Friday 8 May 2015

Cinta di Langit N Seoul Tower


Ke Seoul tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi N Seoul Tower. Dikenal juga dengan nama Namsan Tower atau Seoul Tower, salah satu landmark terkenal Seoul, Korea Selatan. N Seoul Tower merupakan sebuah menara pemancar radio yang berlokasi di puncak Gunung Namsan (236.7 mdpl), pusat kota Seoul. Gedung ini dibangun pada tahun 1969, dan dibuka untuk umum pada tahun 1980, tinggi menara ini mencapai 236.7 m dari dasar menara dan berada di ketinggian 479.7 m di atas permukaan laut. 

Namanya semakin dikenal semenjak booming demam Korea dimana sudut-sudut romantisme dari N Seoul Tower dijadikan sebagai lokasi syuting berbagai K-drama. Sebut saja My Girl (2005), Witch Yoo Hee (2007), Boys Before Flower (2009),  My Love From Another Star (2014), dan MBC Variety Show “We Got Married, scene Nichkhun/Victoria, Park Jae-jung/Uee, & Alex/Shin Ae. "Hapal banget ya kak?, lol ". Dan dalam rangka promosi wisata Seoul (2010), pemadangan N Seoul Tower ditampilkan di MV Super Junior & SNSD bertajuk Infinitely Yours, Seoul. Tentunya promosi tersebut semakin mendongkrak wisatawan yang datang berkunjung ke N Seoul Tower. Termasuk saya yang memasukkan N Seoul Tower sebagai list yang wajib dikunjungi di Seoul, Korea Selatan.

Beberapa hari sebelumnya saya sudah lebih dulu berkunjung ke kawasan N Seoul Tower dengan menggunakan transportasi Seoul Night City Tour Bus. Sayangnya saat itu belum sempat mendekati gedung N Seoul Tower. Nah, kini saya & teman-teman kembali lagi N Seoul Tower untuk lebih menjelajah N Seoul Tower dan seisinya.

Perjalanan kami ke N Seoul Tower dimulai dari kawasan Itaewon. Setelah wisata kuliner di Itaewon, kami menaiki bus Namsan Circulation Bus atau Namsan Sunhwan Shuttle Bus bernomor 03 dari halte bus yang berada di Exit 4 Itaewon Subway Station. Ongkos bus sebesar 850 won dengan menggunakan T-money card atau 950 won jika membayar dengan uang cash. 

N Seoul Tower Area Map

Tibalah kami di halte bus Namsan , halte bus ini juga digunakan sebagai halte bus Namsan Seoul Night City Tour Bus. Cahaya lampu dari N Seoul Tower yang menjulang tinggi seakan-akan memanggil untuk segera mendekat. Berjalan kaki dengan penuh semangat, kami pun menuju bagian informasi  (Information Desk) yang berada di N lobby. Ternyata tempat pembelian tiket ada di Plaza 1F, kami pun menaiki tangga ke lokasi Ticket Booth. Membeli tiket masuk paket Observatory & Teddy Bear Museum seharga 14.000 won. Tante & Om Mbak Khaira memilih tiket masuk Obervatory (9.000 won) saja. Saya pribadi alasan utama mengunjungi Teddy Bear Museum setelah menonton K-drama Princess Hours (2006) (lagi-lagi gara-gara K-drama) #lol. 
N Seoul Tower

Tiket masuk Observatory & Teddy Bear Museum

Teddy Bear Museum : Asyiknya Belajar Sejarah Korea
Teddy Bear Museum berada lantai dasar (lobby) N Seoul Tower. Di sini boneka-boneka Teddy Bear dari yang berukuran mini hingga jumbo diset berpakaian tradisional. Ditampilkan bagaimana pakaian tradisional rakyat biasa, pelayan, prajurit, yangban (kaum bangsawan) dan raja dari masa-masa. Juga terdapat miniatur Teddy Bear berparodi menjadi sebuah cerita historical. Bahkan ada yang dibuat bergerak (animatronics). Diceritakan apa yang terjadi di Seoul dulunya, sejak dinamai Hanyang pada jaman Dinasti Joseon hingga dinamai Seoul seperti sekarang. Cara memperkenalkan sejarah Korea seperti ini sangat mengasyikkan.

Pakaian tradisional Korea dari masa-masa

Teatrikal drama sejarah Korea

Teddy Bear, Oppa Gangnam Style

Ketika tulisan ini saya posting, saya baru tahu bahwa Seoul Teddy Bear Museum telah ditutup (CLOSED) sejak November 2013 dan digantikan Alive Museum (Trick Art Museum). Tetapi jangan khawatir, Anda masih bisa belajar sejarah Korea melalui Teddy Bear Museum yang berada di Jeju, Seorak, & Gyeongju. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Setelah mengunjungi Teddy Bear Museum kami bergerak ke N Gift yang juga berada di lantai dasar N Seoul Tower. N Gift adalah toko souvenir yang banyak menjual item-item bertema couple (pasangan). Karena kesini tidak bersama pasangan jadi saya tidak berbelanja #lol. Bukan itu juga sih!! Sekedar melihat-lihat souvenir lucu , mana tahu ada yang menarik hati.

