Thursday 5 February 2015

Masjid Islamic Center Tarakan #03Februari2015


Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu saya off  bekerja (1 hari) ke Tarakan. Biasanya kalau udah 3 minggu di site kaki rasanya udah gatel aja pengen jalan-jalan (*dasar). Jadi terpilihlah destinasi yang memang belum pernah saya kunjungi yaitu Masjid Islamic Center Baitul Izzah Tarakan. 

Masjid terbesar di Kalimantan Utara ini terletak di Jalan Sesayap, Kampung Empat, Tarakan Timur  atau berjarak 5 km dari pusat kota Tarakan. Sebagai salah satu ikon wisata (masih terbilang baru 3 tahun) Tarakan (source : Wikipedia), sayang keberadaan mesjid ini tidak didukung oleh sarana transportasi umum yang memadai. Dari hasil searching2 di google tidak ada satupun angkutan umum (angkot atau dalam bahasa masyarakat lokal Tarakan disebut taksi) yang menjangkau lokasi mesjid ini. Gak mau ribet.... kami pun meminta bantuan Pak Ramli untuk mengantar saya & Diana (teman satu site) ke Islamic Center..Ternyata lokasi nya lumayan jauh dari yang namanya keramaian. Wajar saja tidak ada angkot yang mau melewati  daerah ini. 

Bangunan Islamic Center  berdiri sangat mentereng di antara bangunan di sekitarnya. Berpenampilan sangat megah sehingga membuat siapapun terpana ketika pertama kali melihat masjid ini . Sekilas tidak satupun kekurangan bangunan Islamic Center Tarakan ini. Kekurangannya akan sedikit terlihat ketika kita memasuki lahan parkir dan taman yang kelihatannya 100% belum rampung.

  

Kita keliling memutari setiap sudut luar bangunan mesjid. Dari pintu sebelah barat laut yakni area parkiran hingga pintu sebelah timur yakni gerbang utama mesjid. Dari bangunan utama tempat shalat, bagian teras, hingga tempat wudhu. 

    

Namun.....betapa terkejutnya kita ketika melihat kondisi pondasi & pilar bangunan masjid. Kemegahan tidak sebanding dengan kualitas bangunan masjid. Di beberapa bagian mesjid terlihat crack super besar. Bahkan terlihat bekas reruntuhan berpolice line di lantai atas gerbang utama. Saya jadi ingat  salah satu artikel di internet. Ternyata memang benar kondisi bangunan Islamic Center Tarakan kini memprihatinkan.

  

Kondisi yang tidak jauh beda juga terlihat di dalam bangunan utama masjid. Di beberapa bagian langit-langit juga terdapat keretakan. Ya Allah,,jika melihat kualitas bangunan masjid seperti ini, bisa dibayangin bagaimana perasaan jamaah shalat di mesjid ini. Pasti lah diliputi rasa khawatir terkena reruntuhan yang kapanpun bisa terjadi. 


Meskipun banyak kekurangan dalam hal kualitas bangunan, saya pribadi sangat kagum dengan didirikannya Islamic Center Tarakan ini. Semoga kedepan nya masjid kebanggaan Tarakan ini bukan hanya sekedar bangunan megah, tempat ibadah shalat bagi muslim tetapi juga semakin bernyawa dengan kegiatan pendidikan Islam di Tarakan khususnya dan  Provinsi Kalimantan Utara umumnya. Insha Allah...Dan semoga kondisi bangunan Masjid Islamic Center Tarakan yang memprihatinkan ini segera mendapat perbaikan dari pemerintah setempat.

No comments:

Post a Comment