Friday 11 September 2015

Menelusuri Keindahan Alam Tebing Perbukitan Xi Shan, Kunming...part 2

Longmen Scenic Area, Western Hills, Kunming, Yunnan Province, China
27 May 2015

Sebelumnya...Menelusuri Keindahan Alam Tebing Perbukitan Xi Shan, Kunming part 1

Setelah menunggu beberapa menit, shuttle car yang seharusnya bisa diisi oleh 12 – 14 orang penumpang, hanya diisi oleh 3 orang saja (supir, saya, dan seorang pengunjung). Tidak menunggu lebih lama lagi, shuttle car pun melaju di atas jalan beraspal. Menyusuri jalan yang relatif horizontal, terkadang mendaki dan berkondisi bagus dan mulus. Sepanjang sisi kiri jalan dibatasi pembatas beton karena berbatasan langsung dengan jurang perbukitan Xi Shan.  Di sisi luar pembatas beton tersebut ditumbuhi barisan pohon pinus yang sangat rimbun. Sedangkan di sisi kanan jalan tepat berada di bawah tebing yang di atasnya ditumbuhi berbagai jenis pohon dan semak belukar. Di perjalanan, saya melihat beberapa orang tua berjalan kaki menuju gerbang Longmen Scenic Area. "Sepertinya pulang nanti saya akan berjalan kaki, gak boleh kalah dengan orang tua yang saya lihat tadi #sambilsemangatinkaki :)". 

Menaiki shuttle car dari gerbang Longmen Scenic Area ke Bridge to Heaven



Menghabiskan waktu sekitar 8 menit perjalanan, shuttle car yang saya tumpangi sampai di pemberhentian akhir. Dan gerbang yang bernama Bridge to Heaven di sana seakan-akan memanggil saya untuk segera melewatinya.

Bridge to Heaven 
Merupakan pintu masuk jalur pendakian Longmen Scenic Area. Tidak begitu jauh dari gerbang tradisional China ini, puluhan anak tangga menyambut kedatangan saya. Hahh,,ini belum apa-apa karena masih ada puluhan anak-anak tangga lainnya menanti di atas sana. Siapkan semangatmu ya kak!! . 

     
Bridge to Heaven, gerbang menuju keindahan alam paling spektakuler di Xi Shan 


Terus menaiki tangga, berjalan mengkuti petunjuk arah jalan menuju Lingguan Temple. Untungnya tulisan di petunjuk arah di kawasan ini ditulis dalam berbagai bahasa internasional  Jika tidak ada petunjuk arah bahasa Inggris mungkin saya akan bingung memilih jalan di persimpangan. Mungkin bisa tersesat. Hah...!! Lebih baik mengikuti jalur jalan yang dilalui oleh orang kebanyakan. Oh iya, tetap berhati-hati dalam melangkahkan kaki di tangga ya kak. Bahaya terpelesat kapanpun bisa terjadi. Apalagi jalan yang dilewati adalah kawasan tepian perbukitan yang langsung berhadapan dengan jurang. Safety first, it's must!!

Lingguan Temple

Lingguan Temple
Pemandangan berlatar Danau Dianchi dan kota Kunming dilihat dari kawasan Lingguan Temple, Xi Shan


Dari view point Lingguan Temple saya lanjut menyusuri anak-anak tangga ke posisi yang lebih tinggi, mengikuti petunjuk arah menuju Sanqing Pavilion.

Sanqing Pavilion
Sanqing Pavilion pertama kali dibangun pada Dinasti Yuan sebagai istana musim panas untuk Raja Lingwang, anak keempat Raja Kubilai Khan. Juga dijuluki  Liangwangge oleh masyarakat lokal yang berarti sebuah paviliun untuk Raja Liangwang. Namun saat ini fungsi favilion ini telah diubah menjadi tempat beristirahat pengunjung.

Sanqing Pavilion
Zhenwu Temple
Pemandangan berlatar Danau Dianchi dan kota Kunming dilihat dari kawasan Zhenwu Temple,
Xi Shan
Melanjutkan berjalan kaki mendaki tangga-tangga perbukitan. Dan inilah suguhan pemandangan alam khas Xi Shan yang tentunya akan menambah semangat untuk mendaki ke tempat yang lebih tinggi, menuju Dragon Gate tujuan utama saya hari ini.