Obervatory N Seoul Tower : Menikmati Panorama Seoul dari Ketinggian 479.7mdpl
Selanjutnya kami menaiki lift bersama pengunjung lainnya menuju Tower 3F dimana ruang obervatory berada. Lift dijaga oleh guide yang akan memandu kita ke lokasi yang kita inginkan, jadi jangan khawatir salah lantai. Mulai dari di dalam lift hingga ke setiap sudut ruangan observasi didekorasi dengan media art yang sangat eye catching. Terdapat semacam pameran 600 tahun sejarah Korea melalui 36 layar LCD. Di bawah sana, kita dapat melihat jelas panorama 360 derajat kota Seoul di malam hari. Kota Seoul tampak bermandikan cahaya lampu. Sungguh pemandangan yang menakjubkan!!

Seoul di malam hari
Di kaca ruang obervatory terdapat tulisan jarak Seoul ke berbagai kota besar di dunia (salah satunya Seoul - Jakarta berjarak 5.268 km)

Madrid, Spanyol!!!  

Sebenarnya ruang tertinggi dari N Seoul Tower adalah n. Grill, sebuah Fine French Dining yang berada di Tower 5F. Di sini pengunjung, menikmati makan malam dengan latar pemandangan malam kota Seoul yang indah. Restoran ini terkenal sebagai tempat teromantis di Seoul. Hmmm!!! Ayo yang berencana makan malam romantis bareng pasangannya kesini :D . Sekedar informasi penamaan lantai gedung-gedung tinggi di Korea menghindari adanya penamaan lantai 4, dari lantai 3 berlanjut ke lantai 5. Karena pengucapan"empat" mirip dengan pengucapan yang berarti "kematian". Mitos!! Entahlah.
  
Gembok Cinta N Seoul Tower : Romantisme ala Korea
Puas menikmati panorama malam kota Seoul dari observatory N Seoul Tower, kami kembali turun menuju N terrace Plaza 1F dimana pohon gembok cinta “Locks of Love” yang terkenal itu berada. Gembok - gembok terkait membentuk pohon cemara. Nama-nama pasangan terukir di gembor tersebut lengkap dengan tulisan harapan tentang cinta mereka. Sebenarnya ada satu lagi lokasi gembok cinta yaitu roof terrace Plaza 2F. Di sini, gembok dikaitkan ke pinggiran pagar hingga memenuhi pagar itu sendiri. Melihat deretan pohon gembok cinta tersebut menunjukkan telah banyak pasangan membuat janji cinta mereka di N Seoul Tower

Romantisme ala Korea (source : kamera Mbk Mona)


Foto keluarga trip Korea :D "kangen mereka"

Semakin malam cuaca semakin dingin, coat yang kami pakai tak cukup ampuh membuat tubuh merasa nyaman. Hahhh,,buru-buru kami menuntaskan foto-foto di depan N Seoul Tower. Tetapi hebatnya cewek-cewek Korea di sini hanya berblazer biasa bahkan memakai rok pendek, tidak merasa kedinginan. 

Setelah puas menikmati keindahan N Seoul Tower, kami kembali halte Namsan untuk menunggu bus pulang. Di jalan menurun ke halte bus kami berpapasan dengan sepasang kekasih Korea berjalan berpegangan tangan. Si cewek seperti yang saya katakan tadi berpakaian tipis, rok pendek dan memakai high heels berjalan mendaki ke N Seoul Tower. Luar biasa!! Hmm..Apa memang sengaja ya mereka berpakaian seperti itu saat dingin, supaya si cowok memakaikan coatnya ke si cewek nantinya. Seperti scene romantis K-drama kebanyakan #lol. 

Kami kembali menaiki bus yang sama (bernomor 03) ke Itaewon Station. Kemudian kembali ke penginapan dengan menaiki subway ke Hongik University. Melihat keindahan panorama malam Seoul dari ketinggian di N Seoul Tower benar-benar membuat saya jatuh cinta kepada kota Seoul. Dan inilah alasan saya ingin kembali lagi ke sini suatu saat nanti. "Mudah-mudahan bersama pasangan" #biarromantis :D

 
N Seoul Tower, South Korea
07th April 2013

For more details, refer to the website. www.nseoultower.co.kr (Korean, English)

No comments:

Post a Comment