Saturday 8 August 2015

Biaya Perjalanan 14 Hari Menjelajah Provinsi Yunnan, China.

Menepati janji sebelumnya, di postingan kali ini saya akan share mengenai berapa total biaya perjalanan saya menjelajah Provinsi Yunnan, China #solotraveler. Berikut ini adalah rincian biaya pengeluaran selama perjalanan 14 hari di Yunnan dan biaya selama 2 hari perjalanan transit Jakarta - Kuala Lumpur PP. Semua biaya pengeluaran di bawah ini adalah sedetail-detailnya. Mulai dari biaya paling penting : transportasi, akomodasi. Hingga biaya-biaya yang sebenarnya bisa diatur tergantung mood : makan & minum, cemilan, sedikit belanja, juga tiket masuk ke tempat-tempat wisata (berbayar atau gratis).

Mungkin di antara kakak traveler sekalian ada yang berpendapat bahwa biaya yang saya keluarkan termasuk mahal atau ada pula yang beranggapan standar . Namun tujuan utama saya share catatan "Biaya Perjalanan 14 Hari Menjelajah Provinsi Yunnan, China" ini adalah memberikan gambaran untuk traveler sekalian yang berencana melakukan perjalanan ke Yunnan, China. Sekaligus memberikan gambaran agar dapat mengestimasi berapa total biaya yang akan dikeluarkan. Semoga bermanfaat!!

"Perjalanan itu menyenangkan apa tidak bukan dilihat dari besar uang yang dihabiskan tetapi seberapa banyak pengalaman  yang didapat dari perjalanan tersebut mengubah kehidupan Anda untuk lebih baik & menginspirasi orang-orang di sekitar ".

谢谢 :)
Khairani Ritonga

       

Catatan - catatan : 
- Sebagai informasi telat, sejak 1 Maret 2015, airport tax atau Passenger Service Charge (PSC) seluruh penerbangan Indonesia (domestik & international) sudah dimasukkan ke dalam harga tiket. Jadi, kita tidak perlu lagi membayar tambahan biaya 150.000 IDR untuk penerbangan internasional di bandara.

- Ongkos bus umum  di Kunming adalah 2 yuan/one way, di Lijiang & Shangri-La adalah 1 yuan/one way. Keliling kota tersebut dengan menggunakan transportasi umum tersebut menurut saya sangat nyaman, bersih dan tentunya terjangkau. Hanya saja pastikan terlebih dahulu asal (start bus stop) dan tujuan perjalanan kita dengan mengetahui/mencatat nama lokasi dalam bahasa Mandarin. Karena petunjuk tempat pemberhentian bus di sana tertulis dalam bahasa Mandarin.

- Tiket masuk ke tempat-tempat wisata terkenal di Yunnan sangatlah mahal. Jika ingin meminimalisir pengeluaran hindari tempat-tempat wisata berbayar mahal tersebut, sebenarnya masih banyak lagi spot-spot wisata alam di Yunnan yang tak kalah menarik dan tentunya gratis. Namun tak ada salahnya juga menyiapkan budget lebih untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ikonik Yunnan.

- Biaya perjalanan di atas belum termasuk Visa China. Info lebih lanjut baca di sini "Mendapatkan Visa China Itu Mudah"

Baca juga...Itinerary Perjalanan 14 Hari Menjelajah Provinsi Yunnan, China 

No comments:

Post a Comment