Saturday 5 September 2015

Menikmati Pagi di Tepian Danau Dianchi, Kunming

Danau Dianchi atau dalam bahasa Mandarin ditulis 滇池 (Diānchí) merupakan danau terbesar di Provinsi Yunnan (danau terbesar kedelapan di China). Danau air tawar ini berada di ketinggian 1.886 mdpl (6.189 ft), meliputi area seluas 298 km2, memanjang sejauh 39 km dari utara ke selatan dan memiliki kedalaman rata-rata hanya 4.4 m. Keindahannya mendapat julukan “Sparkling Pearl Embedded in a Highland", menjadikan Danau Dianchi sebagai destinasi yang wajib dikunjungi di Kunming.

Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Dianchi adalah Dianchi Haigeng ParkTaman yang berhadapan langsung dengan Danau Dianchi ini terletak di barat daya pusat kota Kunming atau berjarak kurang lebih 13 km dari Jinbi Square.

Untuk menjangkau kawasan Dianchi Haigeng Park, saya menaiki bus No.73 dari Jinmafang bus stop (halte bus sisi barat Jinbi Rd) hingga pemberhentian terakhir. Kemudian berjalan kaki sekitar 140 meter memasuki Dianchi Haigeng Park North Gate. Nah, dari sinilah saya menjelajah setiap sudut Haigeng Park menikmati keindahan alam tepian Danau Dianchi di pagi hari.

A Hundred Year Eucalyptus Group Attractions
Dimulai dari menyusuri jalur pejalan kaki yang persis berada di bibir Danau Dianchi. Di sisi kiri ini jalan diberi pembatas kayu dan di sisi kanan diberi pembatas beton. Yang menjadi daya tarik utama spot ini adalah adanya barisan pohon eukaliptus berusia lebih dari ratusan tahun di sepanjang jalur pejalan kaki ini. Jika merasa lelah, sejenak beristirahat di kursi yang menghadap ke Danau Dianchi.

Bersama seorang traveler dari luar Provinsi Yunnan. Terimakasih buat gege yang motoin kita :)
A hundred year Eucalyptus Group Attractions
Sepi..!! Begitulah suasana  Dianchi Haigeng Park di pagi hari

Lake Viewing Corridor Attractions
Setelah melalui jalur pejalan kaki "A Hundred Year Eucalyptus Group Attractions", adalah jalur pejalan kaki tanpa pembatas kayu, hanya ada  anak-anak tangga beton di tepian danau. Terdapat rambu peringatan agar pengunjung berhati-hati terhadap bahaya terpeleset ke danau, dilarang memancing dan dilarang berenang di kawasan ini. Intinya pengunjung diingatkan untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan bibir Danau Dianchi. Jika ingin bersantai menikmati suasana tepian danau, duduklah di kursi yang telah diatur pihak pengelola taman dalam radius jarak aman.

Lake Viewing Corridor Attractions
Berjalan di tepian Danau Dianchi
Danau Dianchi berlatar Kunming Western Hills (Xi Shan)

Di sekitarnya berdiri kios-kios penjual makanan dan minuman ringan. Karena merasa air minum yang saya bawa dari penginapan tidak cukup, saya pun membeli tambahannya di salah satu kios. Harga air mineral botol 550 ml adalah 3 CNY. Sangat mahal mengingat air mineral botol 1.35 liter yang saya beli di minimarket dekat The Hump hanya seharga 2.5 CNY.


Di sini duduk sejenak, menikmati semilir angin Danau Dianchi

Di ujung  "Lake Viewing Corridor Attractions" terdapat pelabuhan kecil yang bernama Xi Xhan Yacht Pier. Bagi pengunjung yang tertarik mengikuti Dianchi Cruise atau tur mengarungi Danau Dianchi silahkan datang ke sini. Karena Dianchi Cruise tidak termasuk dalam list kegiatan hari ini, saya pun berpindah dari jalur pejalan kaki tepian danau ke jalur tengah Dianchi Haigeng Park dan memasuki kawasan The Moon Square.

Xi Xhan Yacht Pier Gate
Memasuki kawasan The Moon Square

The Moon Square
Memasuki kawasan yang dinamakan The Moon Square ini, mata kita akan disejukkan dengan hamparan rumput hijau yang luas dan terawat sangat baik. Di sisi kiri dan kanan jalan utama ditumbuhi pepohanan yang rindang sehingga membuat sejuk para pejalan kaki. Terlihat kesibukan pengunjung yang datang ke sini : ada yang bersepeda, bermain sepatu roda, duduk bersantai di hamparan rumput, ataupun sekedar berjalan-jalan menikmati segarnya udara pagi.


   
Jalur pejalan kaki di The Moon Square, Dianchi Haigeng Park


Suasana pagi di The Moon Square, Dianchi Haigeng Park
Bagian utara The Moon Square, Dianchi Haigeng Park
Bagian selatan The Moon Square, Dianchi Haigeng Park

Unity Square Attractions
Saya pun mendekati view point yang menjorok ke tepi Danau Dianchi. Dan pemandangan di sini menjadi spot Dianchi Haigeng Park terfavorit saya. Hembusan angin dari arah danau, berpayung langit biru, hamparan rumput hijau, bunga-bunga rumput bermekaran, pepohonan, dan kicauan burung. Hahhh,,sungguh suasana pagi yang begitu tenang dan indah seperti ini,  membuat saya ingin berlama-lama di tepian Danau Dianchi.


Mendekati tepian Danau Dianchi
Berada di tepian Danau Dianchi 
Danau Dianchi, Gaohai Expressway, dan Western Hills
Pagi yang tenang di tepian Danau Dianchi
Olahraga pagi ala keluarga Kunming
Menyusuri Unity Square Attractions
Jalur sepeda di tengah-tengah taman 
With love..Berjalan kaki di tepian Danau Dianchi bersama orang tercinta! :)
Hijau dan biru langit di Dianchi Haigeng Park
Menikmati Pagi di Tepian Danau Dianchi, Kunming
Dianchi Haigeng Park, Kunming
27 May 2015

----------------------------------------------------------------------
Dianchi Haigeng Park (埂公园)
Address : Dianchi Haigeng Park (North Gate), Dianchi Rd, Xishan, Kunming, Yunnan, China

Dianchi Haigeng Park Map


Selanjutnya...From The Cable Car Window, Dianchi - Xi Shan

No comments:

Post a Comment