Friday 18 December 2015

Mendapatkan Visa Online Sri Lanka Itu Sangat Mudah!

Colombo, Sri Lanka
Hello Desember....

Tak terasa sudah di penghujung tahun 2015 saja ya kak. Dan tak terasa si kakak seminggu yang lalu baru saja menyelesaikan perjalanannya menjelajah negara Sri Lanka selama 10 hari. Cieee,,baru habis traveling ke Sri Lanka toh!. Sebelum bercerita lebih jauh tentang Sri Lanka, kenapa tiba-tiba tergerak hati untuk berkelana menjelajah negara ini, terlebih dahulu saya mau share bagaimana caranya mengajukan visa Sri Lanka secara online.

Sekedar informasi visa adalah persyaratan dokumen yang wajib dimiliki WNI untuk bisa memasuki Sri Lanka. Nah, di antara negara-negara wajib visa yang pernah dikunjungi kakak Rani, Hmmm..seperti sudah banyak saja negara yang kamu kunjungi kak! :), mendapatkan visa Sri Lanka adalah yang paling mudah dan gampang

Mengajukannya online melalui website Online Electronic Travel Authorization (ETA) Visa Sri Lanka di alamat : http://www.eta.gov.lk/slvisa/, bisa dimana saja yang penting terhubung dengan fasilitas internet. Waktu pengajuan visa bisa kapan saja yang pastinya sebelum hari keberangkatan ke Sri Lanka. 
Pilih bahasa yang dimengerti, misalnya English...Tetapi no bahasa Indonesia ya kak :)


Klik kolom Apply!

Baca persyaratan & ketentuan sebelum mengajukan aplikasi visa! Klik " I agree" ...

Kemudian pilih bagian Tourist ETA - Apply for an individual. Isilah secara lengkap data-data pengajuan visa. Menurut saya informasi yang dibutuhkan standar saja berupa data diri aplikan, informasi perjalanan (tanggal dan lokasi kedatangan, tujuan berkunjung ke Sri Lanka yaitu Visit Sightseeing or Holidaying, dan informasi kontak aplikan berupa alamat rumah di Indonesia sesuai paspor, email, nomor handphone, dan alamat tempat tinggal di Sri Lanka. Nah, untuk alamat di Sri Lanka saya mencantumkan alamat salah satu penginapan yang telah saya pesan melalui situs http://www.booking.com/
Aplikasi pengajuan visa online Sri Lanka jadinya begini....#maafdisensor :)


Kemudian melakukan pembayaran dengan kartu kredit (berlogo VISA atau MasterCard) sebesar 30 USD.

Memasukkan kata sandi pembayaran kartu kredit. Biar transaksi yang kita lakukan aman ya kak!


Terakhir adalah konfirmasi dari pihak ETA (Department of Immigration & Emigration Acknowledgement of ETA application) bahwa pengajuan visa kita telah diterima dan akan diproses kurang lebih selama 24 jam.


Tak menunggu lama, 5 menit kemudian…sebuah email dari pihak ETA Sri Lanka menginformasikan bahwa visa Sri Lanka yang saya ajukan sudah disetujui. Huahhhh…mudah dan tak ribet kan kak!! Tidak perlu khawatir pengajuan visa ditolak, pasti diterima kakak :D .
Online Electronic Travel Authorization (ETA) Visa Sri Lanka 
Masa berlaku sejak penerbitan visa : 6 bulan
Lama kunjungan yang diijinkan : 30 hari


Oh iya, sebaiknya email persetujuan visa dari pihak ETA Sri Lanka ini di print ya kak. Pengalaman saya meskipun nantinya ketika pemeriksaan imigrasi kedatangan Sri Lanka saya tak diminta untuk menunjukkan print out visa online ini kepada petugas. Cukup paspor dan kartu imigrasi kedatangan yang telah di isi, petugas akan memeriksa data kita di database keimigrasian mereka apakah sudah terdaftar memiliki visa atau belum. Print out Visa Sri Lanka online ini berguna ketika saya check in penerbangan (transit) dari Kuala Lumpur ke Colombo. 

No comments:

Post a Comment