Tuesday 20 October 2015

Petunjuk Arah Kunming Railway Station

Kunming Railway Station
Berikut adalah ulasan petunjuk arah Kunming Railway StationBagaimana caranya sampai ke stasiun ini dengan menggunakan bus kota dari kawasan Jinbi Square. Bagaimana cara menukar print out online train ticket yang kita miliki ke tiket asli. Bagaimana caranya naik ke kereta api China, dan sebagainya. Semoga bermanfaat kakak....

Sekilas Tentang Kunming Railway Station
Kunming Railway Station atau dalam bahasa Mandarin ditulis 昆明站 ( dibaca : Kūnmíng Zhàn) pertama kali dibuka  pada tahun 1958. Merupakan stasiun kereta api terbesar di wilayah barat daya China.  Stasiun kereta ini mengubungkan kota Kunming dengan dengan Dali, Panzhihua, Lijiang, Guilin, Zhengzhou dan kota-kota besar di daratan China yaitu Beijing, Shanghai, Xian, Chengdu, Nanjing, dan Guangzhou.

Lokasi & Peta Kunming Railway Station
Kunming Railway Station berada di Southern Section, Beijing Road, Guandu District, Kunming, Yunnan Province, China (phone : +86 871 12306) . 


Peta Kunming Railway Station

Cara Mencapai Kunming Railway Station dari Jinbi Square 
Jika traveler berangkat dari kawasan Jinbi Square, berikut adalah panduan cara mencapai Kunming Railway Station dengan menggunakan bus kota Kunming.

Dari kawasan Jinbi Square ini , lihatlah ke sisi kanan atau ke arah jalanan Jinbi Rd.

Inilah Jinbi Rd!
Berjalanlah menuju halte bus yang terlihat di sisi kanan gambar. Itu merupakan Jinma Fang (halte bus sisi timur dari Jinbi Rd).

Tunggulah bus kota Kunming bernomor 107 atau K12 di sini. 

Jika bus K12/No.107 telah berhenti di halte bus Jinma Fang, naiklah ke dalam bus. Kemudian bayarlah ongkos bus dengan memasukkan uang 2 yuan ke dalam wadah yang terletak dekat supir (dekat pintu depan). Duduk!!

 Perhatikan sisi kiri jalan di sepanjang perjalanan!! Jika sudah melihat gedung seperti di gambar di sisi kiri jalan dan tepat di sisi kanan jalan adalah persimpangan jalan, ini adalah persimpang Chuncheng Rd dan Yongping Rd. Bus akan berhenti di halte tidak jauh dari sini.  Turunlah di halte tersebut!!

Perkiraan lama perjalanan menaiki bus K12 kurang lebih 10 menit

Dari halte tempat berhenti, berjalanlah kembali ke belakang. Kita akan menemukan persimpangan jalan bertanda Yong Ping Rd. Nah, dari lanjut berjalan kaki menyusuri Yongping Rd.

Terus berjalan....

Berjalan kaki sekitar 450 meter dari persimpangan jalan tadi…

Perhatikan di sisi kiri jalan, jika melihat gedung seperti di gambar dari kejauhan berarti kita telah berada di persimpangan jalan Yongping Rd dan Beijing Rd. Belok kiri, terus berjalan sejauh 150 meter lagi, melewati keramaian, kemudian menyebrang jalan.  

Kini kita sudah berada di depan gerbang Kunming Railway Station.

China menerapkan sistem keamanan stasiun kereta api yang sangat ketat. Untuk bisa masuk ke kawasan Kunming Railway Station saja kita harus melewati pemeriksaan (scanning) diri dan barang bawaan di gerbang stasiun. Keep calm  ya kak!! Ini adalah prosedur yang harus dilewati oleh para pengunjung.
Selesai pemeriksaan!! 

Kini kita telah berada di aula atau alun Kunming Railway Station.

