Wednesday 17 February 2016

Ada Apa di Danau Kandy?

Traveler yang melancong ke Kandy pasti akan memasukkan Kandy Lake sebagai list yang harus dikunjungi. Berbagai sumber menyebutkan bahwa Danau Kandy adalah landmark keindahan Kandy, kota Situs Warisan Dunia Sri Lanka. Inilah yang membuat saya penasaran. Karenanya setibanya di Kandy maka destinasi pertama yang saya kunjungi adalah danau ini.  

Saya pun diajak Ben (host couchsurfing saya) untuk menengok Danau Kandy, menyusuri jalur pejalan kaki di tepiannya. Yaa, kawasan tepian Kandy Lake yang teduh dan asri memang menawarkan tempat berjalan-jalan sembari menikmati panorama kota perbukitan Kandy. Apalagi ketika menjelang sore, tidak hanya warga lokal tetapi juga para wisatawan asing cukup mudah ditemukan wara wiri di sini.

Danau yang dikenal dengan sebutan Kiri Muhuda atau Sea of Milk, adalah sebuah danau buatan di jantung kota perbukitan Kandy, Central Province, Sri Lanka Tengah. Ya, danau yang di google map bernama Bogambara Lake ini dibuat tahun 1807 pada masa pemerintahan raja terakhir Sinhala, Raja Sri Wickrama Rajasinghe. Di samping danau berdiri  Sri Dalada Maligawa atau the Temple of the Sacred Tooth Relic, vihara Budha Sri Lanka yang tersohor itu. Kandy Lake memiliki perimeter sepanjang 3,4 kilometer (2,1 mil) dan kedalaman maksimum danau sekitar 18 meter (59 kaki). Spot menarik danau ini terletak pada Walakulu Bamma (dalam bahasa Sinhala berarti dinding awan). Walakulu Bamma mengelilingi tepian danau sepanjang 630 meter (2.070 kaki).

Ada apa di Danau Kandy? Berikut ini adalah potret panorama Kandy Lake.....


Tepian Danau Kandy dilihat dari jalan Sangaraja Mawatha
Kandy Lake merupakan rumah bagi spesis white egret crane (Bubulcus ibis)
Hotel-hotel berdiri menghadap tepian Kandy Lake
Terdapat pulau kecil di tengah Kandy Lake. Dulunya adalah tempat bersantai ratu kerajaaan kemudian pada masa kolonial Inggris digunakan sebagai tempat penyimpanan amunisi dengan menambahkan benteng di sekeliling nya.
Panorama bukit hijau mengelilingi Kandy Lake
Semua jalur bus kota Kandy dan bus antar kota yang melewati Kandy pasti akan akan melewati danau ini.
Saya pun tak mau ketinggalan momen untuk berfoto di Kandy Lake :)

Walakula Bamma, Kandy Lake

Dulunya segitiga lubang di dinding Walakulu Bamma berfungsi sebagai tempat penerangan lampu minyak pada hari-hari festival
Suasana malam di tepian Kandy Lake
Kandy, Central Province, Sri Lanka
3 Desember 2015
Komentar saya tentang Kandy Lake. Yang saya sukai dari Kandy Lake adalah jalur pejalan kaki di tepian danau ini sangat nyaman dan sejuk. Berjalan di antara kokohnya benteng Walakula Bamma seakan-akan membawa kita pada sejarah panjang yang dimiliki danau buatan kerajaan Kandy ini, ratusan tahun yang lalu.

------------------------------------------------------------

Kandy Lake Map

No comments:

Post a Comment