Saturday 23 January 2016

Biaya Perjalanan 10 Hari Menjelajah Sri Lanka

Sri Lankan Rupee (LKR)
"Mahal gak sih kak biaya perjalanan dan hidup selama 10 hari menjelajah  Sri Lanka?"

“Hmm…tergantung,  traveling ke Sri Lanka sebenarnya bisa dibilang tidak mahal juga tidak murah. Biasanya yang paling menguras budget kita adalah biaya transportasi dan penginapan.  Nah biaya-biaya inilah yang harus kita atur sebaik mungkin agar sesuai budget yang kita anggarkan.”

Dimana menurut saya, transportasi umum antar kota di Sri Lanka baik itu jarak dekat dan jauh sangat murah. Sebagai contoh ongkos bus dari Nuwara Eliya menuju Ratnapura yang berjarak 150 km hanya dikenakan 223 rupee saja atau sekitar 21.584 rupiah. Nah murah banget ya kak?. Sama halnya dengan kereta api Sri Lanka, menurut saya melakukan perjalanan dengan transportasi ini wajib dicoba karena biayanya yang terjangkau bagi kantong budget traveler. Lain halnya dengan tuk tuk, transportasi ini menurut saya mahal apalagi jika kita adalah solo traveler. Jarak dekat saja saya harus merogoh kocek 100 rupee atau sekitar 10.000 rupiah untuk ongkos tuk tuk (ini yang termurah yang saya temukan loh!). Dan inilah salah satu yang membuat pengeluaran transportasi saya di luar rencana budget awal.  Jadi, harus pintar-pintar menawar ongkos pada si bapak supir tuk tuk ya kak!. 

Untuk biaya penginapan selama Sri Lanka bisa menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Sebagai gambaran biaya menginap saya di hostel tipe dormitory termurahnya sekitar 1.230 rupee atau 119.051 rupiah per malam. Sedangkan biaya menginap di guest house tipe kamar sendiri sekitar 2.500 rupee atau sekitar 241.975 rupiah. Standar sih ya kak?. Bisa jatuhnya murah jika kita punya teman share cost untuk menginap di penginapan yang bertipe kamar sendiri tersebut. Karena saya sendiri, yaa jatuhnya biaya penginapan menjadi mahal. Oh iyaa,, jangan lupa memperhatikan lokasi penginapan kita. Lebih baik yang lokasinya dekat dengan spot-spot wisata yang akan kita kunjungi dan kalau bisa dekat dengan stasiun bus/kereta. Ini untuk meminimalisir biaya transportasi tambahan. Sebagai contoh carilah penginapan di sekitar Kandy Lake dimana untuk menjelajah kota ini kita hanya perlu jalan kaki saja. Atau carilah penginapan dekat terminal bus pusat Nuwara Eliya, berada di pusat kota dan tentu saja kita pun mudah bermobilisasi ke destinasi selanjutnya. Beberapa hotel diantaranya saya pesan melalui website www.booking.com sebelum keberangkatan ke Sri Lanka.

Untuk lebih jelasnya, berikut saya share berapa total biaya perjalanan solo traveling saya menjelajah Sri Lanka. Rincian biaya yang saya keluarkan untuk perjalanan selama 10 hari di Sri Lanka dan biaya selama 3 hari perjalanan transit Jakarta - Kuala Lumpur PP.

Biaya Perjalanan 10 Hari Menjelajah Sri Lanka

Pengeluaran saya selama 10 hari menjelajah Sri Lanka adalah sekitar 5.258.354 rupiah (belum termasuk pengeluaran selama perjalanan transit Jakarta - KL pergi pulang ya kak). Secara terperinci pengeluaran tersebut terdiri dari ;
- Total biaya penginapan sebesar 1.371.690 rupiah
- Total biaya makan, minum, dll sebesar 506.696 rupiah
- Total biaya transportasi (bus, kereta api, tuk tuk, dll) selama 10 hari di Sri Lanka sebesar 878.660 rupiah
Tiket masuk ke tempat-tempat wisata sebesar 909.826 rupiah
Berbelanja oleh-oleh sebesar 1.248.591  rupiah (ini nih kak, yang membuat jebol budget saya )
Dan lain-lain sebesar 342.891 rupiah

Total pengeluaran keseluruhan 8,08 juta rupiah (termasuk pengeluaran perjalanan Jakarta - KL - Jakarta dan biaya tiket transportasi pesawat Jakarta - Colombo pergi pulang). 

Catatan - catatan : 
- Salah satu motivasi saya untuk traveling ke Sri Lanka karena tiket promo Air Asia. Saya menggunakan maskapai penerbangan low cost ini karena tarif murah jika kita memesannya jauh-jauh hari. Sembilan bulan sebelum keberangkatan, saya mendapatkan tiket Kuala Lumpur (KUL) ke Colombo (CMB) sebesar 1.361.110 rupiah (pulang pergi termasuk biaya bagasi 20 kg dan makan). Sedangkan untuk tiket Jakarta (CGK) ke Kuala Lumpur (KUL) pulang pergi baru saya issued 2 minggu sebelum keberangkatan, total biayanya sekitar  961.631 rupiah. Total biaya transportasi pesawat dari CGK ke CMB adalah 2.322.741  rupiah (pulang pergi).

- Tiket masuk ke tempat-tempat wisata terkenal di Sri Lanka sangatlah mahal. Sebagai contoh tiket masuk kawasan Sigiriya (Lion Rock) untuk wisatawan mancanegara adalah 4.200 rupee atau sekitar 406.518 rupiah. Jika ingin meminimalisir pengeluaran hindari tempat-tempat wisata berbayar mahal tersebut, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Sri Lanka yang tak kalah indah panorama alamnya dan tentunya gratis. Namun tak ada salahnya juga menyiapkan budget lebih untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ikonik Sri Lanka tersebut.
- Biaya perjalanan di atas belum termasuk Online Electronic Travel Authorization (ETA) Visa Sri Lanka. Info lebih lanjut baca di sini " Mendapatkan Visa Online Sri Lanka Itu Sangat Mudah! ". 

Nah...sudah bisa menyimpulkan sendiri kan kak, apakah mahal atau tidak biaya perjalanan menjelajah Sri Lanka?. Ya, semua tergantung tipe traveling kakak sekalian mau benar-benar backpacker, flaspacker atau apalah namanya. Yang penting menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Dan yang penting happy traveling tentunya :). Pengalaman berharga baik itu senang & susah selama menjelajah negara Sri Lanka menurut saya jauh lebih berarti dibanding banyaknya lembar uang yang saya keluarkan. Semoga semangat memposting cerita pengalaman saya itu di sini :). 

Demikianlah informasi biaya perjalanan saya 10 hari menjelajah  Sri Lanka. Semoga bisa memberikan gambaran kakak-kakak traveler sekalian yang berencana traveling ke Sri Lanka agar dapat mengestimasi berapa total biaya yang akan dikeluarkan. 

Jika ingin bertanya, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya kak. Sebisa mungkin akan saya bantu jawab :). 

No comments:

Post a Comment