Monday 22 September 2014

Royal Palace, Kemegahan Istana Kerajaan Kamboja


Royal Palace merupakan daya tarik wisata paling populer di Phnom Penh. Kompleks istana seluas 16 Ha ini adalah bangunan tradisional Kamboja dengan arsitektur yang sangat indah. Didominasi oleh warna kuning keemasan dengan arsitektur bangunan perpaduan gaya Khmer dan Perancis. Semakin cantik dengan keberadaan berbagai taman yang memiliki koleksi bunga-bunga tropis, seperti bunga alamanda, bunga sala, bunga euphorbia, bunga jarak hias, dan bunga-bunga cantik lainnya.

Dibangun pada 1866, Royal Palace adalah sedikit dari gedung bersejarah di Phnom Penh yang tidak dirusak pada masa kekejaman Pol Pot (1975 - 1979). Terletak di Samdech Sothearos Boulevard (di antara Street 184 dan Street 240). Buka setiap hari 07.30 – 11.00 dan 14.30 – 17.00. Harga tiket masuk 6.5 USD (sudah termasuk biaya mengunjungi Silver Pagoda di dalamnya).

Istana ini menghadap ke arah timur dan terletak di tepian barat dari Chaktomuk yaitu cabang pertemuan Sungai Tonle Sap dan Sungai Mekong. Chaktomuk dalam bahasa Sansekerta: catur mukkha yang berarti empat muka, sebuah kiasan untuk dewa Brahma yang memiliki empat muka menghadap empat penjuru.

Pengunjung dapat berkeliling dalam kompleks Silver Pagoda dan kompleks bangunan pusat yang terdiri atas Balairung Singgasana dan Bangsal Chan Chhaya. Sementara tempat tinggal raja Kamboja saat ini "Raja Norodom Sihanouk" tertutup untuk umum. Kompleks kediaman raja ini mengambil setengah dari luas total kawasan istana; termasuk di dalamnya Istana Khemarin, Istana Kantha Bopha, Bangsal Serey Mongkol, taman kerajaan, sejumlah bangsal, paviliun, dan bangunan lainnya.

Berikut foto-foto Royal Palace,  koleksi pribadi saya.

 Gate Royal Palace dilihat dari Samdech Sothearos Boulevard. Kendaraan umum bermotor tidak diperbolehkan masuk ke kawasan ini. 


Bangsal Cahaya Chandra . Bangsal atau paviliun terbuka ini menghadap langsung ke kawasan Sothearos Blvd dan Royal Palace Park. Berfungsi sebagai tempat pagelaran Tari Khmer Klasik, sebagai tribun Raja untuk tampil di depan rakyatnya, dan sebagai tempat untuk mengadakan perjamuan kenegaraan.

 Balairung Singgasana (Preah Tineang) di dalam kompleks Istana Kerajaan Kamboja. Berarti "Singgasana Suci Hakim Agung." Balairung Singgasana adalah tempat di mana pejabat kepercayaan raja, jenderal dan pejabat kerajaan langsung melakukan tugasnya. Kegiatan ini masih dilakukan di tempat ini sampai sekarang, sebagai tempat untuk upacara keagamaan dan kerajaan (seperti upacara penobatan dan pernikahan kerajaan) serta sebagai tempat pertemuan untuk tamu Raja. 

Taman yang tertata dengan cantik menambah keindahan Royal Palace.


Bangsal Phochani  dan Bangsal Cahaya Chandra.

Sekretariat Negara dalam kompleks istana.

Silver Pagoda.  Bangunan ini menampilkan bentuk kuil resmi kerajaan yang disebut Wat Preah Keo Morokat. Saat pemerintahan Raja Sihanouk, bangunan ini direnovasi dengan menambahkan 5.000 ubin perak dan luarnya dipasang marmer yang di datangkan khusus dari Italia.Dalam bangunan ini terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9584 berlian 25 karat dengan berat 90 kg. Bangunan ini merupakan tempat ibadah resmi bagi raja Kamboja atau  tempat raja bertemu dengan para biksu.

Silver Pagoda

No comments:

Post a Comment