Thursday 3 September 2015

Mengawali Hari dengan Olahraga Tai Chi

Berolahraga Tai Chi di Jinbi Square, Kunming
27 Mei 2015
Membaca judul di atas, jangan dulu mengira bahwa si kakak mengawali harinya dengan berolahraga Tai Chi. Bukan ya? #lol

Ceritanya....Hari ini saya berencana menjelajah kawasan Dianchi Haigeng Park dan mendaki Western Hills (Xi Shan). Dibanding Stone Forest kemaren, medan jelajah kali ini jauh lebih berat karena mendaki bukit #gaya. Sebelum berangkat , saya memeriksa kembali isi backpack terutama air dan makanan secukupnya harus dibawa. Dan tentunya memakai pakaian yang nyaman dan sendal eiger kesayangan saya #bukanpromosi. OK!! Berangkat....

Baru beberapa belas langkah meninggalkan The Hump, terdengar alunan musik tradisional China memecah kesunyian pagi di Jinbi Square. Terlihat sekelompok kakek dan nenek kompak melakukan gerakan-gerakan bela diri lambat. Saya pun langsung menebak, ya ini adalah gerakan Tai Chi, olahraga tradisi orang China yang terkenal itu.

Tai chi, atau di China disebut taijiquan (太極拳). Merupakan serangkaian gerakan yang dirancang untuk melatih tubuh dan pikiran. Tujuannya adalah agar pikiran dapat mengendalikan gerakan tubuh. Begitulah penjelasan singkat yang saya kutip dari George Mcdonald. 

Gerakan tai chi terlihat anggun dan lembut tetapi sebenarnya sangat rumit. Perlu kebiasaan dan latihan yang serius supaya tai chi bukan sekedar membuat tubuh berkeringat tetapi mendapat manfaat utama yaitu agar pikiran dapat mengendalikan gerakan tubuh.  Dan bagi orang China melakukan tai chi sehari-hari dipercaya dapat memperpanjang umur. 

Saya sampai terpukau melihat kelompok kakek dan nenek tersebut ber-tai chi dengan penuh penghayatan senada dengan iringan musik pengiring. Hahhh,,melihat ini harusnya saya harus rajin berolahraga setiap hari. Masak iya kalah sama kakek dan nenek itu, meskipun umur mereka tidak lagi muda tetapi tetap terlihat semangat dan bertenaga #notetomyself.  

Mengawali Hari dengan Olahraga Tai Chi



No comments:

Post a Comment