Friday 26 May 2017

Escape to Penang, Hatyai, KL (5 days 4 nights)

Pertama kalinya saya solo traveling itu ke Penang, 4 tahun yang lalu. Mengingat kala itu belum kesampaian menjelajah kawasan George Town (UNESCO Heritage Site nya Penang), makanya saya sangat senang tahun ini bisa comeback ke Penang. Berawal dari ngobrol ngalor-ngidur di kantor, saya sukses ngomporin Septi buat ikut jalan – jalan ke Penang. Gak bosan kan Sep, traveling bareng kakak, hehe? ”.


Escape to Penang, Hatyai, KL (5 days 4 nights) begitulah judul perjalanannya. Dengan persiapan pra traveling yang serba kilat hanya 2 minggu sebelum cutiberikut adalah gambaran rencana perjalanan (itinerary) kita ;

Berhubung agenda utama di Penang adalah jalan - jalan ke Bukit Bendera dan jelajah kawasan George Town ya stay semalam saja di Penang itu cukup. Dari Penang lanjut overland trip naik bus/train sejauh 215 km, melintasi perbatasan Malaysia dan Thailand menuju Hatyai. Nantinya selama 2 hari 2 malam di Hatyai cukup lah untuk jelajah kota ini bahkan sekaligus jalan - jalan ke Songkhla (ibukota Provinsi Songkhla) yang jauhnya 30 km dari Hatyai. Ingin rasanya bisa lanjut ke Krabi namun sayangnya durasi perjalanan tak cukup. Dari Hatyai kembali ke Malaysia, naik bus/train menuju Kuala Lumpur (KL).  Di KL, hanya sekedar numpang lewat selanjutnya menuju bandara, pulang ke tanah air.

Peta Rute Perjalanan "Escape to Penang, Hatyai, KL" (sumber : google map)

Yang terpenting sebenarnya adalah booking tiket pesawat (pergi pulang). Punya tiket pesawat dulu baru lah kemudian memikirkan urusan mau menginap dimana, transportasi apa selama di sana dan lain sebagainya. Untuk tiket pesawat berangkat ke Penang, saya dan Septi tak barengan. Saya yang cuti nya ke kampung halaman dulu baru ke Penang, beli tiket pesawat Medan – Penang. Sedangkan Septi belinya tiket pesawat Jakarta – KL (transit) – Penang. Sama – sama mengambil penerbangan pagi dari kota asal supaya kita ketemuannya pada hari yang sama di Penang. Pulangnya, kita beli tiket pesawat KL – Jakarta sekaligus untuk 2 orang. Semua tiket pesawat kita booking melalui aplikasi traveloka. Berapa total harga tiket pesawat untuk perjalanan ini? Saya sendiri mengeluarkan biaya tiket totalnya 901.800 IDR. Ya untuk rute tersebut, terbilang harga tiket yang normal lah ya kak.

Nah penginapan selama di Penang dan Hatyai, tak perlu khawatir karena online booking via aplikasi booking.com sudah menjadi favorit saya selama ini. Pembayarannya no prepayment aka dibayar langsung di tempat menginap. Dan booking.com punya banyak pilihan penginapan yang sesuai dengan keinginan hati. Tentu saja maunya dapat penginapan yang murah, lokasinya strategis dan rating nya tinggi.

Di Penang kita hanya menginap satu malam saja, pilihannya jatuh pada hostel 100 Cintra Street, George Town. Lokasinya dekat dengan KOMTAR bus terminal. Booking tipe standar double room untuk 2 orang dimana biaya per malam 60 MYR/room. Malam kedua & ketiga, menginap di The Aree Hat Yai Hostel, Hatyai dimana lokasinya dekat dengan Hatyai Railway Station. Menginap di kamar tipe private dormitory room (hanya untuk 2 orang), biaya 2 malam yakni 900 THB/room. Dan untuk malam terakhir, saat itu kita berada dalam perjalanan dari Hatyai ke KL. Total biaya akomodasi selama 1 malam di Penang & 2 malam di Hatyai yakni 262.839 IDR/orang. Dengan catatan biaya menginap baru akan dikeluarkan ketika kita sampai di tempat menginap.

Penasaran berapa  biaya perjalanan yang saya habiskan? 2,3 juta rupiah! Sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, transportasi selama di sana, makan dan sebagainya). “Eitss…jangan tanya total biaya ini termasuk mahal, standar atau murah ya kak? 

Bila kita googling memang sudah banyak sekali postingan traveler tanah air yang berbagi cerita jalan – jalan Penang - Hatyai - KL, mulai dari jalan – jalan tipe backpacker hingga gaya koper. Ya mainstream destination lah ceritanya. Meskipun mainstream namun bagi saya tetap menarik hati untuk dikunjungi. Sebuah perjalanan yang akhirnya menjawab rasa penasaran saya bagaimana suasana daerah perbatasan daratan semenanjung Malaysia  - Thailand, ini yang special experience for me :) “

Buat yang sedang mencari referensi itinerary & budget jalan – jalan Escape to Penang, Hatyai, KL (5 days 4 nights)nah berikut adalah ringkasan perjalanan #travelscapeengineer. Saya menyusunnya dengan sepenuh hati lo kak, hehe. Semoga bermanfaat yaa!

Itinerary & budget Escape to Penang, Hatyai, KL (5 days 4 nights)
Spoiler alert!
 Sepanjang perjalanan Escape to Penang, Hatyai, KL (5 days 4 nights) b
erpose dengan senyum #remahrengginangrenyah ala kita
10/02/2017 s.d 14/02/2017

No comments:

Post a Comment