Monday 27 April 2015

Daftar Restoran Halal di Korea Selatan

Korea Selatan merupakan surga berbagai macam kuliner yang menggungah selera. Namun, bagi traveler muslim menemukan makanan halal di negara yang mayoritas penduduknya non muslim ini tentunya bukan hal yang gampang. Karena daging babi adalah bahan yang sangat umum digunakan di Korea Selatan. Belum lagi kesulitan berkomunikasi dengan penjual makanan yang sebagian besar tidak bisa berbahasa Inggris. Mengharuskan kita untuk ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan jajanan jalanan yang kemungkinan besar tidak halal.


Sebelum berangkat traveling ke Korea Selatan, jangan lupa menghafalkan kalimat "저는 돼지고기 안 먹어요 , jeoneun dwaejigogi an meog-eoyo" (Saya tidak makan daging babi). Setiap kali membeli makanan saya mengucapkan kalimat ini, memastikan apakah makanan yang dibeli mengandung babi atau tidak. Meskipun disambut dengan tatapan bingung si penjual karena kalimat Korea yang saya lafalkan terdengar aneh,, mungkin #lol. 

Sebagai referensi traveler muslim sekalian untuk menemukan makanan halal, berikut daftar restoran halal  di Korea Selatan.

Seoul
Itaewon
Itaewon dikenal sebagai kawasan ekspatriat Seoul karena saking banyaknya orang asing  dari berbagai negara yang mendiami kawasan ini.  Dan keberadaan The Seoul Central Mosque, masjid terbesar di Korea Selatan , menjadikan Itaewon sebagai tempat berkumpulnya muslim di Korea. Tentunya penjual makanan halal sangat mudah ditemukan di sini.


City Hall, Gwanghwamun, Cheonggyecheon, dan sekitarnya (Jongno-gu Area)

Insadong (Jongno-gu Area)



Myeongdong, Dongdaemun dan Sekitarnya (Jung-gu Area)


Sungai Han


Hongdae & sekitarnya (Seodaemun-gu Mapo-gu Area)

Coex Mall (Gangnam-gu Area)


Busan

Incheon, Gyeonggi-do

Everland, Gyeonggi-do
Oehalmeonijip : Berbagai masakan disediakan, khususnya tahu Korea yang dibuat dengan cara tradisional. Telepon : 031-339-8308 (KR) dan website : mgjib.elogin.co.kr (KR)

Nami Island Cuncheon & Sokcho, Gangwon-do

Jeju Island

Restoran halal lainnya di Jeju 



Reference : Korea Tourism Organization Indonesia

No comments:

Post a Comment