Tuesday 25 August 2015

Menginap di The Hump Hostel, Kunming

The Hump Hostel, Kunming
 26 May 2015

Di sini lah tempat saya menginap selama di Kunming (25 Mei 2015 – 28 Mei 2015 dan 6 Juni 2015 – 7 Juni 2015).

The Hump Hostel (昆明驼峰客栈国际青年旅舍昆明驼峰客栈国际青年旅舍)
Address : Jinbi Square, Jinbi Road, Kunming, China, 650021
                 (China, 云南省昆明市盘龙区金碧路金马碧鸡广场 邮政编码: 650021)
Phone : +86 871 6364 0359

 
The Hump Hostel Map 


How to Get The Hump Hostel
Buat kakak yang pertama kalinya ke Kunming, jangan khawatir tersesat dalam menemukan The Hump. Mudah saja! Berikut saya rangkum panduan menggunakan transportasi menuju The Hump Hostel dari bandara, stasiun kereta api dan 4 stasiun bus utama Kunming;

Dari Kunming Changshui International Airport ke The Hump
Dengan busAda dua pilihan yaitu shuttle bus No.1 tujuan West Inn atau shuttle bus No.2 tujuan Kunming Train Station.
Menaiki shuttle bus No.1 ke West Inn, kemudian mengambil bus No. 98 ke Golden Horse Memorial Archway(金马坊) atau Jinmafang bus stop (halte bus di Jinbi Road, arah barat). Bangunan The Hump Hostel berada di seberang Jinbi Road, arah tenggara Jinbi Square.
Atau menaiki shuttle bus No.2 ke Kunming Train Station. Dari pintu keluar stasiun kereta api berjalanlah ke Beijing Rd, sekitar 200 meter ke arah traffic light pertama belok kanan ke Yongping Rd, kemudian menyeberang jalan menuju bus stop. Naiklah bus No.107 atau No.K12  ke Jinma fang bus stop. Tarif shuttle bus adalah 25 CNY dan tarif bus kota Kunming adalah 2 CNY.

Dengan taksiTarif taksi dari West Inn & Kunming Railway Station ke The Hump sekitar 15 CNY sedangkan taksi dari bandara ke The Hump sekitar 110 CNY (jika menaiki taksi tanpa argo harganya bisa ditawar lebih murah).

Gratis (free) pick up dari Kunming Railway Station ke The Hump (09.00 am – 06.00 pm). Silahkan kontak pihak The Hump sehari sebelum kedatangan.

Dari West Bus Station ke The Hump
Menaiki bus No.82 hingga ke Nanping Pedestrian Street (bus stop terakhir), kemudian berjalan menuju ke Jinbi Road. Gedung The Hump Hostel berada di seberang jalan, arah tenggara Jinbi Square. Tarif taksi dari West Bus Station ke The Hump sekitar 25 CNY.

Dari East Bus Station ke The Hump
Menaiki bus No.K9, berhenti di Zhengyi Rd bus stop. kemudian berjalan menuju ke Jinbi Road. Gedung The Hump Hostel berada  di seberang Jinbi Road, arah tenggara Jinbi Square. Taksi dari East Bus Station ke The Hump sekitar 45 CNY.

Dari South Bus Station ke The Hump
Menaiki bus No.154 ke International Trade Centre, kemudian berpindah menaiki bus No.107 ke Jinmafang bus stop.  Tarif taksi dari South Bus Station ke The Hump sekitar 45 CNY.  

Dari North Bus Station ke The Hump
Menaiki bus No.23 ke Fenghuangcun bus stop, kemudian berpindah menaiki bus No.3 ke Jinma fang bus stop. Tarif taksi dari North Bus Station ke The Hump  sekitar 40 CNY.  

