Thursday 2 June 2016

Potret Baby Grave Kambira, Tana Toraja

Pohon baby grave Kambira, Tana Toraja
Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa di Tana Toraja terdapat perkuburan bayi (baby grave) dalam sebuah batang pohon. Penasaran! Datanglah ke situs Baby Grave Kambira yang terletak 17 km di selatan Kota Rantepao (10 km di utara Kota Makale). Akses jalan hingga ke Desa Lemo terbilang bagus.  
Peta Lokasi Baby Grave Kambira, Tana Toraja

Untuk masuk ke lokasi situs Baby Grave Kambira, pengunjung wajib membayar sebesar 10.000 IDR di loket tiket masuk yang lokasinya bersebelahan dengan rumah-rumah tongkonan. Dari sini kita harus berjalan kaki mengikuti petunjuk arah situs yaitu menuruni tangga batu. Tak jauh memang!. Hutan bambu nan rimbun mengelilingi sebuah lapangan tanah persegi. Di tengahnya terdapat sebuah batang pohon tinggi menjulang tinggi berdiameter sekitar 1 m yang dikelilingi pagar bambu. Pohon tersebut bernama pohon tarra. Nah, di dalam batang pohon tersebut lah tempat peristirahatan terakhir bayi aluk todolo (kepercayaan leluhur) Toraja. 

Mendekatlah ke batang pohon tarra!. Terlihat di beberapa titik batang pohon menempel ijuk pohon enau. Ada yang masih utuh bentuknya berupa persegi dan ada yang sudah rusak. Rupanya ijuk enau itu adalah penanda bahwa di dalamnya adalah lubang tempat bayi dikuburkan. Setelah bertahun-tahun, pertumbuhan batang pohon tarra membuat lubang kuburan bayi tersebut tertutupi hingga yang tampak dari luar hanya ijuk enau saja . 

Perkampungan terdekat dari situs baby grave Kambira
Inilah tangga menuju situs baby grave Kambira. Teduh dinaungi hutan bambu nan rimbun
Ini pertama kalinya saya melihat pohon tarra. Pohon yang katanya masih satu jenis dengan pohon sukun
Mendekat ke batang pohon tarra

No comments:

Post a Comment