Cara Menukar Print Out Online Train Ticket ke Tiket Kereta Api China Asli


Sebagai informasi, di sisi kanan  kawasan  Kunming Railway Station terdapat ruangan terbuka yang bertanda “Tickets Area No.2 “ adalah area Self Service Ticket Machines, yaitu aplikasi pemesanan tiket online hanya untuk  mereka yang memiliki dengan kartu penduduk China.

Perhatikan lantai dasar sebelah kanan gedung Kunming Railway Station!! Berjalanlah mengikuti penanda arah “Tickets Area No.2 “.

Kita akan menemukan deretan loket tiket tersebut. Nah,,di sinilah tempat saya menukarkan print out online train ticket ke tiket asli. Loketnya random saja ya kak #manapunbisa.  Tunjukkan print out online train ticket dan paspor kita ke petugas loket!

Nah,,inilah bentuk tiket asli kereta api China.

Cara Menaiki Kereta Api China di Kunming Railway Station
Step 1...Sebelum melakukan boarding, kita harus mengerti informasi apa saja yang ada di tiket kereta api China yang kita miliki. Gambar berikut adalah contohnya ;


Step 2...Masuk ke dalam gedung terminal Kunming Railway Station

Di luar gedung terminal Kunming Railway Station, terdapat layar LED besar di dinding yang memberikan informasi rinci tentang jadwal kereta. Minimal sejam sebelum keberangkatan kita sudah harus masuk ke dalam gedung terminal keberangkatan. Perlihatkan paspor bersama tiket kereta yang kita miliki kepada petugas di pintu masuk gedung. Petugas akan menscan barcode tiket asli yang kita miliki. Jadi pengunjung yang tidak memiliki tiket tidak bisa masuk ke dalam gedung. Dan kita akan melewati pemeriksaan (scanning X-ray) diri dan barang bawaan


Step 3... Menemukan ruang tunggu keberangkatan kereta di Kunming Railway Station

Naiklah ke lantai atas menuju waiting hall (ruang tunggu). Nah di lantai ini ada sekitar 5/6 (saya lupa) ruang tunggu keberangkatan.  

Untuk mengetahui dimana ruang tunggu keberangkatan kereta yang akan kita naiki, lihat penanda arah di layar LED gedung ini. Periksa nomor kereta di tiket!!Kemudian saya berjalan mengikuti arah penunjuk menuju ruang tunggu kereta nomor K9612.

Menuju ruang tunggu keberangkatan!!
Di sisi kiri kanan lorong ini adalah barisan pertokoan.

Nah ini pintu waiting room no.4

Suasana di waiting room no.4
Perhatikan di ujung kiri ruangan ini! Terdapat barisan pintu keberangkatan, untuk kereta api nomor K9612 berada di gate 26. Informasi ini bisa dilihat di layar LED kecil tepat di atas pintu keberangkatan.

Menunggu keberangkatan kereta...

Step 4...Masuk ke dalam kereta api
Biasanya 30 menit sebelum waktu keberangkatan, penumpang akan dipanggil oleh petugas untuk masuk ke dalam kereta api. Berhubung pengumuman hanya dalam bahasa Mandarin, saya terus memperhatikan ke arah pintu keberangkatan. Apabila sudah terlihat antrian penumpang sekitar 30 menit sebelum keberangkatan berarti kereta yang saya tumpangin akan berangkat. Kembali kita harus menunjukkan paspor bersama tiket kereta yang kita miliki kepada petugas di pintu keberangkatan kereta.

Kemudian berjalan menuruni tangga, lalu menuju peron keberangkatan kereta. Carilah nomor gerbong kereta sesuai tiket. Sebelum masuk ke dalam, pastikan bahwa kereta yang kita naiki benar dengan menunjukkan tiket ke petugas yang berjaga di setiap gerbong kereta. 

"Suasana di dalam gerbong kereta api China kelas hard seat"
Duduklah di nomor bangku yang tertera di tiket. Tempatkanlah barang bawaan di kabin atas atau di bawah kursi.

Kereta api siap berangkat kakak!! :)


No comments:

Post a Comment