Saturday 21 November 2015

Menjelajah Songzanlin Monastery (Little Potala Palace), Shangri-La…part2

Songzanlin Monastery, Shangri-La, Diqing Tibetan Autonomous Prefecture, Yunnan Province, China
02 June 2015

Menjelajah kompleks bangunan Songzanlin MonasteryPerhatian saya tertuju pada setiap detail ukiran dan lukisan yang ada di pilar-pilar, dinding, dan langit-langit gerbang utama. Pola-pola simetris tradisional Tiber berwarna-warni pastinya memiliki makna tertentu yang tak saya ketahui.  Dan pintu inilah yang akan membawa kita menuju gedung utama dari kompleks bangunan Songzanlin Monastery

Gerbang utama Songzanlin Monastery

Langit-langit gerbang utama Songzanlin Monastery

Berjalan menuju biara utama Songzanlin Monastery...

      
Kemudian mendaki puluhan anak tangga

Sejenak saya berhenti di anak tangga terakhir, melempar pandang ke segala penjuru. Hahh,,keindahan arstitektur Songzanlin Monastery dan panorama menakjubkan di bawah sana membuat saya semakin bersemangat menjelajah setiap sudut kompleks bangunan biara Tibet ini. 


Biara utama Songzanlin Monastery

Sampailah saya di depan bangunan biara utama Songzanlin Monastery. Tempat beribadah biksu sekte Gelugpa (topi kuning). Dari dalam kuil terdengar lantunan doa-doa para biksu. Wisatawan yang datang berkunjung ke sini sepertinya tak berpengaruh kepada kegiatan para biksu.

"Megah, arsitekturnya sangat indah, berwarna-warni terutama dominan warna emas, Tibet sekali!". Itulah kesan saya pada bangunan yang ada di Songzanlin Monastery

Memandang salah satu sudut kuil utama Songzanlin Monastery...

Ornamen berwarna keemasan di atap kuil utama



Dari informasi yang saya baca kompleks bangunan Songzanlin Monastery tidak hanya berupa bangunan biara saja tetapi juga bangunan rumah khas Tibet di sekelilingnya merupakan tempat tinggal para biksu. Dari kawasan biara saya terus berjalan ke timur menyusuri gang-gang sempit, melihat lebih dekat perkampungan biksu Songzanlin Monastery.


Saya tidaklah begitu mengerti tentang sejarah Songzanlin Monastery, tentang makna tersembunyi dari detail bangunannya, tentang makna bendera-bendera doa yang berkibar di langit Songzanlin Monastery. Tetapi pesona keindahan Songzanlin Monastery dan sekitarnya benar-benar membuat saya tersihir pada panorama setiap sudutnya. 

No comments:

Post a Comment