Thursday 1 June 2017

Menginap 2 Malam di The Aree Hat Yai Hostel

Selama 2 malam di Hatyai, kita menginap di The Aree Hat Yai Hostel. Hostel ini berlokasi di downtown/pusat kota dimana dekat dengan Hatyai Railway Station. Meskipun waktu booking belum memutuskan apakah ke Hatyai naik kereta atau bus, saya memilih untuk menginap di The Aree Hat Yai Hostel saja. Dari sini, Clock Tower, Kim Yong Market, Yongdee Market, Suntisuk Market, Asia Market, Hatyai Railway Station dan sekitarnya dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

Alasan lainnya tentu saja karena biaya menginapnya berada pada daftar teratas penginapan murah Hatyai dan ratingnya superb pula. Kita menginap di sebuah kamar bertipe private dormitory. Total biaya yang kita bayarkan 900 THB. Bila dikonversi ke rupiah per orangnya 171.000 IDR.

The Aree Hat Yai Hostel (source : booking.com)
Awalnya kita agak kesulitan menemukan bangunan The Aree Hat Yai Hostel mungkin karena kita tiba di Hatyai hari sudah malam. Label namanya yang kecil terpampang pada salah satu ruko tingkat tiga tepat di seberang fuel station. Untung kita jeli melihatnya. Well, dari luar bangunannya terlihat biasa. Namun begitu mendekatinya, kita disambut dengan senyuman oleh seorang staff dan kita dipersilahkan masuk dan duduk. Saat check in, si mbak staff lebih dulu menyuguhkan 2 gelas teh hangat.  Wuih,,,kesan pertama yang begitu mengesankan.

Menengok seisi ruangan check in ternyata luas. Kursi, meja dan pernak – pernik didominasi material kayu. Ada lukisan besar Floating Market di salah satu sudut dinding dan sudut lainnya ada peta dan papan informasi tempat – tempat menarik Hatyai. Dan sebuah komputer buat penghuni. Interior ruangannya oke juga ternyata. Proses check in selesai, kita diantar naik ke lantai atas. Kamar kita persis dekat tangga.

Ruangan umum aka tempat check in/out The Aree Hat Yai Hostel

Ruangan kamar private dormitory yang kami tempati memang hanya untuk 2 orang saja. Luasnya lumayan sekitar 12m2. Kamarnya ber-AC, bersih. Dengan kasurnya bertingkat ada colokan dan lampu baca di setiap kasur. Lemari, meja rias & tempat menyimpan barang dijadikan satu kabinet kayu. Ada hair dryer. Yang saya suka yakni pilihan motif sarung bantal kecil dan selimut nya. Si empunya hostel ini suka ala-ala batik juga ternyata. Dan tentu saja, koneksi free wifi di kamar terbilang kencang. Saya suka. Dan untuk kamar mandinya berada di luar kamar. Tipenya share bathroom dengan penghuni lainnya.

Kamar private dormitory, The Aree Hat Yai Hostel

Andaikata saya solo traveling ke Hatyai, saya tetap akan menginap The Aree tetapi menginapnya di kamar tipe 6 bed female dormitory. Penasaran dengan suasana kamar female dormitory The Aree, langsung check di booking.com ya! Dijamin sesuai harapan.

Di sini 2 malam....

Fasilitas lainnya yakni shared kitchen yang ruangannya berada di lantai dasar persis sebelum kita naik tangga ke lantai ruang dormitory. Dekor dapurnya seperti dapur rumahan yang simple. Dengan self service, kita bisa buat kopi/the gratis. Sarapan pagi kita dapat roti bakar dengan pilihan rasa selai.

Shared kitchennya The Aree Hat Yai Hostel

Dan yang buat nyaman menginap di sini, salah satunya karena staf The Aree. Yapp, staf – staf nya ramah dan baik pula. ‘’Kob khun ka Thik, sudah mau kita repotin’’. Untuk sewa tuk tuk yang mengantar kita keliling kota Hatyai & booking tiket bus ke KL, Thik lah yang membantu kita. ‘’Terimakasih Edwin, atas informasinya’’. Ya, karena informasi Edwin lah yang cakap dalam bahasa Melayu, kita tak kesulitan menemukan lokasi minivan ke Kota Songkhla. Senangnya pada hari terakhir, meskipun sudah waktunya check out, kita diperbolehkan nitip tas, jalan – jalan ke luar dan sorenya balik lagi. Lalu duduk – duduk santai menggunakan wifi gratisan di ruang check in, ngobrol,  hingga jemputan bus kita ke KL datang. ’’Terimakasih Khun Pun (ownernya The Aree)''. Terimakasih mau motoin kita di akhir perjumpaan dengan The Aree.

Sampai jumpa lagi The Aree!
Demikianlah review singkat The Aree Hat Yai Hostel. Bila kakak sedang mencari penginapan murah oke punya di Hatyai, The Aree Hat Yai Hostel jawabannya.