Saturday, 20 May 2017

Potret Masjid Agung An Nur, Pekanbaru

Padahal satu jam lagi saya akan dijemput mobil travel yang akan mengantarkan saya ke Padang, eh saya masih sempat-sempatnya bertandang ke Masjid Agung An Nur Pekanbaru. “Hoho, maafkan daku Lila yang sudah merepotkanmu”. 

Masjid Agung An Nur Pekanbaru….Sudah lama saya penasaran ketika mengetahui bahwa Riau punya masjid yang arsitekturnya mirip Taj Mahal. Ya, itulah Masjid Agung An Nur, Pekanbaru.

Masjid Agung An Nur, Pekanbaru

Sejarahnya, Masjid Agung An-Nur Riau yang kita saksikan begitu megah saat ini bukanlah bangunan asli hasil pembangunan tahun 1966. Tapi merupakan bangunan hasil renovasi total dari masjid Agung An Nur yang lama. Direnovasi total pada tahun 2000, saat Riau dibawah kepemimpinan Gubernur Shaleh Djasit, dirancang oleh arsitek Ir. Roseno. (sumber: https://id.wikipedia.org)
Bersama Lila di Masjid Agung An Nur, Pekanbaru
Bangunannya merupakan perpaduan gaya arsitektur  Melayu, Turki, Arab dan India. Dengan kubah warna hijau menjadi ciri khas bangunan Masjid Raya An Nur Pekanbaru. Ketika kita melihat dari pelataran bagian depan masjid terdapat kolam persegi panjang, dikelilingi lahan terbuka/ pelataran dengan taman hijau yang sangat luas. Bangunan utama masjid dikelilingi 4 menara menjulang tinggi. Cahaya cerah langit biru Pekanbaru membuat potret masjid begitu megah dan menawan. Potret ini memang mengingatkan saya dengan Taj Mahal di Agra, India sana. Sayangnya ketika saya berada di sini kondisi kolam masjid raya ini kering, tak ada air, tak ada pula potret masjid pada refleksi air.

Meskipun kesempatan kali ini hanya bisa melihat bangunan masjid dari luar, dengan mantap saya mengatakan bahwa arsitektur masjid ini benar -benar mempesona. Tak salah bila Masjid Agung An Nur Pekanbaru disebut-sebut menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia. MashaAllah.

Berfoto di Taj Mahalnya Riau :)

Get out from Pekanbaru....Selanjutnya perjalanan saya berlanjut ke Padang. Menempuh jauh kurang lebih 300 km (sekitar 7 jam perjalanan) antar provinsi dari Riau ke Sumatera Barat. Untuk perjalanan ini saya naik mobil travel PT. Indah Arisal Mandiri. Untuk pemesanan langsung saja via telepon ke nomor 0761-45881, atau 082392966929. Ongkosnya 160.000 IDR, sudah termasuk fasilitas jemput dan antar lokasi tujuan kita di Kota Padang.  Rekomended nih kak! :)

No comments:

Post a comment