Thursday 15 October 2015

Menyusuri Keindahan Pesisir Pantai Pandan, Tapanuli Tengah

Panorama Pesisir Pantai Pandan
Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
Tadinya berencana setelah menjelajah puncak Tangga Seratus, kami langsung menaiki angkot ke Pantai Pandan, salah satu destinasi wisata alam pantai yang paling populer di Sibolga. Namun udara terik kota Sibolga di siang hari membuat tubuh berpeluh keringat. Apalagi sehabis naik turun perbukitan, rasanya ingin mengademkan tubuh sejenak di kamar hotel. Baiklah, karena merasa sudah tidak nyaman, saya pun mengajak Ratna untuk kembali ke penginapan dulu. Setelah makan siang, beristirahat sejenak, kemudian sehabis dzuhur barulah kami berangkat ke Pantai Pandan.

“Siang hari kok ke pantai kak?”. Mungkin ada yang bertanya demikian. Jawabannya sederhana : saya ingin melihat keindahan Pantai Pandan yang katanya memiliki hamparan pasir putih bersih,  air laut berkilau diterpa cahaya matahari dan langit biru dan  waktu terbaik untuk menikmati panorama tersebut adalah di siang hari saat cuaca cerah.
Lokasi Pantai Pandan...Secara administratif Pantai Pandan berlokasi di Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah atau berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat kota Sibolga ke arah tenggara .

Peta Pantai Pandan

Cara Menuju Pantai Pandan dari Kota Sibolga…Untuk mencapai Pantai Pandan, kami menggunakan transportasi umum kota Sibolga yaitu angkot. Dari hotel kami berjalan kaki lagi menuju Jalan Brigjen Katamso. Menunggu mobil angkot di halte dekat pintu masuk Tangga Seratus yang kami datangi tadi pagi. Tidak menunggu lama, angkot Pandan yang ditunggu datang. Yaaa... transportasi inilah yang mengantarkan kami menuju Kecamatan Pandan. Sangat mudah kan ?

Membutuhkan waktu perjalanan sekitar 25 menit. Pantai Pandan hanya berjarak 120 m dari Jalan Padang Sidempuan, jalan raya yang dilalui angkot Pandan. Tak usah sungkan untuk meminta supir angkot menurunkan kita di jalan yang dimaksud.  Dari kota Sibolga ke Pantai Pandan cukup membayar ongkos angkot 5.000 IDR saja. Dari sini tinggal menyebrang jalan menuju gerbang yang bertuliskan Pantai Pandan.

Sampailah kami di gerbang yang bertulis Pantai Pandan. Rupanya ini adalah gerbang PIA Hotel. “Ohh jadi ini hotel yang tadinya akan menjadi tempat kami bermalam di Sibolga #maunya #hehe :) “ ucap saya dalam hati. Berikut foto-foto penampakan PIA Hotel. Klik di sini!! “Mudah-mudahan jika berkunjung lagi ke Pandan, Tapanuli Tengah suatu saat nanti bisa merasakan menginap di hotel yang menghadap laut Pantai Pandan” :)

Pantai Pandan…Tak salah jika Pantai Pandan dikatakan sebagai salah satu desinasi wisata alam pantai yang paling populer di Sibolga. Melihat begitu banyaknya pengunjung yang datang ke sini. Apalagi hari di akhir pekan seperti ini, tentunya ramai dikunjungi wisatawan.

Di pinggiran Pantai Pandan berdiri warung-warung pedagang yang menjual makanan, minuman, souvenir khas pantai. Ada pula gazebo terbuka yang bisa dimanfaatkan sebagai tempai beristirahat sembari menikmati suasana pantai. Udara panas khas pantai tropis sedikit sejuk dengan adanya pohon kelapa yang tumbuh subur di sini.

Melihat panorama Pantai Pandan ke arah selatan
Melihat panorama Pantai Pandan ke arah utara
Mendekati pesisir pantai, airnya lautnya begitu tenang dan ombak yang terhempas ke bibir pantai masih terbilang kecil. Beruntung kami ke Pantai Pandan saat cuaca cerah sehingga panorama pantai terlihat indah dengan hamparan pasir putih dan air laut berkilau diterpa cahaya matahari berpayung langit biru. Di sepanjang garis pantai sisi selatan dan utara terlihat perbukitan hijau semakin menambah pesona keindahan Pantai Pandan.

Begitu banyak wisatawan yang datang ke sini
Saya pun mengajak adik saya Ratna berjalan menyusuri garis Pantai Pandan ke arah utara dimana terlihat lebih sepi dibanding lokasi pertama kali kami berdiri (di gambar di atas). Semakin ke utara hamparan pasir di tepi pantai semakin luas.Tumbuhan seperti tanaman merambat di atas pasir pantai (apa ya namanya?) berbunga violet tumbuh subur. Udara panas membara siang hari di Pantai Pandan bukanlah hambatan untuk menyusuri keindahan di setiap sudut pesisir pantai ini. Potret keindahan panorama pesisir Pantai Pandan, Tapanuli Tengah ini bisa dilihat dengan dokumentasi foto yang saya posting di bawah ini.

Langit biru memayungi bumi Pandan, Tapanuli Tengah
Terus berjalan menyusuri bibir Pantai Pandan ke arah utara

Bunga rumput di pesisir Pantai Pandan
Panorama alam di sisi timur Pantai Pandan

Hamparan pasir putih bersih Pantai Pandan

Narsis ala kakak adek di Pantai Pandan
Tak terasa kami telah berjalan sekitar 600 an meter ke arah utara menyusuri bibir Pantai Pandan. Puas menikmati pesona keindahan pantai ini, kami kembali menaiki angkot pulang ke Kota Sibolga. Menjelang sore nanti kami akan menghabiskan waktu senja dengan melihat momen sunset (matahari tenggelam) di pantai kota Sibolga yang terletak tidak jauh dari hotel tempat kami menginap.