Monday, 19 October 2015

Begini Caranya Membeli Tiket Kereta Api China!

Kereta Api China (sumber gambar : http://www.china-railway.com.cn/)
Sebagai negara terluas ketiga di dunia dengan luas wilayah daratan sebesar 9,32 juta km persegi, China memiliki jalur kereta api terpanjang ketiga di dunia, panjangnya sekitar 91.000 km. Dua kali lebih panjang dari diameter planet bumi!. Tak heran kereta api di Negara Tirai Bambu menjadi alat transportasi paling penting, terutama untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Kereta api di China juga menjadi transportasi paling favorit yang tak pernah sepi penumpang. Selain cepat, bebas macet, dan harganya relatif terjangkau oleh semua kalangan masyarakat di negara berpenduduk 1,37 milyar ini.

Karena itulah ketika berencana akan melakukan perjalanan antar daerah di Provinsi Yunnan, saya pun ingin merasakan perjalanan kereta api China untuk pertama kalinya. Nahh,  di postingan ini saya akan berbagi informasi bagaimana caranya membeli  tiket kereta api China (baik itu secara langsung di train station maupun secara online) dan apa-apa saja yang perlu diperhatikan. 

Waktu yang tepat untuk membeli tiket kereta api China…Pesanlah tiket kereta api China sedini mungkin. Jika pembelian dilakukan secara online, maksimal pesanlah 12 hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket , terutama saat akhir pekan, liburan musim panas, tahun baru China, dan hari-hari libur nasional China.

Persyaratan dokumen….Untuk foreigner, paspor sangat diperlukan ketika membeli tiket kereta api China dan juga pada saat naik kereta api nantinya.

Cara membeli tiket kereta api China
Opsi pertama : Membeli tiket kereta api China  secara langsung di train station…. Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, sangat sulit menemukan staf loket stasiun kereta api yang bisa berbicara bahasa Inggris. Informasinya hanya stasiun kereta api di Beijing dan Shanghai saja yang memiliki kantor tiket khusus untuk orang asing. Jika terpaksa membeli tiket kereta api langsung di stasiun sebaiknya kita menyiapkan catatan berupa nama stasiun keberangkatan beserta tujuan (train number), tanggal perjalanan dan tipe kursi yang diinginkan, ditulis dalam bahasa Mandarin. Self Service Ticket Machines sebenarnya tersedia di stasiun kereta api kota-kota besar di China. Tetapi aplikasi ini hanya untuk mereka yang memiliki kartu penduduk (ID) China. Bagi foreigner, membeli tiket kereta api langsung di stasiun tentu tidaklah mudah.


Self Service Ticket Machines di Kunming Railway Station

Opsi kedua : Membeli tiket kereta api China melalui agen penjualan tiket lokal (travel agent)Bagi foreigner yang tak bisa berbahasa Mandarin, sebaiknya juga menyiapkan catatan seperti opsi pertama. Dan tentunya membeli tiket di travel agen akan dikenakan biaya yang mungkin bahkan lebih mahal dibanding jika kita memesan sendiri secara online.

Opsi ketiga : Membeli tiket kereta api China  secara online
Membeli tiket kereta api China  secara online di www.12306.cn
Ini adalah situs resmi Perusahaan Kereta Api China (China Railway Corporation). Sayangnya  website ini hanya menggunakan bahasa China. Untuk memesan tiket di sini wajib membuat akun log in terlebih dahulu dengan syarat harus nomor telepon China. Syarat lainnya adalah pembayaran harus dilakukan kartu atm bank China. Bagi foreigner, syarat-syarat tersebut tentu menyulitkan kecuali jika kita meminta tolong teman atau kenalan di China untuk memesan tiket kereta api melalui website ini.

Membeli tiket kereta api China  secara online di  http://www.chinahighlights.com/china-trains/
Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan pemesanan online tiket kereta api China di website ini. Tidak perlu membut akun log in. Cukup dengan memasukkan rute & tanggal keberangkan, kemudian memilih train number dan tipe kursi yang diinginkan, lalu isilah data-data yang dibutuhkan, pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit mastercard atau visa. Maka bukti pembelian tiket kereta api China secara online akan dikirim langsung ke inbox email Anda. Namun setelah menjumlah harga dasar tiket dan biaya tambahan, total harga tiket kereta api China di http://www.chinahighlights.com/china-trains/ memiliki tambahan biaya sekitar 40%. Hmm,,mahal sekali yaa!! 

Cara membeli tiket kereta api China  secara online di http://www.chinahighlights.com/china-trains/

Membeli tiket kereta api China secara online di http://english.ctrip.com/
Dibandingkan dengan harga tiket di http://www.chinahighlights.com/china-trains/, harga tiket di http://english.ctrip.com/ lebih murah, tambahan biaya transaksi sekitar 22%. Nahh,, dengan pertimbangan harga, saya pun memilih untuk membeli tiket kereta api China online di website ini.

Lalu, bagaimana cara membeli tiket kereta api China secara online di http://english.ctrip.com/ , berikut panduannya!

Pertama…Kita perlu melakukan registrasi akun log in Ctrip. Menuliskan alamat email, password, dan kode captcha, kemudian aktivasi akun tersebut dengan menklik link yang telah dikirim pihak Ctrip ke pesan email kita. Maka akun log in ini siap digunakan untuk membeli tiket kereta api China!!

Cara membuat akun log in Ctrip

Kedua…Tinggal membeli tiket kereta api China yang diinginkan. Caranya dengan memasukkan rute & tanggal keberangkan kereta, kemudian memilih train number dan tipe kursi yang diinginkan, lalu isilah data-data yang dibutuhkan, konfirmasi data,  pembayaran dengan kartu kredit masctercard atau visa, konfirmasi pembayaran. Done!! Maka tiket tiket kereta api online yang dipesan akan dikirim ke inbox email kita. Nah print out tiket online ini wajib kita tukar ke tiket kereta api China asli di stasiun kereta keberangkatan dengan menunjukkan dokumen paspor.

Cara membeli tiket kereta api China  secara online di http://english.ctrip.com/

Konfirmasi pembayaran dan pembelian tiket kereta api berhasil!!

Nahh,,bagaimana? Mudah kan , caranya membeli tiket kereta api China secara online!!.
Ok..Selamat berburu tiket kereta api China kakak!!

References “How to Buy China Train Tickets” :

No comments:

Post a comment