Friday 5 August 2016

Sepanjang Jalan dari Rantauprapat ke Gunung Tua (pergi pulang sehari)

Postingan ini ditujukan khusus untuk kakak yang ingin bernostalgia dengan sepanjang jalan dari Rantaurapat (ibukota Kabupaten Labuhan Batu) hingga ke Gunung Tua (ibukota Kabupaten Padang Lawas Utara), Provinsi Sumatera Utara. Sekedar bernostalgia, manatahu di antara kakak sekalian ada yang kampung halamanannya di sepanjang jalan lintas kabupaten di Provinsi Sumatera Utara ini.

Bagi saya sendiri postingan random ini adalah sebagai kenangan di masa mendatang, pengingat bahwa pernah suatu hari (Rabu, 13 Juli 2016) saya, adik dan ayah saya berkendara melewati sepanjang jalan Rantauprapat – Gunung Tua. “Bah, si kakak terlalu banyak kali nostalgianya” . Hehe

Paling tidak foto-foto di sini, mungkin dapat menjadi referensi gambaran kondisi jalan terkini dari ibukota Kabupaten Labuhan Batu hinga ke ibukota Kabupaten Padang Lawas Utara. Semoga bermanfaat!

Baiklah bagi yang akan berkendara dari pusat kota Rantauprapat yakni bilangan Jl. Jenderal Ahmad Yani ke Gunung Tua, ada 2 opsi rute jalan.

Jalur utama : via Kota Pinang (ibukota Kabupaten Labuhan Batu Selatan)
Teruslah berkendara ke arah tenggara menyusuri Jalan Raya Lintas Timur Sumatera melewati Sigambal, Aek Nabara hingga ke Kota Pinang. Mendapati 3 persimpangan Jalan Raya Lintas Timur Sumatera di Kota Pinang, ambillah jalan sebelah kanan. Ikuti petunjuk arah yang ada! Inilah jalan yang akan mengantarkan kita ke Gunung Tua. Total jarak tempuh sekitar 136 km, dengan perkiraan lama perjalanan 2,5 jam (jika tak ada berhenti). Kondisi sepanjang jalan aspal ini sangat bagus mulus. Hanya saja kita perlu berhati-hati ketika melalui tikungan. Maklum saja ini adalah Jalan Raya Lintas Timur Sumatera berstatus jalan nasional. Inilah jalur utama truk-truk pengangkut barang dan bus besar yang datang dari arah Riau (sebaliknya). Bagaimana dengan panoramanya?. Selamat menikmati hijaunya perkebunan karet dan sawit di sepanjang jalan kak!

Ketika pergi ke Gunung Tua, inilah rute yang kami ambil. Berikut adalah potret sepanjang jalan Rantauprapat – Gunung Tua via Kota Pinang (ibukota Kabupaten Labuhan Batu Selatan).

Teruslah berkendara menuju Kota Pinang!
Jalan menikung diapit perkebunan karet
Jalan menurun membelah perkebunan sawit
Mendekati Kota Pinang
Persimpangan jalan lintas di Kota Pinang. Ke arah Gunung Tua ambillah jalan kanan! Jika ingin ke Provinsi Riau, terus berkendara di sebelah kiri jalan!
Jalan aspal nan mulus menuju kawasan kompleks perkantoran bupati Labusel (Labuhan Batu Selatan)
Jangan ditiru ya kak! Naik kereta  tak pakai helm (di Sumut sepeda motor disebut kereta)
Gedung baru Kantor Bupaten Labusel yang baru saja diresmikan (3 Juni 2016)
Desa Sosopan, Kecamatan Kota Pinang
Sejauh mata memandang hanya ada barisan pohon karet
Desa Langga Payung, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Gerbang perbatasan Kabupaten Labuhan Batu Selatan - Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta)
Di sisi kanan jalan terlihat ketika pohon sawit menua
Jalan bergelombang Paluta menuju Gunung Tua
Bukit Barisan di ujung jalan
Mendekati kota Gunung Tua
 Kota Gunung Tua
Sepanjang jalan utama di kota Gunung Tua
Becak motor ala Gunung tua : moge dengan space kereta penumpangya yang super imut
Berkendara mengikuti sign road!
Menuju persimpangan jalan lintas kabupaten. Ke kiri menuju ke Kabupaten Padang Lawas (Palas), ke kanan menuju Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)

Jalur alternatif : via Jalan Sigambal  - Kampung Dalam (Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu)
Jalan alternatif ini tidak melalui pusat Kota Pinang. Dari Pasar Sigambal (pasar dalam bahasa setempat dinamakan pajak) ambillah jalan kanan menyusuri Jalan Kampung Dalam – Sigambal, melewati persimpangan wisata pemandian alam Aek Pandayangan. Terus berkendara hingga ke Jalan Besar Rintis. Meskipun memangkas jarak hingga 28 km tetapi rute ini sedikit membingungkan bagi yang baru pertama kali melaluinya. Dikarenakan banyak persimpangan jalan dan kondisi jalan di sini yang terbilang kecil. Suasananya lebih sepi, maklum statusnya hanya jalan kecamatan. Kondisi jalan di beberapa titik dalam kondisi rusak (jalan berlubang, tak terurus) terutama ketika hampir mendapati persimpangan Jalan Kota Pinang – Gunung Tua di Langga Payung (Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan).

Teruslah berkendara menuju Gunung Tua. Total jarak tempuh sekitar 108 km, dengan perkiraan lama perjalanan  2,5 jam. “Lha kok sama kak! Iya seperti yang saya ceritakan di awal kondisi sepanjang jalan ini tak terbilang mulus. Bagaimana dengan panoramanya?. Sama saja, selamat menikmati hijaunya perkebunan karet dan sawit. Bonusnya kita akan menengok bagaimana perkampungan yang jauh dari  ibukota Kabupaten Labuhan Batu.

Rute ini kami lalui ketika kembali ke Rantauprapat. Berikut potret sepanjang jalan Gunung Tua - Rantauprapat –  via Jalan Sigambal-Kampung Dalam (Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu)

Menyusuri jalan utama Gunung Tua sore hari
Jalan lurus membentang menuju Kabupaten Labuhan Batu
Perhatikan sign road! kemana hendak berkendara
Ke kiri : jalur alternatif ke Rantauprapat via Jalan Sigambal  Kampung Dalam (Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu). Ke kanan : jalur utama ke Rantauprapat via Kota Pinang
Jalur alternatif yang belum diasapal
Suasananya sangat sepi menerobos hutan karet
Jalan aspal menyempit
Ketika hari mulai gelap menuju Rantauprapat