Jinbi Square, 28 Mei 2015
Bangunan The Hump Hostel

Review The Hump Hostel
Alasan utama mengapa saya menginap di The Hump Hostel adalah karena lokasinya strategis, sangat dekat dengan bus stop Jinbi Road  yang banyak dilewati oleh berbagai rute bus kota Kunming. Sehingga bagi traveler seperti saya yang kemana-mana naik bus sangat mudah untuk menjelajah kota Kunming. Jinbi Square adalah salah satu situs bersejarah sekaligus kawasan hang out masyarakat lokal paling terkenal di Kunming. Wisata kuliner, pasar tradisional, pusat perbelanjaan modern (mall), dan tempat-tempat menarik lainnya dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

Jinma fang bus stop, western direction of Jinbi Road
Harga yang ditawarkan hostel ini pun sangat terjangkau bagi low budget traveler. Harga menginap di kamar bertipe shared room/dorm per orang per malam (hostelbookers, update Agustus 2015) sebagai berikut :
Dorm (10 beds) : 30 CNY atau 66.000 IDR
Dorm (8 beds) female only : 35 CNY atau 77.000 IDR
Dorm (6 beds) : 40 CNY atau 88.000 IDR
Dorm (4 beds) : 45 CNY atau 99.000 IDR

Meja check in The Hump Hostel berada di  lantai 3
Dorm (8 beds) female only 

Sebagai informasi penginapan berkelas hostel backpacker di Kuming seperti The Hump tidaklah banyak. Dan The Hump adalah hostel dengan tingkat hunian sangat tinggi. Ada baiknya memesan bed via online jauh-jauh hari (2 bulan) sebelum keberangkatan. Apalagi harga memesan bed via online bisa lebih murah dibanding memesan di lokasi. Memesan via hostelbookers hanya dikenai DP 12%, sisa harga dibayar di The Hump.

Saya memesan (via hostelbookers) 1 bed di kamar dorm (10 beds) 2 bulan sebelum keberangkatan, harganya 25 CNY untuk 1 malam (25 Mei 2015 – 26 Mei 2015). Kemudian seminggu sebelum keberangkatan saya memesan tambahan 2 malam (26 Mei 2015 – 28 Mei 2015 ) menginap di tipe kamar yang sama, harga naik menjadi 30 CNY. Beda lagi ketika saya memesan langsung di tempat (6 Juni 2015 – 7 Juni 2015), untungnya saja saya mendapat 1 bed satu-satunya yang kosong di kamar  bertipe (8 beds) female only. Oh iya, ketika check in di The Hump akan dikenai safety deposit sebesar 50 CNY, nantinya akan dikembalikan pada saat  check out.

Fasilitas The Hostel antara lain secure lockers, lounge area, internet/Wi-Fi gratis di lounge area, rooftop garden, bar, meja biliar, 24 hour reception, restaurant, safety deposit 24 hour, hot showers, tours/travel desk, washing machines, fax, bicycle hire, dan laundry service. Kelebihan The Hump yang sangat membantu saya adalah memiliki staff hostel yang bisa berbahasa Inggris. Ingin tahu informasi transportasi umum ke suatu lokasi? Jangan sungkan untuk bertanya ke staff The Hump. Kekurangan fasilitas The Hostel adalah tidak adanya pendingin ruangan (AC) di kamar bertipe dorm. Bagi saya, tidak ada AC di The Hump bukanlah masalah. Jika kepanasan, tinggal membuka jendela kamar dorm ! :)
View dari jendela kamar bertipe dorm. Salah satu sudut kesukaan saya nih!! :)

Untuk soal kebersihan dan keamanan The Hump, saya memberikan nilai 85%. Kamar dan kamar mandi cukup bersih. Dan staf The Hump bisa berbahasa Inggris, sangat welcome dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saya seputar bagaimana caranya ke tempat-tempat menarik di Kunming.

Secara keseluruhan menginap di The Hump Hostel menurut saya memuaskan dan menyenangkan. Satu yang tidak saya sukai hanya keberadaan bar di The Hump *karena bukan anak nightclub kakak!*. Anggap saja suara agak berisik di luar kamar sebagai pengantar tidur #hehe. Paling suka karena penginapan The Hump dekat dengan kawasan permukiman muslim Kunming. Jadi gak khawatir soal mencari makanan halal . 


Sudut The Hump Hostel favorite lainnya
Quote di The Hump
Bendera negara-negara dunia di The Hump

No comments:

Post a Comment