Wednesday 4 January 2017

Menginap di Butik Capsule Hostel, Malang

Sebagai pejalan yang hidup di era serba digital, segala sesuatu serba online, membuat saya pribadi tak perlu khawatir mencari penginapan dadakan. Contohnya saja pagi ini (Sabtu, 10 September 2016), saya benar-benar terbantu oleh aplikasi traveloka (bukan promosi loh kak). Untuk menemukan tempat menginap saya selanjutnya. Mulai sore ini, saya akan menginap lebih lama di Kota Malang, yakni 3 malam.

Dan ketemu lah sebuah penginapan yang pas di hati & tentunya pas di kantong. Namanya Butik Capsule Hostel. “Namanya membuat penasaran kan kak?”. Sebuah bed kamar female capsule dengan diskon aplikasi traveloka 15%  jadi  harga menginap 3 malam Butik Capsule Hostel, Malang yang saya bayarkan via online yakni 326.572 IDR. Per malamnya hanya ± 108k IDR saja, sudah termasuk free breakfast. “List!! hostel ini masuk kategori penginapan murah meriah Kota Malang”.

Peta Lokasi Butik Capsule Hostel, Malang

Lokasinya cukup strategis, berada di pusat kota. Tak sulit menemukan keberadaan bangunan Butik Capsule Hotel. Berada di jalan yang dilalui angkutan umum (angkot) Kota Malang. Dari Terminal Batu, saya naik angkot ungu muda ke Terminal Landungsari. Dari sini, lanjut naik angkot bitu tua kode AGL (jurusan Terminal Arjo Sari). Saya meminta ke pak supir untuk menurunkan saya di Rumah Sakit Lavalette. Mengapa di RS. Lavalette? Jika saya mengatakan Butik Capsule Hotel, kemungkinan pak supir kurang tahu karena penginapan ini terbilang baru. Dari aplikasi google map saya mencari bangunan pemerintahan terdekat atau bangunan yang pasti diketahui oleh penduduk local, sebagai acuan. Dari RS. Lavalette, saya berjalan kaki melewati persimpang rel kereta. Tak jauh, di sisi kanan jalan WR Supratman, saya pun sampai di bangunan Butik Capsule Hotel. Belakangan saya tahu bahwa angkot AGL ke Terminal Arjosari, melewati bangunan Butik Capsule Hotel.

Potret pernak-pernik interior Butik Capsule Hostel
Dari luar, bangunan hostel ini terlihat sebagai ruko bercat putih, bertingkat. Awalnya terkesan biasa. Namun begitu memasukinya, dominasi warna putih berpadu pernak-pernik interior ruang resepsionis langsung memanjakan mata. Duh, gak sabar buat foto-foto di sini, lol. Apalagi sambutan ramah pemiliknya membuat kesan bahwa hostel ini bukan penginapan biasa.

Proses check in selesai, saya langsung diantar naik ke lantai atas, tempat ruangan dormitory female capsule. Dari ruang resepsionis harus melewati dormitory mixed capsule. Untuk keamanan tak perlu diragukan lagi, ada loker pribadi untuk menyimpan barang-barang penting, ada CCTV dan sebuah kartu tap untuk akses masuk Butik Capsule Hotel. Bahkan sudah disediakan sandal jepit bagi setiap penghuninya.

Ruangan dormitory Butik Capsule Hostel, hampir sama dengan konsep kamar dormitory pod house yang pernah saya ceritakan. Dimana satu ruangan kamar terdiri dari belasan tempat tidur (bed) bertingkat yang saling berhadapan. Ruangan female capsule hanya untuk penghuni wanita sedangkan ruangan mixed capsule, penghuni laki-laki gabung wanita. Luas ruangan female capsule  hostel ini lumayan luas. Ber-AC dan dimensi ukuan bed (tempat tidur) nya gak sempit . Di setiap caspule sudah disediakan bantal 2 buah (satunya bantal karakter kartun, lucu & unik). Dinding warna putih sebagai warna dasar berpadu tirai hijau sebagai penutup capsule member kesan sejuk. Ada gantungan baju di dinding capsule, colokan listrik, cermin, dan jam dinding. "Huahh, asesoris interior ruangannya cute!". Semakin cantik dengan adanya aplikasi wall painting. Bersih pula. Huahh,,benar-benar memanjakan mata.
Dormitory female capsule Butik Capsule Hostel
Potret bed female capsuleButik Capsule Hostel
Kamar mandi Butik Capsule Hostel bertipe  shared private bathroom (kamar mandi pribadi bersama), ada di ujung ruangaan female capsule. Disediakan handuk kecil pribadi, sampo dan sabun di setiap ruangan mandi (shower room). Ruang toilet dibuat terpisah dengan shower. Mau mengeringkan rambut ada hair dryer.
Shared private bathroom,  female capsule Butik Capsule Hostel
Dan yang menjadi favorit saya dari Butik Capsule Hostel yaitu semua pernak-pernik interior nya sangat unik, cantik & inspiratif. Gak kalah sama hostel di luar negeri yang pernah saya kunjungi. Mulai dari peralatan makan & minum di ruang makan, meja computer di ruang umum, ruangan dormitory bahkan hingga ke kamar mandi semuanya sangat memanjakan mata. Cerita owner hostel ini, semua pernak-pernik tersebut hasil hunting jalan-jalan di luar negeri katanya & yang ngedesain adalah keponakannya. Dan tentu saja sebagai pejalan pakir internet, koneksi free wifi nya yang kencang buat saya betah begadang, gak mau ketinggalan nonton online episode ter-update K-Drama favorit saya, lol. Ruang umum (ruang makan) yang menghadap taman terbuka di ujung ruangan lantai dasar menjadi tempat favorit saya. Dengan self service, gratis buat kopi/teh, sarapannya roti bakar dengan pilihan berbagai rasa selai.

Ruang umum di lantai dasar Butik Capsule Hostel
Pelayanannya okekoko owner Butik Capsule Hostel ramah. Sekedar informasi, ada layanan reservasi tur wisata ke Bromo atau Ijen. Tersedia 2 buah sepeda gunung, gratis dengan konfirmasi dulu sebelumnya untuk peminjaman. Ketika lapar, berbagai jenis pedangan kuliner (bakso, nasi ceker pedas, nasi lalapan ayam, nasi goreng, dll) di sekitaran Butik Capsule Hostel, dapat dijangkau dengan jalan kaki.
With koko owner, Sischa & Farah  (teman baru ketemu di Butik Capsule Hostel)
Penasaran dengan Butik Capsule Hostel? Bila sedang mencari penginapan murah oke punya di Malang, Butik Capsule Hostel jawabannya. Saya pun, jika ada kesempatan ke Malang akan menginap lagi di hostel ini :).