Sunday 14 August 2016

Sea View Jalan Persisiran, Tawau


Jika ditanya salah satu tempat yang paling berkesan ketika saya traveling ke Tawau, jawabnya memandang laut dari Jalan Persisiran. Orang Tawau memanggil nama jalan ini “highway”. Saya rela berjalan kaki panas-panasan pada siang hari, menyusuri tepian laut Jalan Persisiran sepanjang 1.4 km, dari Pasar Tanjung hingga ke Masjid Al-Khauthar.   

Pelataran di Jalan Persisiran memang cocok buat dijadikan tempat nongkrong, menikmati panorama laut Teluk Tawau. Di sisi timur terdapat sebuah dermaga kecil tempat bersandarnya speed boat atau kapal-kapal motor kecil. Pemisah pelataran dengan jalan raya yakni barisan pepohonan palem. Pantai Teluk Tawau tak memiliki pasir. Bebatuan kerakal menumpuk di sepanjang bibir pantai sebagai pembatas air laut dengan daratan. 

Suasananya bisa dibilang sepi pada siang hari. Teriknya siang bukan masalah, birunya laut dan langit Tawau pada siang hari begitu menggoda saya untuk duduk di salah satu sudut pelataran. Hembusan angin laut membuat suasana hati semakin santai. Melepas pandang ke arah laut dan tentu saja memotret panoramanya. Daratan nun di seberang lautan adalah Pulau Sebatik, utara-timur milik Malaysia dan barat-selatan punya Indonesia. Ahh, saya suka tempat ini! Cocok buat menyepi dan cari inspirasi, hehe…

Di ujung barat Jalan Persisiran berdekatan dengan Masjid Al-Khauthar, terdapat ruang publik terbuka. Lokasinya juga menghadap langsung ke Teluk Tawau. Pepohonan tumbuh sangat rimbun membuat suasana sejuk. Taman kecil ini terasa lebih hidup karena ada fasilitas bermain buat anak-anak berupa ayunan, perosotan, dll. Ada gazebo dan fasilitas tempat duduk bersantai. Tak heran, bila tempat ini dijadikan sebagai tempat tamasya ala keluarga Tawau.

Potret panorama laut Jalan Persisiran, Tawau (16/07/2016), dapat dilihat dalam dokumentasi berikut ;


Anyway, belakangan saya baru tahu bahwa salah satu barisan pohon hijau di pinggir Jalan Persisiran namanya Pohon Tecoma. Ini adalah pohon berbunga. Katanya jika pepohonan ini berbunga mirip seperti pemandangan bunga sakura di Jepang sana. Cantik!! Berbunga nya sekitar bulan Mei. Ahh,,next time harus atur waktu cuti di bulan itu, demi melihat Sakura ala Tawau.

No comments:

Post a Comment