Tuesday, 14 March 2017

Pilihan Kereta Api dari Jakarta ke Purwakarta

Jakarta - Purwakarta (sumber gambar : google map)
Sebelum cerita pengalaman saya jalan - jalan ke Purwakarta, saya mau berbagi informasi dulu How to travel from Jakarta to Purwakarta by train ? Nah, perjalanan naik kereta api dari Jakarta ke Purwakarta itu ada 2 pilihan. Mau yang ongkos kereta murah tetapi lama atau  ongkos kereta yang lebih mahal tetapi cepat.

Pertama ; naik Kereta Api (KA) Serayu yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Waktu keberangkatan ada 2 kali sehari yakni pukul 09.00 & 21.00. Atau bisa juga naik KA Argo Parahyangan yang berangkat dari Stasiun Gambir. Waktu keberangkatan kereta ada 4 kali sehari yakni pukul 05.05, 08.05, 12.35 & 20.00. KA Serayu adalah kereta kelas ekonomi AC tujuan akhir Purwokerto, kisaran harga tiket mulai dari 67.000 IDR sedangkan KA Argo Parahyangan merupakan kombinasi kelas kelas ekonomi AC & eksekutif tujuan akhir Stasiun Bandung, kisaran harga tiket 30.000 IDR hingga 125.000 IDR.  Dari Jakarta, kedua kereta ini non stop sehingga hanya butuh waktu 1,5 jam saja untuk tiba di Purwakarta. Mudahnya, booking tiket kedua kereta ini bisa online via aplikasi android KAI Access.

Kedua ; naik KA Walahar Ekspres, lebih dikenal dengan KA Patas Purwakarta atau KA Lokal Jakarta - Purwakarta. Ongkosnya sangat murah, hanya 6.000 IDR saja. Keberangkatan kereta ini dari Stasiun Tanjung Priok, ada 3 kali sehari yakni pukul 10.10, 12.40 & 16.30. Sebelumnya kereta ini berangkat dari Stasiun Jakarta Kota (berubah sejak 9 Februari 2017).  Naik kereta ini waktu perjalanan lebih lama, butuh 3 jam karena harus berhenti di setiap stasiun. Setahu saya, tiket kereta ini hanya bisa dibeli langsung di stasiun, beberapa jam sebelum waktu keberangkatan.

Naik kereta api dari Jakarta ke Purwakarta, tinggal pilih kereta yang mana ya kak! Mau yang ongkos kereta murah tetapi lama atau  ongkos kereta yang lebih mahal tetapi cepat. Ayo naik kereta api ke Purwakarta!!

Referensi :

No comments:

Post a comment