Wednesday 9 September 2015

Menelusuri Keindahan Alam Tebing Perbukitan Xi Shan, Kunming...part 1

Xi Shan (西山) atau Western Hills merupakan rangkaian perbukitan yang berada di sebelah barat kota Kunming. Ratusan tahun yang lalu, para pendeta Tao telah memahat sebuah jalan menembus tebing perbukitan dan membangun beberapa paviliun & kuil dengan pemandangan yang spektakuler  ke arah Danau Dianchi. Kawasan di tepian tebing Xi Shan yang memiliki pemandangan luar biasa ini dinamakan The Longmen Scenic Area. Dengan view tertinggi kawasan ini adalah Longmen atau Dragon Gate yang berada di ketinggian 2.300 mdpl (300 meter lebih tinggi dari permukaan air Danau Dianchi).

Longmen Scenic Area, Western Hills, Kunming, Yunnan Province, China
27 May 2015
Perlu diketahui bahwa untuk menelusuri keindahan alam di tepian tebing perbukitan Xi Shan ini diperlukan fisik yang sehat dan kuat. Jangan lupa untuk membawa minuman dan makanan yang cukup. Karena jalur trekking yang dilalui untuk mencapai Dragon Gate cukup melelahkan, mendaki ratusan anak tangga dan melewati jalan perbukitan yang sempit.

Info...Perhatikan denah spot-spot menarik di Longmen Scenic Area, Xi Shan di bawah ini!!. Ada beberapa cara untuk mencapai Dragon Gate dari kawasan loket penjualan tiket masuk atau gerbang Longmen Scenic Area yaitu sebagai berikut. 


Denah Longmen Scenic Area, Xi Shan
Opsi 1…Menaiki longmen sightseeing cableway (kursi lift) hingga ke Dragon Gate ropeway station. Kemudian berjalan kaki menuruni tangga perbukitan Xi Shan menuju Dragon Gate hingga ke Chaotian Bridge (Bridge to Heaven). Dan kembali ke gerbang Longmen Scenic Area dengan berjalan kaki santai selama kurang lebih 30 menit atau menaiki shuttle car (ferris wheel). Opsi pertama ini lumayan santai dan tidak terlalu melelahkan karena menuruni perbukitan.

Opsi 2…Menaiki shuttle car hingga ke pemberhentian terakhir, Bridge to Heaven. Kemudian berjalan kaki mendaki perbukitan menuju Dragon Gate. Kembali ke Bridge to Heaven dengan berjalan kaki menuruni perbukitan. Dan kembali ke gerbang Longmen Scenic Area dengan menaiki shuttle car atau berjalan kaki. Atau dari Dragon Gate ropeway station menggunakan longmen sightseeing cableway turun ke gerbang Longmen Scenic Area. Opsi kedua ini lumayan melelahkan karena harus mendaki dan menuruni perbukitan.

Opsi 3…Berjalan kaki dari gerbang Longmen Scenic Area hingga ke Dragon Gate, pergi pulang. Opsi ketiga ini paling melelahkan dan membutuhkan fisik yang sehat dan kuat ! :) 
Dan berikut biaya tiket masuk yang harus dibayar dan biaya transportasi yang bisa dipilih di kawasan Longmen Scenic Area adalah sebagai berikut.
1.  Tiket masuk kawasan The Longmen Scenic Area dikenakan biaya 40 CNY/orang.
2.  Tiket shuttle car (gerbang The Longmen Scenic Area - Chaotian Bridge) dikenakan biaya 8 CNY/orang/one way.
3.  Tiket longmen sightseeing cableway dikenakan biaya 25 CNY/orang/one way.

Tips...Untuk memutuskan cara apa yang akan dipilih untuk mencapai Dragon Gate dari gerbang Longmen Scenic Area harus menyesuaikan dengan kondisi fisik dan budget. Semakin santai cara yang dipilih tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih besar. Tentunya setiap cara di atas memiliki sudut pandang keindahan alam Kunming yang berbeda namun secara keseluruhan sama-sama spektakuler indahnya.

----------------------------------------------------------------------

Setelah berkenalan dengan sosok Nie Er melalui museum Nie Er’s Life Exihibition, saya kembali ke gerbang Longmen Scenic Area. Kemudian membeli tiket masuk dan tiket shuttle car (one way). Pulangnya nanti saya masih belum memutuskan apakah berjalan kaki kembali ke sini atau menaiki longmen sightseeing cableway. Yaaa,,mudah-mudahan kuat jalan kaki hingga kembali ke gerbang Longmen Scenic Area:D.

Tiket masuk Longmen Scenic Area, Xi Shan
Tiket shuttle car Longmen Scenic Area, Xi Shan
Berbekal peta kawasan Xi Shan (bersumber dari http://www.travelchinaguide.com) yang telah saya print sebelumnya dan peta kecil yang tercantum di tiket masuk Longmen Scenic Area, saya pun memulai penjelajahan menelusuri keindahan alam tebing perbukitan Xi Shan.

Peta Jalur Perjalanan Saya Menelusuri Alam Tebing Perbukitan Xi Shan, Kunming
source : http://www.travelchinaguide.com

No comments:

Post a Comment