Saturday 3 June 2017

3 Jam Santai di Samila Beach, Songkhla

Brand ambassador of Samila Beach #khayalanseorangtravelscapeengineer
Tiga jam santai di Songkhla kita hanya berkunjung ke kawasan Samila Beach. Huahhh,,betah ya kak, lama – lama di pantai? Yak, inilah jalan – jalan paling santai menurut saya. Menjelajah semenanjung Samila Beach dari barat, utara hingga ke timur yang tak begitu jauh saja kita naik tuk tuk.

Awalnya mau jalan kaki, ikutin jalan di peta menuju Samila Beach. Namun, sejak turun dari minivan tadi dan kini sudah 10 menit an jalan kaki, baunya laut belum tercium. Apa kita salah tempat turun ya? Entahlah. Menjelang siang hari di jalanan kota Songkhla, meskipun panas nya tak seganas Tarakan, pada akhirnya saya mengajak Septi untuk menyetop tuk tuk saja. Sebuah tuk tuk menghampiri. Dengan menunjukkan foto-foto destinasi yang ingin dikunjungi pada pak supir, tawar menawar ongkos lah kita. Per orang 100 bath kata si bapak, oke deal

Sengaja saya duduk di samping pak supir tuk tuk kita ini supaya bisa mengobrol. Heuhh, si kakak mah jiwa kernet nya muncul, hehe. Kapan lagi bercakap dengan penduduk lokal & sedikit bisa cakap Melayu. Berkenalan, beliau namanya Mutholib dan maunya dipanggil abang. Baiklah! Ceritanya ternyata beliau seorang muslim. Meskipun dengan bahasa Melayu campur aduk Thai, beliau bercerita bahwa di sini ada banyak sekali penduduk muslim. Sering cakap Melayu karena sering ketemu wisatawan Malaysia, begitulah ceritanya. Ketika saya dikira dari Malaysia, saya pun cerita kita dari Indonesia.

Kita diantar ke sebuah taman bermain air, belakangan saya tahu namanya Songkhla Aquarium. Namun, saya & Septi tak tertarik untuk menengok ke dalam (karena berbayar). Kita meminta untuk di antar ke tempat lainnya saja. Lalu kita di antar ke pemberhentian kedua. Bang Mutholib menunggu di tuk tuknya dan kita mendekat ke pesisir laut.

Laem Son On
Laem Son On (แหลมสนอ่อนbegitulah namanya. Pelataran permanen menjadi view point memandang laut paling oke. Pantainya yang dibatasi pagar ini merupakan bagian dari ujung utara barat semenanjung Samila Beach. Beikut potretnya ;

  
  

Selanjutnya kita diantar ke pemberhentian ketiga. Bangunan ikoniknya Songkhla yaitu City Gate of Songkhla & Golden Mermaid ada sini. Ya, di sini lah kawasan utama Samila Beach. Dari Laem Son On ke sini itu sekitar 5 km. Jarak yang tanggung memang buat jalan kaki. Seandainya kita jalan kaki pun bisa – bisa sampai di sini bercucuran keringat. Padahal kan kita maunya santai di pantai. Memilih naik tuk tuk nya bang Mutholib gak rugi.

City Gate of Songkhla
Kita pun mendekat ke pesisir Samila Beach (หาดสมิหลา)… Pepohonan cemara membuat teduh kawasan ini. Garis pantainya lumayan panjang dan luas cocok untuk jalan - jalan santai. Menengok sudah adanya fasilitas publik seperti pelataran lengkap dengan gazebonya yang terawat dengan baik membuktikan bahwa kawasan pantai ini adalah destinasi wisata andalan Songkhla. Semakin ramai dengan adanya penjual makanan dan minuman ringan yang punya ruang tersendiri di pantai ini. Begitu teratur, terawat dan bersih, begitulah Samila Beach.  Ngomong – ngomong kak ada yang tahu, ‘’Why is it called Samila Beach?’’, saya penasaran.

Pada waktu akhir pekan seperti ini ada banyak sekali pengunjung yang datang. Setiap sudut pantai diramaikan masyarakat lokal hingga wisatawan asing yang kelihatannya banyak datang dari negara tetangga. Seru, jadi merasa bukan turis jauh jadinya.

Kita pun asik dengan kegiatan foto-foto & buat video. Ujung - ujungnya kita ikutan duduk di atas rumput. Menikmati panorama laut & semilirnya angin. Di seberang sana terlihat jelas Cat Island & Rat Island. Mengobrol santai lebih tepatnya bergosip begitulah kegiatan kita. Meskipun pantai begini banyak di Indonesia, kita mah betah lama - lama menghabiskan waktu, bersantai di sini. Keindahan panorama destinasi yang kita tuju itu bonus. Yang penting adalah pengalaman perjalanan untuk sampai di sini, ya kan Sep? :).

From The Legend of Songkhla town ; The Sculpture of The Mouse & The Cat
    
Samila Beach, Songkhla

Golden Mermaid, Samila Beach Songkhla
Santai di Samila Beach, Songkhla
Terakhir, kita menengok berbagai souvenir khas Songkhla yang dijual pada lapak-lapak pedagang dekat kawasan parkir Samila Beach. Ujung – ujungnya mah kita hanya membeli sebuah replika mini golden mermaid yang seharga hanya 10 THB atau sekitar 4.000 IDR. Inilah souvenir kenangan pribadi satu – satunya kita dari Songkhla.

Menyudahi kegiatan 3 jam santai di Samila Beach, bang Mutholib mengantar kita ke lokasi ngetemnya minivan Songkhla - Hatyai. Waktunya kita kembali ke Hatyai. 

''Alhamdulillah, visit Songkhla done! Waktunya pulang ke Hatyai kak!''

Dan sepanjang jalan pulang, kita tertidur…….

Selanjutnya....Hunting Kulineran Halal di Hatyai

No comments:

Post a Comment