Saturday 13 August 2016

Menginap di VS Guest House, Tawau


Di sini lah tempat saya menginap selama 2 malam di Tawau (15 Juli 2016 – 17 Juli 2016).

VS Guest House (Penginapan VS)
Address : TB 1194, 1st & 2nd Floor, Jalan Stephen Tan, 91000 Tawau, Sabah, Malaysia      
Tel : +60 89774000, Sms : +60 146711610
Website : http://penginapanvs.wixsite.com/vsguesthouse
E-mail : penginapanvs@gmail.com
How to Get VS Guest House
Tampilan luar bangunan ruko VS Guest House
Lokasi VS Guest House terbilang strategisberada di kawasan pusat kota (bandar) Tawau. Menyempil di antara barisan ruko Jalan Stephen Tan, ada penanda plang nama VS HotelBerdekatan dengan Masjid Bandar Tawau, Pasar Gantung dan dekat dengan Terminal Bas Jalan Stephen Tan.  Jadi sebenarnya mudah untuk menemukan lokasi bangunan VS Guest House ini. Berikut saya rangkum panduan menuju VS Guest House dari bandara, terminal bus, dan pelabuhan Tawau ;

Dari Tawau International Airport 
Dengan bus...Dari Bandara Tawau terdapat airport bus service yang dioperasikan oleh Kasah Transport (S) Sdn. Bhd. (Tel: +6089-950208). Waktu keberangkatan yakni : 5:40AM, 8AM, 8:30AM, 10:30AM, 1PM, 2:30PM and 5PM. Ongkosnya 10 MYR. Airport bus service ini akan mengantarkan kita menuju Tawau local bus station yang berada di persimpangan Jalan Stephen Tan & Jalan Dominic atau yang biasa disebut Terminal Bas Jalan Stephen Tan. Dari stasiun ini kita tinggal berjalan kaki sejauh 240 meter menyusuri Jalan Stephen ke arah timur. Bangunan VS Guest House berada di sisi kiri jalan. 




Dari Terminal Bas Jalan Stephen ke VS Guest House
Dengan taksiJika kesorean atau kemalaman mendarat di Bandara Tawau, taksi pun menjadi transportasi utama menuju bandar Tawau. Tarif prepaid taxi (taksi pra bayar) dari Bandara Tawau ke bandar Tawau adalah 45 MYR. Taksi ini akan langsung mengantarkan kita menuju VS Guest House. Jangan lupa tunjukkan alamat VS Guest House pada saat pemesanan taksi dan pastikan kembali pada supir yang mengantar kita!.

Dari Tawau Regional Bus Terminal (long-distance bus terminal )
Terminal khusus bus jarak jauh Tawau terletak di Jalan Chen Fook, tak jauh dari Sabindo Plaza. Terminal ini khusus untuk bus menuju/dari Kuching, Bandar Seri Begawan, dan Kota Kinabalu. Dari Tawau Regional Bus Terminal ke VS Guest House kita tinggal berjalan kaki saja. Hanya berjarak 600 meter. Rutenya sila lihat peta di bawah ini!
Dari Tawau Regional Bus Terminal ke VS Guest House
Dari Terminal Sabindo Square (short-distance terminal)
Lokasi terminal ini berada di tengah-tengah bangunan Sabindo Square. Sehingga dinamakan  Terminal Sabindo Square (Tawau short-distance terminal), berlokasi tak jauh dari Tawau Regional Bus Terminal. Terminal ini khusus untuk bus atau minibus menuju/dari Semporna, Lahad Datu, dan Sandakan. Dari Terminal Sabindo Square ke VS Guest House kita juga tinggal berjalan kaki saja menempuh jarak 950 meter. Rutenya sila lihat peta di bawah ini!
Dari Terminal Sabindo Square ke VS Guest House
Dari Pelabuhan Tawau (Tawau Ferry Terminal)
Pelabuhan Tawau merupakan terminal ferry/kapal internasional dari/menuju ke Nunukan & Tarakan (Indonesia). Dari Pelabuhan Tawau ke VS Guest House juga dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Hanya berjarak 900 meter. Rutenya sila lihat peta di bawah ini!
Dari Pelabuhan Tawau ke VS Guest House
Jadi, dari manapun kita berangkat (bandara, terminal bus, ataupun pelabuhan) mudah kan kak untuk mencapai lokasi VS Guest House?. Jika berjalan kaki terasa melelahkan silahkan naik taksi atau pun bus dalam kota Tawau (jika tahu rutenya). Tarif taksi untuk kawasan kota Tawau sekitar 5 MYR dan 7 MYR ke kawasan pinggiran kota Tawau. Sedangkan ongkos bus dalam kota Tawau hanya 2 MYR sahaja.

Review VS Guest House
Kelebihan VS Guest House adalah lokasinya terbilang strategis, berada di kawasan pusat kota (bandar) Tawau. Berdekatan dengan Masjid Bandar Tawau, Pasar Gantung, dekat dengan Tawau local bus station, dan juga Pelabuhan TawauDari sini kita dapat menjelajah tempat-tempat menarik lainnya (wisata kuliner di kawasan Jalan Masjid, tepian pantai Teluk Tawau, Pasar Tanjung, Masjid Al-Kauthar (mesjid terbesar di Sabah), Sabindo Plaza, dll) hanya dengan berjalan kaki saja.

Harga menginap per malam berdasarkan tipe kamar di VS Guest House dimulai dari 58 MYR, detailnya sebagai berikut (based on booking.com rates, 2016) ;
Standard double room (max 2 orang) : 180.612 IDR
Standar double room with window (max 2 orang)  : 211.753 IDR
Superior triple room (max 3 orang) : 242.893 IDR
Super deluxe double room (max 4 orang) : 274.033 IDR

Bisa booking secara online ataupun langsung di lokasi. Untungnya saya masih bisa memesan kamar tipe standard double room  (via booking.com) beberapa hari sebelum saya berangkat ke Tawau. 

Fasilitas dalam kamar VS Guest House antara lain koneksi internet / wi-fi gratis yang sangat kencang ,LCD TV, AC, kamar mandi & toilet, tersedia perlengkapan mandi (handuk, sabun, dan shampoo). Kemudian fasilitas di area lobi yakni check-in time 24 hours, cctv dan terdapat buku bacaan seperti lonely planet, dsb. Minusnya, tak ada layanan breakfast (sarapan pagi).

Untuk soal kebersihan VS Guest House tak perlu diragukan lagi. Menurut saya, meskipun desain interior kamarnya biasa-biasa saja, tak ada yang menarik namun bersihnya membuat nilai lebih penginapan ini. Secara keseluruhan saya cukup puas menginap di VS Guest House. Hanya saja hal yang tidak saya suka ketika menginap di sini, tiba-tiba saja ada razia tengah malam oleh polis Tawau. Sangat mengganggu! Padahal kan pihak resepsionis sudah punya copy-an data pribadi kita (paspor) sewaktu check in. Dan satu lagi, jujur staf resepsionis nya kurang senyum :) mungkin udah bawaan kali ya kak!. Itu saja! 

Potret VS Guest House, Tawau "We know that there can be ​luxury in simplicity..."

Lobby area VS Guest House 
Standard double room tanpa jendela
Fasilitas kamar standard double room

Kosakata : bas (dalam bahasa Malaysia) = bus

No comments:

Post a Comment