Sunday, 8 November 2015

Menjelajah Lijiang Old Town...part 3


Menikmati keindahan panorama Lijiang dari ketinggian Lion Hill Scenic Area. Mengutip informasi yang tertulis di tiket masuk Lijiang Lion Hill Scenic Area : Lion Hill (狮子山/ Shīzi shān) terletak di tengah kota Lijiang. Mencakup area seluas 23 Ha yang ditumbuhi pepohonan pinus Yunnan, 40 pohon diantaranya berusia lebih dari 800 tahun. Hutan ini merupakan rumah bagi burung-burung endemik Lijiang yang memiliki suara yang sangat indah. Di puncak bukitnya, berdiri landmark dari kota Lijiang yaitu Wangu Pagoda. Dengan ketinggian pagoda mencapai 33 meter dan memiliki 16 pilar utama dengan ketinggian 22 meter, pilar kayu beraksitektur tersebut sama sekali tidak memiliki sambungan. Jika kita menaiki pagoda ini hingga ke lantai paling atas, kita dapat melihat dengan jelas pemandangan Lijiang berlatar Jade Dragon Snow Mountain di sebelah utara, Old Town Lijiang di sebelah  timur, perkampungan etnis Naxi (Naxi Village) di selatan dan kota modern Lijiang di sebelah barat. Di sinilah kita dapat melihat keindahan Lijiang seutuhnya dalam satu tempat yaitu puncak Wangu Pagoda, Lion Hill

"Wahhh,, membaca informasi ini membuat saya semakin tak sebar untuk segera melihat bentuk rupa Lijiang dari ketinggian Lion Hill.. Baiklah…Ayo bersemangat untuk berjalan kaki menuju puncak Lion Hill!”.


Lijiang Lion Hill Map

Dari gerbang masuk kawasan Lion Hill Scenic Area, terus berjalan menyusuri jalan mendaki yang sangat sepi. Menghirup udara segar bercampur aroma yang sangat khas dari pohon pinus Yunnan. Hingga berada di sebuah lapangan yang agak luas. Inilah puncak tertinggi dari Lion Hill.


Kemudian melewati sebuah pintu gerbang tradisional China dengan ciri khas lampion merah tergantung di kedua sisi pintu. Saya pun akhirnya berdiri tepat di depan bangunan Wangu Pagoda.
Wangu Pagoda (万古楼 /Wàngǔ Lóu)!
Menurut informasi yang saya baca di papan keterangan : "Pagoda ini selesai dibangun pada akhir tahun 1997, namanya berasal dari kata Wengu (bahasa Naxi)  yang artinya di atas puncak bukit".
Bagian teras Wangu Pagoda

Memasuki bangunan Wangu Pagoda...Lalu menaiki tangga demi tangga menuju tingkat kelima atau lantai teratas dari pagoda ini. Konon katanya pilar kayu di Wangu Pagoda merupakan pilar alami terpanjang di China. Setiap tingkat pagoda terdapat lukisan-lukisan cantik tradisional China di dindingnya.  Ayo kak, kerahkan semangatmu untuk mencapai lantai teratas Wangu Pagoda!! :).

Nahh..Inilah lantai teratas dari Wangu Pagoda!
Masha Allah! Begitu melihat Lijiang dari sini, rasa lelah berjalan hilang seketika. Beruntungnya saat saya berada di sini, sepi pengunjung hanya ada satu dua orang saja. Jadi saya pun bisa bebas dan santai mengabadikan keindahan panorama Lijiang dari berbagai sudut jendela Wangu Pagoda.

Panorama kota modern Lijiang di sebelah barat 
Jade Dragon Snow Mountain di sebelah utara
Bukit berbentuk seperti gajah duduk di sebelah timur laut. Yaa,,ini adalah Elephant Hill, bukit yang menaungi Black Dragon Pool
Old Town Lijiang di sebelah timur
Di sebelah tenggara kita akan melihat sebuah jalan yang membelah kota tua dan kota modern Lijiang
Dan panorama Lijiang di sebelah selatan Wangu Pagoda
Membayangkan kesejukan pepohonan pinus Yunnan di bawah sana...

Puas memandang panorama Lijiang dari ketinggian Wangu Pagoda, saya harus meninggalkan pagoda ini. Dengan semangat melanjutkan penjelajahan, berjalan kaki ke timur, menuruni  tangga batu granit, keluar gerbang pagoda, lanjut lagi menuruni tangga hingga akhirnya berhenti di sebuah lokasi pandang #entahapanamnya. Di sini, lagi-lagi tersuguh panorama keindahan Lijiang Old Town. 


Ketika matahari bersinar cerah menyinari Lijiang di siang hari, udara tetap terasa sejuk di sini. Inilah yang membuat saya betah berlama-lama di bukit Lion Hill . 



No comments:

Post a comment