Saturday 17 October 2015

Pulang : Perjalanan dari Sibolga ke Rantauprapat

Sibolga, 27 September 2015
Rasanya waktu sehari dua malam di kota Sibolga memang tak cukup untuk menjelajah setiap sudut Negeri Wisata Sejuta Pesona. Padahal masih banyak destinasi wisata yang ingin dikunjungi bukan hanya kota Sibolga tetapi juga daerah-daerah Tapanuli Tengah lainnya. Penasaran dengan pesona keindahan Pulau Mursala, Pulau Poncan, Pulau Panjang dan pulau-pulau lainnya di perairan Teluk Tapian Nauli. Ingin menyusuri semua daerah pesisir pantai Tapanuli Tengah yang memiliki panjang garis pantai sejauh 200 km membentang dari perbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Selatan di selatan hingga ke utara berbatasan Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Belum puas menjelajah pesona keindahan alam perbukitannya. Dan ingin mempelajari lebih jauh tentang kehidupan masyarakat lokal Tapanuli Tengah yang multietnis tetapi hidup sangat harmonis #nahyanginimodus :). Belum sempat melihat SMA Negeri 1 (Plus) Matauli Pandan, SMA  yang katanya terluas di Asia Tenggara, yang dulu pernah menjadi list sekolah impian saya #curhat. Setelah membaca di blog ini membuat saya berguman “Mengapa kemaren tidak menyempatkan untuk berkunjung ke sini ya”.

Namun kami harus kembali ke Rantauprapat pagi ini. Menaiki minibus CV Taxi Kita Bersama (lagi), saya memesan tiketnya tadi malam melalui telepon. Kami dijemput dari hotel sekitar jam 8 pagi. Berangkat menuju kantor travel CV Taxi Kita Bersama Sibolga yang terletak di Jalan Brigjen Katamso. Lagi-lagi sengaja memilih duduk di bangku samping supir agar leluasa melihat pemandangan sepanjang perjalanan. Minibus akhirnya berangkat sekitar jam 09.00 pagi. Namun sayangnya mulai dari Sibolga hingga ke Rantauprapat, sepanjang perjalanan selama 7 jam, cuaca hari seharian tak cerah. Di Sibolga - Tapanuli Tengah mendung, melewati Tapanuli Selatan hujan gerimis, hingga akhirnya melewati Padang Lawas Utara turun hujan sangat deras. "Beruntung ya dek cuaca kemaren cerah seharian!" kata saya ke si adek. Jika jalan-jalan ke Sibolga hanya sehari tetapi hujan, wah kebayang kan kacaunya rencana liburan :).

Tiket minibus dari Sibolga ke Rantauprapat
110.000 IDR/orang
Tiket ini adalah tiket langsung ke Rantauprapat, tanpa transit atau bertukar minibus di Terminal Batu Nadua Padang Sidempuan
Bisa dipesan melalui agen travel CV. Kita Bersama Sibolga di nomor pesan di nomor (+628126490205)

Melewati jalan raya di tepi laut Desa Hajoran, Kabupaten Tapanuli Tengah
Panorama alam di perjalanan mendekati Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara, 
Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
27 September 2015

Catatan :
Berikut adalah pengeluaran hari ketiga “Perjalanan dari Sibolga ke Rantauprapat ” .
Makan pagi  di Sibolga: 10.000 IDR (untuk 2 orang)
Ongkos minibus Rantauprapat – Sibolga : 220.000 IDR (untuk 2 orang)
Air mineral 1 liter : 6.000 IDR
Makan siang di Padang Sidempuan : 51.000 IDR 
Snack : 10.000 IDR
Total pengeluaran : 297.000 IDR 

No comments:

Post a Comment