Sunday 6 September 2015

From The Cable Car Window, Dianchi - Xi Shan

From The Cable Car Window, Dianchi - Xi Shan
Awalnya saya berencana kembali ke halte bus Dianchi Haigeng Park, kemudian naik bus No.94 hingga pemberhentian terakhir di kaki bukit Xi Shan atau Western Hills. Ketika saya sampai di gerbang barat Dianchi Haigeng Park, secara tak sengaja saya menemukan penanda arah "Ropeway Ticket Booth, Dian chi – Xi shan". Karena penasaran bagaimana rasanya menaiki kereta gantung di atas Danau Dianchi, saya pun memutuskan untuk menggunakan cable car menuju  Xi Shan.

Kereta gantung (cable car) merupakan salah transportasi dari Dianchi Haigeng Park menuju kawasan Longmen Scenic Area, Western Hills (pulang pergi). Tiket cable car untuk orang dewasa dikenakan biaya 70 CNY (round trip/person) atau 40 CNY (one way/person). Sedangkan tiket cable car untuk anak-anak dikenakan biaya 35 CNY (round trip/person) atau 20 CNY (one way/person).

Setelah membeli tiket cable car di loket, Dianchi – Xi Shan (pulang-pergi) seharga 40 CNY, saya berjalan menuju stasiun cable car Dianchi. Tak menunggu lama, kereta gantung yang saya masuki langsung berjalan menyusuri ropeway. Bayangkan, kapasitas kereta gantung yang maksimum bisa diisi oleh 6 orang dewasa hanya saya sendiri di dalamnya.  Lumayan membuat deg-degan!! 

Catch a cable car from Dianchi Haigeng Park to Western Hills 

Kereta gantung berjalan lambat di ropeway yang relatif horizontal. Kesininya saya mulai menikmati perjalanan ini, dimanjakan suguhan pemandangan sekitar Danau Dianchi dari ketinggian sekitar 30-an meter. Saya tidak begitu paham apakah warna hijau air Danau Dianchi disebabkan oleh kadar cahaya matahari yang mengenai permukaan danau, karena pengaruh mikroorganisme (seperti ganggang hijau ) yang hidup dalamnya atau karena Danau Dianchi mengandung senyawa kimia dalam kadar tertentu. Entahlah!! Di sudut barat, tebing-tebing perbukitan Xi Shan terlihat begitu gagah. Pemandangan menakjubkan dari dalam kereta gantung Dianchi - Xi Shan  ini, membuat saya berdecak kagum. MashaAllah!!

Pemandangan dari atas Danau Dianchi ke arah barat
Pemandangan dari atas Danau Dianchi ke arah timur

Tujuh menit kemudian.…Kereta gantung mulai mengurangi kecepatan dan turun dari ketinggian. Rupanya kereta gantung berhenti sekitar 1 menit-an di stasiun cable car yang tepat berada di kaki bukit Xi Shan. Kemudian 3 orang penumpang masuk ke cable car saya. Wahhh,,saya tidak bisa berpindah-pindah tempat duduk sesuka saya lagi ceritanya #lol. Saya pun duduk menghadap ke arah Xi Shan.

Mendekati stasiun kereta gantung di bawah kaki bukit Xi Shan

Perlahan kereta gantung ditarik ke atas, menyusuri ropeway yang kemiringannya sangat curam.  Semakin meninggi hingga pemandangan Danau Dianchi berlatar kota Kunming terlihat lebih luas dari ketinggian. Bukan saya saja yang heboh melihat view ini, traveler China yang secable car dengan saya juga tak kalah heboh dengan berfoto-foto selfie di sini  #lol.

Enam belas menit kemudian….Kereta gantung akhirnya sampai di stasiun cable car, Xi Shan. Hahhh,,saya pun segera melangkahkan kaki keluar kereta gantung, dengan penuh semangat memulai penjelajahan.

 Dianchi - Xi Shan , Kunming, Yunnan Province, China
27 May 2015

-------------------------------------------------------------
Dianchi Cable Car Station
Adress : 16 Hubin Rd, Xishan, Kunming, Yunnan, China

Dianchi Cable Car Station Map


Selanjutnya...Berkenalan dengan Nie Er di Xi Shan, Kunming

No comments:

Post a Comment