Thursday 2 June 2016

Potret Bundaran Kolam Makale, Tana Toraja

Bundaran Kolam Makale, Tana Toraja
Pada umumnya setiap kota memiliki landmark ikonik baik itu berupa sebuah bangunan tugu ataupun sebuah jalan kota. Kota Makale sebagai ibukota Kabupaten Tana Toraja pun memiliki sebuah landmark ikonik yaitu Bundaran Kolam Makale. Letaknya berada di jantung Kota Makale. Transportasi umum bus dari Makassar menuju Rantepao (ibukota Kabupaten Toraja Utara) pasti akan melewati Bundaran Kolam Makale.

Bundaran Kolam Makale
Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

Peta Lokasi Bundaran Kolam Makale

Kolam buatan di jantung Kota Makale ini memiliki luasan sekitar 10.000 m2 .  Di tengah-tengah terdapat bangunan ikonik yaitu Patung Lakipadada. Lakipadada adalah seorang bangsawan Toraja dalam cerita rakyat masyarakat Toraja. Yang menarik dari Bundaran Kolam Makale yaitu bangunan-bangunan di sekelilingnya. Ada 2 bangunan mencolok yaitu mesjid dan gereja dapat telihat dengan jelas jika kita berdiri di jalan bundaran bagian utara. Sebuah gambaran bahwa Kota Makale adalah kota yang tak menutup diri dari perbedaan. Baik mayoritas maupun minoritas sama-sama diberikan ruang untuk eksis.

Jika berkunjung ke Kota Makale jangan lupa untuk berfoto di sini. Landmark ikonik ibukota Kabupaten Tana Toraja yang tak boleh untuk dilewatkan.


Oh iya, saya belakangan baru tahu dari sebuah postingan sebuah media massa online, rupanya Pemerintah Kabupaten Tana Toraja  menjadikan area Bundaran Kolam Makale menjadi English Zones, yang mewajibkan setiap orang untuk berbahasa Inggris saat berada di sini sejak awal Maret lalu. Nah, kemaren waktu saya ke sini saya malah tak berbahasa Inggris. 

No comments:

Post a Comment