Friday 15 May 2015

Menjelajah Hongdae, Kawasan Kongko Anak Muda Paling Terkenal di Seoul

Selain dikenal karena keberadaan kampus Fine Arts and Design paling terkenal di Korea Selatan. Kawasan Hongik University atau biasa disebut Hongdae juga dikenal sebagai pusat bisnis seni kreatif Seoul, Korea Selatan. Berbagai jenis restaurant, cafe, street food, toko fashion, aksesoris, salon, tempat karoke, seniman pinggir jalan (penyanyi, pelukis, dsb), dan segala hal yang berbau anak muda ada di sepanjang jalan Hongik-ro dan sekitarnya. 


Ohh iya, bagi yang suka menonton Running Man (RM) pasti sudah tahu kan bahwa kawasan Hongdae ini pernah dijadikan sebagai lokasi syutingnya. Misi RM di episode 34 adalah mencari guest ( UEE & Park Jun Gyu) di restoran-restoran terkenal di kawasan Hongdae. Ada  20 restoran terkenal yang harus didatangi member RM. Setiap masuk ke restoran tersebut, member harus menghabiskan makanan yg ada di sana. Melihat tayangan RM di episode ini yang menampilkan berbagai makanan super lezat, benar-benar menggoda kita untuk berwisata kuliner di Hongdae.

Jelajah kawasan Hongdae dimulai dari Yanghwa-ro

 
…………
Pagi itu kami menyempatkan diri untuk menjelajah kawasan Hongdae dengan berjalan kaki. Tidak ada tujuan spesifik memang. Kami ingin mengetahui bagaimana suasana Hongdae di pagi hari. Dimulai dari gedung Hongdae Guest House, kami menyebrang Jalan Yanghwa (Hongik University Subway Station, Exit 9). Nah dari sini kami berjalan kaki menuju jalan utama Hongik-ro. Kebanyakan toko-toko terlihat belum buka. Kios – kios pedagang kaki lima ala Korea juga terlihat belum menggelar lapaknya sepagi itu.  Hongik ramai oleh mahasiswa-mahasiswa Hongik University yang hilir mudik menuju kampus mereka. Seharusnya kami menjelajah Hongdae di sore/malam hari. Suasana Hongdae saat itu pastinya sangat ramai oleh anak-anak muda Korea tentunya.

Nemu Gombal Coffee :)

Restoran Cowboy

 
Hello Kitty Cafe

Setelah berjalan sana-sini menyusuri jalan dan gang-gang Hongik, kami menemukan Hello Kitty Cafe. Nah ini dia kafe yang dikenalkan oleh Kak Claudia Kaunang dalam buku “Keliling Korea” nya itu. Sayangnya kafe ini belum buka. Nahh...penjelajahan kami di Hongdae sepertinya kepagian . Entahlah!!! Puas berfoto-foto di depan Hello Kitty Cafe yang cantik ini kami kembali berjalan kaki ke jalan utama Hongik-ro. Dan kembali ke Hongdae Guesthouse karena kami harus bersiap-siap melanjutkan penjelajahan kami hari itu ke English Village Paju Camp yang letaknya di Provinsi Gyeonggi di luar kota Seoul.
 
[UPDATE] Hello Kitty Cafe di Hongik sudah ditutup (CLOSED). For more detail click website: www.hellokittycafe.co.kr



Dan juga beberapa lokasi di kawasan Hongdae sering dijadikan filming location for K-drama. Diantaranya yang ingin saya kunjungi yaitu The 1st Shop of Coffee Prince , drama location Coffee Prince dan Four Seasons House, drama location Autumn in My Heart, Winter Sonata, Scent of Summer, Spring Waltz dan Love Rain. Sayangnya saya tidak sempat berkunjung ke lokasi tersebut. Sebagai pelipur lara , saya pun membuka google street view kawasan Hongdae. Seakan-akan saya sedang berjalan menuju ke 1st Shop of CoffeePrince & Four Seasons House. Semoga di lain waktu bisa kembali lagi ke Seoul.

No comments:

Post a Comment