Kemudian di persimpangan 2 jalan yang berlawanan arah, saya memilih jalur tangga menuju Yuhuang Pavilion.

Yuhuang Pavilion atau Jade Emperor Pavilion

Pemandangan berlatar Danau Dianchi dan kota Kunming dilihat dari Jade Emperor Pavilion,
Xi Shan

Kembali lagi turun ke persimpangan tangga yang saya lalui tadi, lanjut mendaki lebih jauh menembus hutan Xi Shan. Saya pun berhenti di sebuah situs yang bernama Xiaoniu Spring atau yang bermakna sumber mata air anak sapi. Entahlah, saya tidak tahu mengapa sumber mata air yang muncul dari dalam batuan situs ini dinamakan Xiaoniu Spring. 

Lanjut mendaki tangga yang kini berubah lebih sempit dibanding tangga yang saya lalui sebelumnya. Tibalah saya di sebuah view point yang lumayan luas bernama Phoenix Rock.

     
Menuju Phoenix Rock

Phoenix Rock
Terdapat ukiran burung phoenix yang  disegel paruhnya di tebing kawasan ini. Ruang terbuka di bawahnya dijadikan sebagai tempat istirahat pengunjung dan di dinding terdapat tulisan yang berisi informasi sejarah Dragon Gate.
Phoenix Rock
Terdapat ukiran burung phoenix yang  disegel paruhnya di tebing kawasan ini. Ruang terbuka di bawahnya dijadikan sebagai tempat istirahat pengunjung dan di dinding terdapat tulisan yang berisi informasi sejarah Dragon Gate.
Tujuan selanjutnya adalah Datian Pavilion. Akses menuju spot ini lebih sulit jika dibandingkan akses situs-situs sebelumnya. Menyusuri tangga yang ukurannya hanya selebar orang dewasa. Berjalan tepat hanya beberapa belas senti dari jurang perbukitan dan harus berjalan menunduk mengindari batuan menggantung di beberapa titik jalan. Hahh,,sangat mendebarkan!!
     
Menuju Datian Pavilion
     

Datian Pavilion
Here I was :)
Datian Pavilion, Xi Shan, Kunming, Yunnan Province, China  

Dan inilah spot berfoto paling terkenal, berlatar jalan tebing menuju Dragon Gate, gerbang akhir Longmen Scenic Area.
Pemandangan di bawah Datian Pavilion

     
 Menuju Dragon Gate
     


Dragon Gate
Setelah perjalanan nan melelahkan mendaki perbukitan Xi Shan, akhirnya saya mencapai Dragon Gate. MashaAllah! Pemandangan ke arah Danau Dianchi dan kota Kunming terlihat begitu luar biasa di sini. 

Pemandangan berlatar Danau Dianchi dan kota Kunming dilihat dari Dragon Gate, Xi Shan
Melihat ke bawah sana, seakan-akan kita sedang menggantung di tebing perbukitan Xi Shan


Kembali ke Phoenix Rock, karena penasaran dengan jalan bertangga yang menurut informasi adalah menuju Lao Jun Hall, saya pun mendaki jalur tersebut. 

Mendaki dan terus mendaki...
Berhenti sesaat di titik pandang ini. Perhatikan, terdapat tanda dilarang untuk melangkah keluar dari pagar pembatas !
Bersantai sejenak di sini...
Sembari menikmati keindahan alam khas Kunming seperti ini...

Maksud hati ingin menjelajah perbukitan Xi Shan ke tempat yang lebih tinggi lagi, bahkan jika bisa mencapai puncak. Tetapi saya harus menyudahi perjalanan saya menelusuri keindahan alam tebing perbukitan Xi Shan sampai di Lao Jun Hall. Saya pun menuruni akses jalan yang saya lewati tadi kembali ke Bridge of Heaven. Dari sana, saya akan memutuskan apakah menaiki shuttle car ke gerbang Longmen Scenic Area atau berjalan kaki. 


No comments:

Post a Comment