Sunday 1 November 2015

Welcome to Negeri Salju Naga Giok, Lijiang!

Negeri di kaki Gunung Salju Naga Giok
Lijiang, Yunnan Province, China

Gak  terasa sudah masuk November saja ya kak!, perasaan baru kemaren awal tahun, eh tiba-tiba ini sudah hampir di penghujung tahun 2015 saja. Perasaan baru saja cuti kemaren eh ini udah mau cuti lagi #maunya #hehe…Meskipun lagi #sok sibuk-sibuknya buat desain rencana penambangan 2016,  membuat rencana traveling eh menulis cerita traveling maksudnya :) juga harus semangat untuk diposting di blog ini #intermezzo #semangatbegadangsikakak :) !.

Membaca judul di atas berasa gimana gitu ya kak, hehe..Yapp, postingan ini adalah kelanjutan cerita perjalanan saya menjelajah Provinsi Yunnan bulan Mei yang lalu.

Kamis, 28 Mei 2015, sekitar pukul 17.55 ... Inilah pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Lijiang Railway Station. Begitu turun dari kereta, langsung disambut suhu udara yang lebih dingin dibanding suhu udara di Kunming. Saya pun berjalan menyusuri peron kereta menuju ke dalam gedung terminal. Mungkin karena gerbong kereta yang saya tempati tadi adalah gerbong terakhir jadi tak terlihat hiruk pikuk penumpang.  Atau mungkin karena saya berjalan santai jadi ketinggalan rombongan penumpang.
Suasana di dalam peron stasiun kereta api Lijiang
Hmmm..Saya memang tak perlu terburu-buru ke luar stasiun karena belum tahu cara mencapai kediaman Zhang, seorang couchsurfer Lijiang yang bersedia memberikan saya tempat menginap. Cerita punya cerita, beberapa hari sebelumnya Zhang menginformasikan bahwa dia sedang tak berada di Lijiang ketika saya datang berkunjung ke kota ini, jadi temannya yang bernama Hui lah yang akan menggantikannya menjadi host saya selama di Lijiang. Singkat cerita, saya pun mengirim pesan ke Hui bahwa saya telah tiba di Lijiang Railway Station. Kemudian Hui membalas pesan saya, bagaimana caranya mencapai kediaman mereka. Naik bus nomor berapa saja dan tujuannya kemana, ditulis dalam tulisan latin dan China. Kemudian saya berjalan menuju halte bus yang berada tidak jauh di depan stasiun kereta.
Di luar gedung stasiun kereta api Lijiang
....Setelah sekian lama menunggu, bus No.18 yang dinanti-nantikan akhirnya datang. Saya pun naik ke dalam bus, memasukkan uang kertas 1 yuan ke dalam wadah pembayaran ongkos di dekat pintu masuk bus lalu mengambil kursi dekat supir. Beginilah caranya menaiki transportasi umum di daerah yang saya tak mengerti bahasa penduduknya:  tak lama ketika bus berjalan meninggalkan stasiun kereta Lijiang saya pun menunjukkan tulisan pesan yang kirim Hui kepada si ibu supir dan mengisyaratkan bahwa saya akan turun di sini sembari menunjukkan senyum. Si ibu supir lalu menggelengkan kepala yang mungkin artinya OK. Cara ini akan membuat penumpang lain akan memandangimu dengan penuh penasaran #lol.

….Beberapa belas menit kemudian, si ibu supir pun mengisyaratkan disinilah tujuan saya itu. Saya pun turun dan tak lupa mengucapakan Xièxiè (terimakasih) ke si ibu supir. Di halte yang bernama Zhongyi Market ini saya harus naik lagi bus No.11 menuju YangGuang Garden. Tidak lama menunggu, bus bertingkat Lijiang bernomor 11 pun berhenti. Kembali naik bus!. Karena tak ada kursi yang kosong, saya lalu berdiri di dekat kursi supir.  Kembali mengeluarkan jurus menunjukkan tujuan saya dalam tulisan aksara China ke si bapak supir..

Suasana dan pemandangan dari dalam bus Lijiang
....Bus meluncur menyusuri jalanan kota Lijiang yang tak kalah bagusnya dengan kondisi jalan kota Kunming. Melewati kawasan yang tentu saja saya tak tahu apa namanya. Berada di antara belasan penumpang yang perawakannya jauh berbeda dengan saya. Hahhhhh,,saya kemudian melempar pandang jauh ke depan bus. Sebuah gunung yang puncaknya tertutup salju kokoh berdiri di ujung jalan sana. Seakan-akan bus yang saya tumpangi ini berjalan mendekatinya. Saya langsung teringat sebuah nama gunung yaitu Jade Dragon Snow Mountain. Yaaaa,, inilah ikon dari kota Lijiang. Kota kecil ini berada di ketinggian 2.400 mdpl (7.874 kaki), berdiri di kaki Gunung Salju Naga Giok (Jade Dragon Snow Mountain) yang terkenal itu.

Halte bus YangGuang Garden sore itu
28 Mei 2015
....Akhirnya sampai di halte bus YangGuang Garden. Tak lama menunggu di sini, Hui pun datang menjemput saya. Disambut dengan senyuman kemudian berkenalan dan Hui pun menunjukkan jalan menuju “Time of Lijiang”, kediamannya. Terimakasih ya Allah telah mempertemukan saya dengan orang yang super ramah ini!! Awal cerita yang sangat menyenangkan di Negeri Salju Naga Giok, Lijiang.

---------------------------------------------------------------------------
Lijiang Railway Station (丽江火车站)

Lijiang Railway Station Map

Selanjutnya...Time of Lijiang, Xièxiè :)