Sunday 20 September 2015

Drama Pencarian Kunming Railway Station

Selama traveling di Provinsi Yunnan, bahasa menjadi kendala saya untuk berkomunikasi dengan masyarakat lokal. Apalagi ketika saya menggunakan bus kota di Kunming, Lijiang dan Shangrila tak pernah saya menemukan supir bus yang bisa berbahasa Inggris. Peta jalur perjalanan bus di setiap halte semuanya ditulis dalam aksara China. Jadi cerita salah naik bus, tempat tujuan terlewatkan ataupun bingung dengan rute bus adalah hal yang harus dihadapi dengan senyuman bukan dengan panik :D.

Untungnya petunjuk nama jalan di kota Kunming tidak hanya ditulis dalam aksara China tetapi juga tulisan latin. Meskipun tidak bisa berbahasa China apalagi membaca tulisannya, petunjuk nama jalan yang ditulis huruf latin ini sangat membantu petunjuk keberadaan kita.

Sesuai judul di atas "Drama Pencarian Kunming Railway Station", inilah pengalaman saya tersesat menaiki bus kota Kunming karena tak tahu tempat pemberhentian halte bus terdekat stasiun kereta api Kunming.

Setelah menjelajah perbukitan Xi Shan & Dianchi Haigeng Park, menjelang jam 3 sore saya kembali ke The Hump. Seharusnya bus No.73 yang saya tumpangi hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai di Jinma Fang, halte bus tujuan saya. Namun karena kemacetan jalanan Kota Kunming membuat perjalanan menjadi satu jam. Sesampainya di Jinma Fang bergegas jalan kaki kembali ke The Hump. Ohh iya bus No.73 berhenti di Jinma Fang (bus stop barat dari Jinbi Road) , lokasinya sama dengan halte keberangkatan menuju Dianchi.

Menaiki bus No.73 dari Hai Geng menuju Jinma Fang
Tadinya berencana setelah beristirahat sejenak barulah saya makan siang telat di restoran halal tak jauh dari kawasan Jinbi Square, restoran yang saya kunjungi kemaren. Namun, saya memutuskan untuk lanjut ke Kunming Railway Station.Tujuan saya ke Kunming Railway Station sore itu adalah untuk menukarkan tiket print outonline booking dengan tiket kereta api China yang asli. “Toh juga stasiun train Kunming dekat dari The Hump, kesana tak butuh waktu banyak, makannya nanti saja” begitulah yang ada di pikiran saya saat itu.

Berbekal informasi dari The Hump, saya menaiki bus K12 dari Jinma Fang (bus stop timur dari Jinbi Road). Untuk mencapai Kunming Railway Station, seharusnya saya turun di persimpangan jalan Yongping Road. Nah di sinilah kesalahan saya mengapa tidak meminta tolong supir bus untuk menurunkan saya di halte bus tujuan. Dengan menggunakan bahasa tubuh dan isyarat, menunjukkan tulisan tujuan kita dalam bahasa Mandarin, seperti yang saya lakukan ketika saya ke Shilin kemaren. Hmmm,,efek belum makan siang kali ya kak! .

……..18 menit perjalanan, seharusnya saya sudah dapat melihat penanda jalan bertuliskan Yongping Rd. Dari balik jendela bus, mencari petunjuk dimana keberadaan saya kini. Tak sengaja saya pun melihat penanda jalan bertuliskan Chuncheng Rd….25 menit berlalu dan entah halte pemberhentian berapa….Hahhh,,dengan pikiran santai saya bergumam dalam hati. Sahhh,,tujuan saya sudah kelewatan. Mau bertanya namun tak ada seorang penumpang pun yang saya tanya bisa berbahasa Inggris begitu juga bapak supir, hanya geleng-geleng…Yasudah,,saya pun terus menaiki bus K12 hingga tujuan akhir. Apa ya nama stasiun pemberhentian akhir bus ini. Entahlah!!

Peta rute perjalanan bus K12 dari  Jinmafang bus stop menuju Kunming Railway Station (garis warna biru)
Suasana lalu lintas jalanan kota Kunming
Di pemberhentian akhir bus K12. Kemudian menunggu sekitar 10 menit. Saya pun kembali menaiki bus K12 yang berbeda..Rupanya rute perjalanan dari dan menuju Jinmafang tidaklah sama. Jika bus sebelumnya lurus menyusuri jalanan Chuncheng Rd, bus yang saya tumpangi saat ini  berbelok menyusuri jalan yang lebih kecil setelah beberapa kilometer Chuncheng Rd (untuk lebih jelas bandingkan gambar peta di atas dengan di bawah). Di persimpangan jalan, tak sengaja saya membaca tulisan “Yong Ping Rd”. Nahhh,,di sinilah seharusnya tadi saya berhenti.  Tak lama kemudian, bus berhenti di halte bus ujung jalan Yongping. Bukannya turun malah saya masih tetap di tempat duduk #walah. Padahal bangunan Kunming Railway Station terlihat dari persimpangan jalan Yongping Rd dan Beijing Rd yang dilewati. Menyusuri jalanan Beijing Rd, hingga saya pun turun kembali di Jinma Fang (bus stop timur dari Jinbi Road). Walah,,kok malah kembali ke lokasi awal sih kak ran!! . Nahh,,begitu melihat bus K12 yang lain berhenti di sini, saya langsung menaiki bus tersebut.

Peta rute perjalanan bus K12 dari Kunming Railway Station menuju Jinmafang bus stop (garis warna biru)

Akhirnya saya berhasil mencapai Kunming Railway Station setelah  menaiki bus K12 yang ketiga kalinya.

Nahh,,inilah Kunming Railway Station!!
Dua kali menaiki bus K12, dua kali pula saya melewatkan halte bus terdekat Kunming Railway Station. Dinikmati saja!! :).. Anggap sebagai belajar menghafal rute perjalanan bus K12. Jika sore ini saya tidak ke Kunming Railway Station mungkin saja besok saya akan mengalami drama pencarian Kunming Railway Station, belum lagi antrian menukarkan print out online booking ticket ke tiket kereta api yang asli , bisa-bisa saya malah ketinggalan kereta ke Lijiang.

Kunming, 27 Mei 2015

Agar traveler tidak mengalami kejadian seperti yang saya alami di atas, baca postingan Petunjuk Arah Kunming Railway Station ya kak!
Dan baca juga Begini Caranya Membeli Tiket Kereta Api China!