Thursday, 28 July 2016

Mampir ke Air Terjun Bah Biak Sidamanik

Jika sudah berada di kebun teh Sidamanik, sempatkan mampir ke Air Terjun Bah Baik. Lokasinya masih dalam kawasan Perkebunan Teh Bah Butong. Saya yang awalnya tak mengenal air terjun ini, tahu namanya setelah membaca postingan travel blogger yang berkunjung ke kebun teh Sidamanik yang katanya ada air terjun yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ya, namanya unik....Air Terjun Bah Biak.

Mampir ke Air Terjun Bah Biak Sidamanik
Cara menemukan lokasi Air Terjun Bah Biak cukuplah mudah. Jika kita berkendara datang dari arah Siantar dan sudah sampai di kawasan Perkebunan Teh Bah Butong Sidamanik, perhatikanlah sebuah jalan setapak di sisi kiri jalan! Ada beberapa jalan masuk menuju Air Terjun Bah Biak yang ada sebuah papan petunjuk arah menuju “air terjun”. Nah, masuklah ke dalam jalan setapak itu, dan teruslah berkendara mengikuti jalan kebun teh mengikuti petunjuk arah yang ada. Jalannya dapat dilalui oleh kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Jarak dari jalan besar menuju lokasi parkiran Air Terjun Bah Baik sekitar 3 kilometer. Khawatir tersesat, silahkan bertanya pada penduduk sekitar dimana lokasi air terjun ini!

Pencarian jalan menuju Air Terjun Bah Biak di perkebunan teh Sidamanik
Berkunjung ke sini pada waktu hari minggu dan musim libur lebaran pula membuat tempat wisata alam ini sungguh sangat ramai. Lihat saja kawasan parkir penuh dengan kendaraan. Warung-warung dadakan pun berdiri di lahan parkir yang sempit ini. Tampaknya wisata Air Terjun Bah Baik  ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah.

Well come to Air Terjun Bah Biak
Sampai gerbang masuk, wujud air terjun belum dapat kita lihat. Setelah membayar biaya masuk lokasi sebesar 2.000 IDR per orang, rupanya kita harus menuruni setapak jalan tanah bertangga. Tapi jangan khawatir, kondisi medan jalan menuju lokasi jatuhnya Air Terjun Bah Baik  tak seekstrim Air Terjun Sipiso-piso kok! Bahkan sangat santai…

Di akhir anak tangga, sebuah aliran sungai kecil menyambut. Terus mengikuti jalan searah aliran air. Tak jauh! Air Terjun Bah Biak kini di depan mata. Saatnya santai sejenak di sini!


Sayangnya membludaknya pengunjung pada musim libur lebaran mengurangi kenyamanan dan kebersihan Air Terjun Bah Biak. Mungkin karena semakin dikenalnya air terjun ini jadi semakin banyak yang penasaran ingin datang ke sini. Suasanya jadi ramai sekali!! Hmmm, semoga kedepannya air terjun ini dikelola secara baik agar tetap terjaga keasrian dan keindahannya.


Baiklah, jalan-jalan ke kebun teh Sidamanik sekaligus mampir ke air terjun nya sudah, saatnya kami pun kembali ke Kota Pematang Siantar. Makan siang di sana saja, kemudian berkunjung ke Kebun Binatang Siantar. Dan menjelang sore barulah pulang ke Rantauprapat. 

No comments:

Post a comment