Wednesday 1 June 2016

Panorama Kota Rantepao dari Puncak Bukit Singki, Toraja Utara

Saya spechless ketika Agung mengatakan Rantepao punya Hollywood. Dan ternyata Hollywood yang dimaksud adalah Bukit Singki. Sebuah bukit yang berada di sebelah barat, tak jauh dari pusat Kota Rantepao. Seperti Hollywood, di puncak Bukit Singki terdapat plang kata raksasa TORAJA UTARA yang terlihat dengan jelas dari Kota Rantepao. Bukit ikonik Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.
Dari puncak bukit ini tersuguh panorama alam Kota Rantepao, di sekitarnya terlihat hamparan sawah, aliran Sungai Sa’dan dan pegunungan dan perbukitan hijau yang mengelilingi ibukota Kabupaten Toraja Utara ini. Jika ingin menengok panorama alam Kota Ranteapao seutuhnya, datanglah ke Bukit Singki. Salah satu destinasi wisata alam Toraja Utara yang tak boleh dilewatkan.


Salib & plang kata TORAJA UTARA, Bukit Singki terlihat dari kawasan Kantor Bupati Toraja Utara


Lokasi Bukit Singki...Lokasinya tak jauh dari Gedung Kantor Bupati Toraja Utara. Dari Jalan Dr. Sam Ratulangi kemudian melewati jembatan Sungai Sa’dan dan mengambil jalan gang/lorong yang akan mengantarkan kita menuju gerbang masuk ke Bukit Singki. Jika bingung, jangan segan bertanya kepada penduduk lokal dimana lokasi persisnya, gerbang masuk menuju puncak Bukit Singki ya kak!.  
Peta Lokasi Buntu Singki

Cara Menuju Bukit Singki…Tak ada angkutan umum untuk mencapai tempat wisata ini. Jikalau ingin naik transportasi umum seperti angkot hanya bisa mengantarkan kita ke Jalan Poros Singki persis di kaki Bukit Singki. Pilihan transportasi umum lainnya yaitu ojek motor atau dengan menaiki sitor (taksi motor), kendaraan roda tiga (becak) Kota Rantepao. Biasanya pengunjung menaiki kendaraan pribadi (sepeda motor atau mobil). Di gerbang masuk terdapat parkir kenderaan bermotor, tentunya dikenai biaya parkir (2.000 IDR untuk motor dan Rp 5.000 IDR untuk mobil). Nah, dari gerbang masuk kita masih harus mendaki anak tangga yang cukup banyak, menyusuri lereng lereng bukit menuju puncak Bukit Singki. 

Gerbang masuk menuju puncak Bukit Singki
Kondisi akses dan pemandangan sepanjang jalur pendakian menuju puncak Bukit Singki


Sebenarnya kondisi akses menuju puncak Bukit Singki ini dibangun dengan baik. Hanya saja masih kurang dalam hal perawatan rutin dan tak ditemukannya fasilitas kebersihan (tempat sampah). Juga kurangnya kesadaran diri pengunjung, melakukan perbuatan yang merusak lingkungan dan keindahan objek wisata Bukit Singki. Terlihat adanya coret-coretan tangan di besi pembatas tangga, sampah anorganik yang berserakan.

Vandalisme di Bukit Singki. Jangan ditiru ya kak!

Dari gerbang masuk, butuh waktu sekitar 15 menit berjalan santai untuk sampai di puncak bukit. Di ujung tangga, dekat dengan plang kata raksasa TORAJA UTARA terdapat pelataran beton yang lumayan luas, inilah penanda bahwa kita sudah berada di puncak Bukit Singki.  Di tengahnya terdapat sebuah bangunan dengan atap arsitektur tradisional Toraja, puncak bangunan terdapat tugu salib. Sayangnya kondisi bangunan belum rampung 100 % pengerjaannya.
Panorama di Puncak Bukit Singki. Tak perlu diragukan lagi, berdiri di ketinggian puncak Bukit Singki membuat kita tak akan bosan-bosannya memandang ke segala penjuru Kota Rantepao. Membentang panorama alam kota Rantepao yang sangat memanjakan mata. Rasa lelah menuju puncak Bukit Singki terbayar lunas.  


Nah, ini dia potret panorama alam dari puncak Bukit Singki, Hollywood-nya Rantepao....


Tips….Sebelum mendaki jangan lupa membawa air minum secukupnya !! Persiapkan fisik dan semangatmu untuk mendaki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Jangan lupa membawa payung atau alat pelindung diri dari teriknya udara Kota Rantepao di siang hari.

Di postingan sebelumnya saya bercerita bahwa selama 2 hari 1 malam di Toraja ada Agung  yang menjadi guide, mengantar saya dengan sepeda motornya kemana-mana bahkan bersedia menjadi photographer pribadi #lol. Nah ini orangnya!.



No comments:

Post a Comment