Monday, 19 December 2016

Dari Malang ke Batu

Terminal Kota Batu

Saya bukanlah seorang traveler kelas sosialita, saya hanya seorang pejalan yang doyan menjajal transportasi umum. Karena itulah dari Malang ke Batu saya  naik angkot. Ehmm,, si kakak mah sok merakyat :). Sebelum check out, saya bertanya kepada si mbak MADOR, bagaimana caranya saya ke Batu dengan naik angkot?.  “Dari sini, mbak jalan kaki ke Pasar Besar Kota Malang. Di sana, naik angkot biru tua kode LDG ke Terminal Landungsari dulu. Kemudian lanjut lagi naik angkot ungu muda”, begitulah katanya.

Angkot LDG, dari Pasar Besar Malang ke Terminal Landungsari
Ada untungnya juga saya jalan kaki wara-wiri di Pasar Besar Kota Malang sejak kemarin sore dan tadi pagi ketika ke Museum Bentoel. Saya tak lagi kesulitan sampai di Jalan Sersan Harun, rute yang dilewati oleh angkot biru tua kode LDG. Ongkos ke Terminal Landungsari hanya 4.000 IDR, bayarnya ketika kita turun. 

Dari Pasar Besar Kota Malang hingga ke Terminal Batu jaraknya sekitar 18,5 km. Dengan naik angkot, menghabiskan waktu perjalanan 1.5 jam. Sebenarnya yang buat lama perjalanan ini karena angkot ungu yang saya naiki ngetem dulu di Terminal Landungsari, menunggu kursi penumpang penuh. Perjalanan ke Kota Batu kita bisa merasakan bahwa kontur jalan yang dilalui semakin tinggi. Membawa kita ke daerah yang lebih tinggi dari Kota Malang. Ya, Batu termasuk kota sejuk yang berada di ketinggian 700 - 1.700 mdpl, lebih tinggi dari Malang.

Angkot ungu, Batu - Landungsari (pp)
Sampai di Terminal Kota Batu, saya belum tahu bagaimana caranya ke Adam’s Apple Guest House, tempat saya menginap semalam di Batu. Ketika melihat peta lokasi, mendadak saya berinisiatif ke Alun-Alun Kota Batu saja dulu. Dari sana jalan kaki ke Adam’s Apple Guest House. Untuk ke alun-alun, naik angkot warna hijau muda yang ada tulisan Batu – Songgoriti di kaca depan angkot. Agar tak kelewatan, saya meminta kepada pak supir untuk menurunkan saya di tempat tujuan. Ongkosnya 3.000 IDR.


Angkot hijau tua, Batu – Songgoriti (via Alun-Alun Kota Batu)

Perdana naik angkot di Kota Malang & Kota Batu
09 September 2016


Dari Malang ke Batu

No comments:

Post a comment