Tuesday 6 June 2017

Transportasi Umum di Hatyai, Songkhla

Songthaew di Kota Hatyai
Mana tahu ada yang penasaran tentang transportasi umum di Hatyai, Songkhla. FYI, transportasi umum/lokal di sini belumlah secanggih di Bangkok yang punya Bangkok Sky Train (BTS). Kota ini hanya punya 4 jenis transportasi lokal yakni minivan, motorbike, songthaew & tuk tuk.

Minivan ; bentuknya sama dengan minibus, inilah transportasi umum dari Hatyai ke Songkhla & sebaliknya. Motorbike atau taxi; hampir sama dengan ojek motor di negara kita. Songthaew; berupa mobil pick-up, bagian baknya diberi atap & 2 barisan kursi penumpang saling berhadapan. Inilah angkot versi Thailand. Dan tuk tuk; secara bentuk tuk tuk di Hatyai & Songkhla sangat berbeda dengan tuk tuk di Bangkok.  Tuk tuk di Bangkok mirip dengan bajaj di Jakarta sedangkan tuk tuk di sini berupa mobil pick up. Sekilas dilihat tuk tuk itu hampir sama dengan song thaew berupa pick up, bedanya pada songthaew punya rute tujuan yang tetap (tertulis di bagian depan/samping mobil songthaew) sedangkan tuk tuk rute tujuannya ditentukan oleh penumpang itu sendiri.

Transportasi Umum di Hatyai, Songkhla
Saran saya kalau mau mengunjungi tempat – tempat menarik baik itu di Hatyai ataupun Songkhla yang memang jauh dijangkau dengan jalan kaki, mending naik tuk tuk. Terkendala bahasa, mintalah tolong kepada pihak penginapan untuk memesankan/mencarikan kita, sebuah tuk tuk untuk tur keliling kota Hatyai (one day tour). Tanyakan harganya dan bila tak cocok pintar – pintar lah menawarnya biar sesuai budget kita. 

Karena naik tuk tuk tak ada standarisasi harga, driver yang menentukan berapa ongkos yang harus penumpang bayar, inilah yang buat tuk tuk itu rawan scam aka penipuan harga. Apalagi buat kita yang pendatang/ turis  yang sama sekali tak bisa bahasa Thai. Jadi sebaiknya sebelum naik tuk tuk, kita punya referensi berapa ongkos standar naik tuk tuk ke tempat tujuan kita. 

Pangkalan motorbike atau ojek motor di Clock Tower, Hatyai 
Songthaew ke Hat Yai International Airport 
Juragan tuk tuk di Hatyai :). Tag : Septi
Nah demikian penjelasan singkat tentang transportasi umum di Hatyai, Songkhla. Semoga bermanfaat! Happy travelling…..

No comments:

Post a Comment