Sunday 3 May 2015

Desa Sengkong : Rayuan Pohon Kelapa di Sungai Sesayap

Desa Sengkong : Rayuan Pohon Kelapa di Sungai Sesayap

Desa Sengkong adalah salah satu desa di tepian Sungai Sesayap. Secara geografis Desa Sengkong termasuk ke dalam Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Karena sebagian besar desa-desa di Tana Tidung merupakan daerah aliran sungai (DAS), sarana transportasi air (seperti speed boat, long boat, dll) menjadi  transportasi paling penting di sini.

Sekian tahun hidup di Kalimantan Utara, akhirnya saya pun berkesempatan berkunjung ke Desa Sengkong dalam rangka kondangan bermodus jalan-jalan :). Desa ini dapat dijangkau dengan menaiki speed boat dari Dermaga Desa Menjelutung (desa terdekat dari site lokasi kerja saya). Hanya butuh 15 menit untuk menyebrangi Sungai Sesayap, kita sudah sampai di Desa Sengkong. Salah satu pemandangan nan menyejukkan mata begitu tiba di Desa Sengkong adalah sambutan hamparan pepohonan kelapa yang tumbuh subur di sini. Cerahnya langit biru siang di Desa Sengkong semakin menambah pesona keindahan desa tepian Sungai Sesayap ini. Saya jadi teringat ref. lagu Rayuan Pohon Kelapa , ciptaan Bapak Ismail Marzuki . Suasanya juga mengingatkan saya pada "Tour Delta Mekong di Vietnam". Suasana di Kalimantan Utara Indonesia ini ternyata gak kalah indah juga kakak!! 

.....
Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana

Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia

Kondangan mengenakan seragam kerja lengkap dengan safety shoes :). Kapan lagi!!
Sungai Sesayap dilihat dari Dermaga Desa Menjelutung
Selamat Datang di Desa Sengkong
Dibalik cerita : Saya dan beberapa orang rekan kerja se-site berkesempatan mengunjungi Desa Sengkong. Bagi saya kesempatan ini bukan hanya dalam rangka kondangan (menghadiri pesta pernikahan)  tetapi juga dalam rangka refreshing aka penyegaran mata. Ya iyalah mumpung diberi ijin oleh bos, pergi ke luar site di sela-sela jam kerja #lol. Cc : Rina Sihotang.

Menyusuri jalan Desa Sengkong
Sungai Sesayap dilihat dari Desa Sengkong
Menatap biru langit Desa Sengkong dari balik rerimbunan pohon waru
Menatap biru langit Desa Sengkong dari balik rerimbunan pohon kelapa

Rayuan pohon kelapa di Sungai Sesayap. Inilah yang paling saya suka dari Desa Sengkong
 

Menunggu speed boat menyebrang kembali ke Desa Menjelutung
Buah kelapa hasil perburuan di Desa Sengkong
Dermaga Desa Sengkong, Sungai Sesayap
Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia.
03 Mei 2015
Peta Lokasi Sungai Sesayap (sumber : google map)

No comments:

Post a Comment