Tuesday 1 September 2015

Menapaki Malam di Zhengyi Road, Kunming

Zhengyi Road, Kunming, Yunnan Province, China
26 May 2015

Puas window shopping di Jinma Biji Night Market, saya memutar arah berjalan kaki ke arah utara kembali ke Jinbi Square, lalu menyebrang Jinbi Road, terus berjalan ke utara.  Tujuan saya selanjutnya adalah menapaki kawasan pejalan kaki Zhengyi Road. Sepanjang 200 meter jalan ini diperuntukkan sebagai jalan bebas kendaraan bermotor. 

Kontras berbeda dengan Jinbi Square dimana bangunan lama khas Kunming adalah ciri khasnya, kawasan Zhengyi Road adalah tampilan Kunming versi modern. Sepanjang jalan Zhengyi Road berdiri gedung-gedung mall , hotel berbintang, kompleks mansion yang megah, dan pertokoan barang bermerk. Saya memang tidak sempat berminat untuk mengubek-ubek isi pusat perbelanjaan modern ala Kunming tersebut, saya lebih menyukai memperhatikan apa yang dilakukan orang-orang Kunming di sepanjang Zhengyi Road yang dilewati #kepo banget ya kak .

Begitu memasuki kawasan Zhengyi Road, terdapat sebuah taman kecil di tengah-tengah jalan. Taman ini memiliki kursi-kursi yang memang disediakan untuk pejalan kaki yang ingin beristirahat. Di siang hari akan terasa teduh karena adanya pepohonan rindang menaungi taman ini. Berada di tengah-tengah pusat keramaian membuat taman kecil ini tak pernah sepi. Di taman ini terdapat sekelompok tuna netra yang berprofesi sebagai tukang pijat. Jadi buat traveler yang merasa pegal-pegal bisa mencoba pijat ala Kunming di sini. Kalau si kakak mah pijat koyo aja! .

Tidak begitu jauh dari taman tersebut berdiri sebuah gerbang tradisional (apa ya' namanya?). Lalu ada taman bunga kecil yang ditata sangat cantik. Kemudian saya berhenti di persimpangan jalan antara Zhengyi Road dan Nanqiang Street. Persimpangan jalan ini cukup luas dan sangat cocok untuk spot berfoto berlatar keramaian dan gedung-gedung tinggi di sekitarnya. Beberapa spot di lantai persimpangan jalan ini diukir bergambar peta China, gerbang tradisional, dan tulisan China. Haahhhh,,saya tidak tahu membacanya. Setelah melihat ukiran di lantai jalan bertanda Old Street Kunming, saya mengira-ngira bahwa Zhengyi Road merupakan salah satu jalan bersejarah di Kunming  #entahlah.

Pada saat itu saya melihat begitu banyak papan merek digital bertuliskan Kunming Import dan Export Fair. Ohhh, mungkin ini alasan mengapa banyak personel polisi yang bejaga-jaga di sepanjang jalan Zhengyi Road. Rupanya Kunming adalah tuan rumah China-South Asia Expo ke-3 tanggal 12-16 Juni 2015 pekan depan dan tempat penyelenggaraannya adalah di sini. Sayang saya sudah kembali ke tanah air tanggal segitu, jadi tidak bisa melihat langsung kemeriahan acara tersebut #pentinggitukak? :).

Setelah berjalan sekitar kurang lebih 300 meter dari Jinbi Square, sampailah saya di pesimpangan Zhengyi Road dan Dongfeng West Road yang bertanda gedung Zhengyi Fashion Shopping Mall di sisi kiri jalan. Saya berbalik arah berjalan kembali ke Jinbi Square. Menyudahi acara jalan-jalan malam. 

Pijat ala Kunming. Ada yang mau coba?
Gerbang tradisional di Zhengyi Road
Ukiran gerbang tradisional China ini mengingatkan saya pada ukiran gerbang Gyeongbokgung
          
Di salah satu sudut Zhengyi Road
Meriahnya malam di Zhengyi Road
Peta China di Zhengyi Road
        
Jalan bebas kendaraan bermotor
 Menapaki malam di Zhengyi Road
Halte bus No. K9 di ujung Zhengyi Road
Hingga pesimpangan Zhengyi Road dan Dongfeng West Road
Kembali ke Jinbi Square
------------------------------------------------------------------------------------------------------

Zhengyi Road, Kunming Map


Selanjutnya...Mengawali Hari dengan Olahraga Tai Chi

No comments:

Post a Comment