Monday 23 February 2015

Gilimanuk, Bali....Ingat Ayam Betutu dan Pantai Karang Sewu

Belum lengkap rasanya ke Bali jika belum mencicipi kuliner tradisionalnya, ayam betutu. Apalagi yang paling terkenal itu adalah ayam betutu khas Gilimanuk.  Nah sebelum kembali ke Banyuwangi, kita mampir makan siang dulu di sebuah warung makan “Ayam Betutu”. Satu ekor ayam betutu dibandrol dengan harga 100.000 IDR. Ini sudah termasuk sebakul nasi putih, plecing kangkung, kacang tanah goreng. Bagi yang doyan sambel, juga tersaji sambel berupa irisan bawang merah mentah dan cabe rawit keriting segar. Ohh iaa, satu porsi ini bisa untuk 4 orang lho, jadi jatuhnya gak kemahalan untuk ukuran kantong backpacker seperti kita.


Yang khas dari Ayam Betutu itu adalah rasa bumbu kunyit begitu kuat meresap hingga ke tulang-tulang ayam. Pedasnya jangan ditanya lagi, luar biasa!!…Kenikmatan kuliner khas Bali ini memang tidak diragukan lagi. Karena memang kelaparan atau memang doyan, ayam betutu yang tersaji ludes kami makan. Alhamdulillah..

Selesai menikmati lezatnya Ayam Betutu, kita lanjut ke Pantai Karangsewu. Siapa sangka Gilimanuk yang selama ini saya kenal karena pelabuhan penyebrangannya ternyata memiliki sebuah pantai indah tersembunyi. 

Pantai Karang Sewu merupakan kawasan Teluk Lumpur yang berlokasi di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Letak pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk. Tak perlu membayar sepeserpun untuk masuk kesini. Siapapun bisa menikmati keindahannya.

Menurut masyarakat sekitar, pantai ini dinamakan Karang Sewu karena sebagian besar pesisir nya karang bukan pasir seperti pantai pada umumnya. Yang menjadi daya tarik lain dari pantai ini yaitu tepian pantai berupa hamparan rumput hijau nan luas. Di sisi lain pantai dikelilingi hutan mangrove. Suasana daerah teluk ini sangat tenang. Birunya air laut berpayung langit biru semakin menambah eksotisme Karang Sewu.

Bahkan terik mentari menjelang sore saat itu tak mengurangi semangat kita untuk sekedar berfoto-foto di pantai secantik ini.

Ayam Betutu & Pantai Karang Sewu, 2 hal yang paling saya suka dari Gilimanuk, Bali.

 
Panorama alam di Pantai Karang Sewu

 Happy Travel Mates in Karang Sewu

Kakak Khairani di Pantai Karang Sewu (Gilimanuk, Bali - 27 Desember 2014)

No comments:

Post a Comment