Monday 7 September 2015

Berkenalan dengan Nie Er di Xi Shan, Kunming


Sesampainya di Xi Shan Cable Car Station, dengan penuh semangat saya pun melangkahkan kaki keluar stasiun kereta gantung. Menaiki puluhan anak tangga beton, berjalan mengikuti tanda arah menuju Dragon Gate. Suasana klasik China begitu kentara, terlihat dari bangunan-bangunan yang berdiri di sini, semuanya beraksitektur tradisional. Setelah melewati gerbang yang bertulis “Tourist Center”, di sisi kiri jalan adalah loket penjualan tiket The Longmen Scenic Area sedangkan sisi kanan adalah sebuah lapangan luas yang dikelilingi hutan pinus. Di ujung jalan terdapat penanda arah ke Nie Er TombNie Er? Saya pun teringat buku traveling China yang pernah saya baca bahwa museum seniman Yunnan "Nie Er" di Xi Shan tak kalah menarik untuk dikunjungi. Karena penasaran saya pun berjalan menaiki tangga, mengikuti  penanda  arah ke Nie Er Tomb tersebut. 

Penanda arah menuju Nie Er Tomb
Patung Nie Er di tengah-tengah hutan pinus Xi Shan
Makam Nie Er di Xi Shan , Kunming
Siapakah Ni Er? Mungkin bagi traveler ini yang sedang membaca tulisan ini, adalah pertama kali mendengar namanya. Tetapi bagi bangsa China, namanya akan selalu  dikenang sepanjang masa. Nie Er lahir di Kunming pada tanggal 15 Februari 1912. Sejak usia dini ia sudah menunjukkan ketertarikannya pada musik, menjadikannya menjadi komponis (pengarang musik) paling terkenal di jaman itu. Pada awal 1935, ia menciptakan karyanya yang paling terkenal yang kini dijadikan lagu kebangsaan China “March of the Volunteers”. Sayangnya pada tanggal 17 Juli 1935, Ni Er meninggal pada usia yang terbilang muda 23 tahun. Begitulah sejarah singkat Ni Er yang saya kutip dari berbagai sumber.

Cerita perjalanan hidup dan karir bermusiknya terangkum dalam kumpulan foto dan catatan-catatan tentang Nie Er yang bisa dilihat di Nie Er’s Life ExihibitionGratis!! 

  
Museum Ni Er (kiri) Sejarah hidup Nie Er (kanan)

Sejarah singkat lagu kebangsaan China

  
Pengunjung Museum Nie Er kebanyakan adalah anak-anak muda Kunming (kiri). Kumpulan foto-foto pribadi Ni Er semasa hidup (kanan)


National Anthem of the People's Republic of China


Tomb of Nie Er in the Western Hills Forest Reserve, Kunming, Yunnan Province, China
27 May 2015

No comments:

Post a Comment