Saturday 21 February 2015

Pagi di Teluk Banyuwedang, Bali #27Desember2014


Rasanya baru saja merebahkan diri beberapa jam yang lalu. Lelah dan letih pasca perjalanan panjang sehari semalam belumlah hilang . Namun, begitu mengingat tempat saya terbangun ini adalah di Pulau Bali, seketika itu saya bersemangat untuk memulai hari.

Trip ke Pulau Menjangan baru akan dimulai sekitar 2 jam lagi. Kami pun memanfaatkan kegiatan sepagi itu sesuai dengan mood masing-masing. Ada yang sejenak melanjutkan waktu tidurnya :D. Ada pula yang bergegas mandi atau sekedar membasuh wajah di kamar mandi umum yang tersedia. Meminum segelas teh/kopi hangat sangat cocok untuk menghangatkan diri di pagi hari. Tersedia di warung makan Banyumandi, persis bersebelahan dengan aula “tempat kami bermalam” .

Kebersamaan Happy Travel Mates (photo by Ai )

Secara administratif, Teluk Banyuwedang termasuk ke dalam Desa Pejarak, Kecamatan Gerokbak, Kabupaten Buleleng, Bali.  


Sebagian besar tumbuhan daerah teluk ini didominasi oleh vegetasi hutan mangrove. Di ujung jalan terdapat sebuah dermaga kecil . Nah dari dermaga inilah salah gerbang menuju Pulau Menjangan. Diantara perahu-perahu kayu yang bersandar, terlihat kesibukan beberapa orang berpakaian tradisional Bali. Mereka bersiap menaiki salah satu perahu menuju Pulau Menjangan. Bagi masyarakat lokal, Pulau Menjangan merupakan tempat suci dimana di pulau tersebut terdapat sebuah pura tempat beribadah umat Hindu.

Pemandangan semakin sempurna dengan latar belakang Gunung Prapat Agung. Sayang sekali kan jika melewatkan keindahan alam khas Teluk Banyuwedang di pagi itu.

 Pura di Teluk Banyuwedang

 Setapak jalan menuju dermaga

 Don't Do

Dermaga di Teluk Banyuwedang
 
Berlatar Gunung Prapat Agung (322 mdpl)

Pagi di Teluk Banyuwedang, Bali #27Desember2014 (photo by Prima)

P.S
  • Di daerah Teluk Banyuwedang ini terdapat beberapa resort bernuansa romantis di antaranya Mimpi Menjangan Resort (letaknya persis bersebelahan dengan dermaga) & Naya Gawana Resort. Menginap di salah satu resort ini bisa menjadi alternatif  bagi wisatawan berbudget lebih.
  • Untuk menuju ke Pulau Menjangan, kebanyakan wisatawan menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat di Pelabuhan Labuhan Lalang, Teluk Terima .
 

Selanjutnya..Baca juga : Snorkeling di Pulau Menjangan, Bali

No comments:

Post a Comment