Thursday 26 May 2016

Potret Lemo (Pekuburan Adat di Tebing Batu), Tana Toraja

Potret Lemo (Pekuburan Adat di Tebing Batu), Tana Toraja 
Perjalanan wisata tidak selalu ke tempat-tempat yang indah. Seperti di Toraja yang tak hanya menyajikan keindahan panorama alam tetapi juga kekayaan budaya dan adat istiadat masyarakatnya. Rumah adat Tongkonan dan pekuburan adat Toraja selalu menjadi magnet yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Salah satu lokasi pekuburan adat yang terkenal di Tana Toraja yaitu Lemo. Nah, Lemo adalah tujuan perjalanan selanjutnya setelah mengunjungi Buntu Burake.

Berlokasi di Desa Lemo, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Atau berjarak 11 km di utara Kota Makale (15 km di selatan Kota Rantepao). Akses jalan hingga ke Desa Lemo terbilang bagus.  

Untuk masuk ke lokasi situs Lemo, pengunjung wajib membayar sebesar 10.000 IDR di loket tiket masuk yang lokasinya berdekatan dengan tempat parkir kenderaan bermotor. Dari perkampungan penduduk Lemo inilah kemudian kita harus berjalan kaki beberapa puluh meter lagi. Melewati kios penjual souvenir, menuruni tangga, dan menyusuri jalan setapak dimana di sekelilingnya terhampar sawah nan subur menghantarkan kita berhadapan dengan tebing batu yang sangat tinggi dan curam. 

Panorama alam di Desa Lemo
Di dasar tebing Lemo terdapat 2 bangunan Tongkonan. Memandang ke arah tebing terdapat lubang-lubang persegi tertutup papan. Inilah pekuburan adat tersebut. Beberapa lubang di antaranya berhiaskan patung-patung pahat kayu (berbetuk manusia utuh) lengkap dengan memakai pakaian adat Toraja. Patung-patung kecil itu dinamakan Tao-tao. Konon katanya Tao-Tao ini adalah simbol atau gambaran yang orang yang dikubur di lubang tersebut. Lubang pekuburan dibuat tinggi karena menurut kepercayaan suku Toraja, bila letaknya makam lebih tinggi maka semakin dekat dengan Tuhan. Pekuburan Lemo ini konon katanya berusia ratusan tahun.

Suasananya menyeramkan memang tetapi ketika melihat pekuburan di tebing batu ini paling tidak akan menambah pengetahuan kita tentang keunikan budaya dan adat istiadat Toraja.

Tao-Tao sebagai  simbol atau gambaran yang orang yang dikubur di Lemo
Saya di sini
Lemo, Tana Toraja - 10 Mei 2016

No comments:

Post a Comment