Sunday 24 July 2016

Menggapai Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Dari kawasan pandang Danau Toba di Bukit Sipiso-piso, lihatlah tebing batu yang menjulang tinggi di bagian utara sana!. Dari celah tebing tersebut, muncul aliran air yang sangat besar. Mengalir deras terjun bebas, terhempas jatuh hingga ke dasar tebing. Tingginya tebing batu membuat aliran air terjun ini seperti bilah pisau tajam. Inilah Air Terjun Sipiso-piso, dalam bahasa Batak berarti piso atau pisau.

Memandang Danau Toba dari Bukit Sipiso-piso
Ketika orang tua saya, abang, kak Dina bersama Bebi memilih duduk bersantai di atas gelaran tikar. Saya dan kedua adik saya (ratna & iwan) malah tertantang ingin menaklukkan anak-anak tangga tebing Bukit Sipiso-piso di sana, mendekati tempat jatuhnya Air Terjun Sipiso-piso.

Suara hempasan Air Terjun Sipiso-piso di bawah sana seakan-akan memanggil. Kami pun mendekat!. Sebelum mulai menapaki jalur  jalan menuju dasar Air Terjun Sipiso-piso, pastikan membawa bekal air minum secukupnya!. Selamat berjuang kak!

Berjalan dan terus berjalan!! Kelihatannya si Air Terjun Sipiso-piso mudah untuk didekati. Ternyata tak mudah yang dibayangkan. Bayangkan saja turun melalui tangga manual dari gedung setinggi 120 meter.  Tak hanya butuh tenaga yang prima tetapi juga butuh semangat yang tinggi. 


Tak perlu terburu-buru, santai saja sembari mengambil potret Air Terjun Sipiso–Piso dari berbagai sudut jalur tangga. Atau memotret diri dengan latar Air Terjun Sipiso-piso atau  latar Danau Toba diapit perbukitan. Puas berfoto, lanjut lagi menuruni tangga menuju dasar aliran Air Terjun Sipiso-piso. Hati-hati jangan sampai tergelincir! Tetaplah berjalan pada jalur tangga dan jalan yang tersedia. Jangan coba-coba menyalip ke jalur yang tak semestinya.



Setidaknya butuh satu jam berjalan santai untuk bisa sampai di dasar tebing Air Terjun Sipiso-piso. Di sini, suara hempasan air terjun di dasar bebatuan lebih menggemuruh. Jika lebih mendekat lagi, jatuhan air  pasti akan membasahi tubuh. Di saat pengunjung lain, begitu riang mandi-mandi di sini.  Bagi saya, cukuplah melepas lelah dengan menjatuhkan kaki ke dalam air Sipiso-piso. Begitu sejuk dan menyegarkan.


Aliran  Air Terjun Sipiso-piso ini jatuh ke sebuah sungai kecil. Mengalir deras menuruni perbukitan ke arah selatan dan akhirnya bermuara ke lemabah Desa Tongging, Danau Toba.
Sampai di sini, perjuangan belum usai! Ayo semangat lagi untuk menaiki jalur tangga tadi. Kembali ke lokasi awal yaitu lokasi pandang Bukit Sipiso-piso. Oh iya kak, jangan lupa membawa lagi sampah botol air mineral ataupun bungkus makanan kita. Jangan nyampah di sini! Mari kita jaga bersama kebersihan dan keasrian Air Terjun Sipiso-piso.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Peta Lokasi Air Terjun Sipiso-piso

No comments:

Post a Comment