ini mungkin menjadi yang pertama di Indonesia bagian timur.

Pod House, Makassar
Address : Jalan Penghibur No.58-59, Losari, Makassar, Indonesia
Phone/Fax : (+62411) 8941760/ (+62411) 8941761
Email : info@podhousehotel.com

Peta lokasi Pod House, Makassar

Lokasinya strategis, bangunan Pod House berada di Jalan Penghibur, hanya beberapa langkah berjalan kita sudah berada di kawasan Anjungan Pantai Losari yang terkenal itu. Mesjid terapung (Mesjid Amirul Mukminin), Fort Rotterdam, dermaga speed boat menuju pulau-pulau indah sekitar Makassar (Pulau Lae-Lae, Salamona, dll), berwisata kuliner dan hunting oleh-oleh khas Makassar di Jalan Somba Opu dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki.
Bangunan Pod House, Makassar
Penginapan yang baru saja dibuka awal Mei ini memasang tarif menginap (sumber website Pod House, Mei 2016) yaitu untuk kelas business pod : 150.000 IDR sedangan kelas suite pod  : 200.000 IDR per bed per malam. Tarif ini sudah termasuk breakfast dan free wifi. Waktu check in dan check out Pod House yaitu pukul 12.00 siang WITA.

Kamar business pod
Oh iya kak, ternyata tarif di atas bisa lebih murah apabila kita memesan via online seperti melalui aplikasi pemesanan hotel traveloka (ini bukan promo berbayar loh kak :) tetapi sekedar berbagi pengalaman). Dikurangi potongan harga, saya pun medapatkan harga menginap per malam yaitu 120.000 IDR di kamar kelas business pod. Cukup terjangkau kan kak?.
Tentang kamar Pod House...Bingung apa bedanya kelas business pod dengan suite podNah, untuk kelas business pod, satu ruangan kamar terdiri dari 16 pod tempat tidur dimana terbagi atas 2 kelompok pod yang saling berhadapan. Satu kelompok pod terdiri dari 4 baris bed kapsul bertingkat. Sedangkan untuk kelas suite pod, satu ruangan kamar hanya diisi satu tempat tidur saja. Menginap di kamar business pod tentunya kita akan sharing room bersama dengan penghuni lain sedangkan di suite pod lebih privasi (hanya kita sendiri). Sayangnya pada website Pod House belum menjelaskan apakah kamar business pod ada yang khusus female only ataukah semua kamar business pod adalah mix pod (penghuni wanita gabung dengan laki-laki).
Kamar suite pod (sumber gambar : Pod House)
Terbilang baru dan belum banyak orang yang tahu tentang Pod House, cerita punya cerita saya termasuk beruntung menjadi penghuni pertama yang menempati kamar business pod (201 – 216). Kamar yang seharusnya ditempati 16 orang, hanya saya seorang di dalamnya. Jadinya berasa seperti kamar sendiri. 

Dimensi ukuran bed (tempat tidur) business pod yaitu lebar : 1.3m, tinggi : 1.2m, panjang: 2.3m. Hmmm,, menurut saya sih sempit tetapi so far so good lah karena sudah memfasilitasi ukuran tempat tidur single standar buat orang dewasa. Faktanya saya nyenyak aja tuh tidur di sini!. Sedangkan suite pod ruangannya memiliki dimensi lebar : 2.1m, tinggi : 2.4m, panjang : 4.2m . Di setiap pod sudah disediakan bantal 2 buah, selimut, handuk, sebuah gantungan baju di dinding pod, colokan listrik/steker internasional, dan sebotol air mineral 550 ml sebagai welcoming drink

Untuk fasilitas loker (tempat penyimpanan barang berharga) penghuninya terdapat secure lockers yaitu personal locker yang terletak di bagian bawah tempat tidur masing-masing pod dan satu lagi shoes locker terletak di luar kamar (sebagai penyimpanan sepatu). Bahkan sudah disediakan sandal khusus di ruang kamar. Masing-masing penghuni diberi 1 kunci loker dan 1 key card untuk masuk ke kamar pod. 

Kamar mandi Pod House bertipe a shared private bathroom (kamar mandi pribadi bersama) di setiap lantai gedung Pod House. Tinggal memilih apakah mau mandi dengan air panas atau air dingin. Disediakan sampo dan sabun di setiap ruangan mandi (shower room). Ruang toilet dibuat terpisah dengan shower room. 
A shared private bathroom Pod House
Tersedia juga hair dryer
Shower room Pod House
Mengenai kebersihan Pod House baik itu kamar maupun kamar mandinya tak perlu diragukan lagi. Apalagi bangunan pod masih sangat baru, penampilan di setiap sudutnya bahkan terlihat kinclong dan bersih. Semoga kedepannya Pod House tetap terawat dengan baik.

Interior di area tangga Pod House
Dan yang menjadi favorit saya dari Pod House yaitu rooftop view di lantai paling atas (lantai 3). Pada rooftop terdapat kursi-kursi nyaman yang ditata cukup menarik. Di sini kita dapat duduk santai sembari menikmati panorama laut Pantai Losari yang sangat memanjakan mata apalagi pada saat sunset. Suasanya cocok untuk mencari inspirasi :). 

Rooftop Pod House
Beranjak ke bagian lantai dasar Pod House, merupakan lobby area (tempat resepsionis sekaligus coffee shop). Desain interior ruangannya cukup istagramable buat foto-foto. Menimbulkan rasa nyaman sehingga menarik hati saya untuk duduk berlama-lama sembari menghabiskan jatah breakfast (segelas kopi standar dan roti coklat bakar). Sayangnya saya belum sempat mencicipi jenis minuman lainnya di cafe Pod House ini.

Lobby area Pod House
Coffee shop Pod House
Pelayanan Pod House juga oke, staff nya sopan dan ramah. Jika ingin bertanya tentang Makassar atau ingin meminta tolong untuk dipesankan tiket bus ke Toraja, staff resepsionis Pod akan senang hati membantu kakak!. TOP deh!.

Makassar, 8 - 9 Mei 2016

No comments:

Post a Comment