Friday, 2 February 2018

Winter di Korea Selatan, Tak Butuh Visa

Winter di Korea Selatan
안녕하세요, Welcome February! By the way, di Korea Selatan sana sedang winter loh kak. Bicara tentang winter, kalian pernah gak punya keinginan melihat salju di negara musim dingin? Secara kan kita tinggalnya di negara tropis. Mana ada winter, adanya musim hujan atau gak kemarau. Dan buat kalian pecinta  K-drama ataupun K-Pop, pastilah ingin suatu saat nanti kalian pergi ke Korea Selatan. Sekedar jalan - jalan, melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana sesungguhnya kehidupan masyarakat di negara abang Lee Min Ho itu. Benar kan kak?

Saya pun demikian, meskipun sudah pernah sekali ke Korea Selatan 5 tahun yang lalu saat musim semi aka spring, saya masih punya wishlist yang belum kesampaian di Korea sana. Ingin tahu bagaimana rasanya tubuh ini jika diterpa hujan salju di musim dingin. Mupeng karena saking seringnya menonton scene hujan salju dalam drama Korea.
Sayangnya punya tabungan cukup & tekat kuat belumlah membuat saya semangat ke sana lagi dikarenakan ribetnya urusan visa Korea Selatan. Yapp sepengalaman saya, mengurus visa turis ke Korea Selatan itu termasuk gampang-gampang susah. Dokumen yang diperlukan cukup banyak. Dan wajib bagi kita menyertakan print out bukti keuangan (rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir, surat referensi bank) ataupun surat keterangan lainnya. Pernah seorang teman saya ditolak permohonan visa nya padahal dokumen yang dilampirkannya lengkap semua. Mulai dari print out tiket pesawat Jakarta ke Seoul (pp), penginapan, bahkan itinerary perjalanan dibuat dengan sedetail mungkin. Dan dia punya rekening tabungan yang nilainya puluhan juta. Entah apa alasan mengapa pihak kedubes Korsel tak meloloskan pengajuan visanya. Visa saya approved padahal tabungan saya tak sebanyak dia. Ya begitulah kak, diterima atau ditolaknya pengajuan visa Korea Selatan kita juga  tergantung keberuntungan.

Tapi itu dulu, sekarang kalian tak perlu ragu bila punya mimpi ingin jalan-jalan ke sana. Korea Selatan itu ternyata bebas visa loh kak. Dengan catatan, bebas visanya hanya untuk kunjungan ke Pulau Jeju saja ya kak. Jika ingin menyebrang ke Semenanjung Korea seperti ke kota Busan ataupun Seoul ya tetap harus punya visa. Kalian sudah tahu informasi ini apa belum?

Jujur awalnya sempat ragu apakah benar bahwa WNI bebas visa melancong ke Jeju. Meskipun tiket pesawat Air Asia (pp) ke Jeju sudah ditangan, saya masih belum pede. Saya tak ingin mengulangi kejadian buruk, dulu saya pernah ditarik keluar dari pesawat alias gagal masuk ke suatu negara padahal pesawat itu sudah mau take off. Ahhh, cerita ini next time inshaAllah saya ceritakan. Tak menemukan jawaban memuaskan di google, saya pun menghubungi pihak maskapai. Kata call centre maskapai, untuk urusan visa saya harus bertanya kepada pihak Kedubes Korea. Baiklah, saya pun berinisiatif menelpon KTO (Korea Tourism Organization) Jakarta saja. Lega ketika petugasnya bilang bahwa saya tak perlu mengurus visa Korea Selatan. ’’Warga Negara Indonesia bebas visa turis ke Jeju. Kita bisa menjelajahi provinsi Korea Selatan ini tanpa visa selama 30 hari’’. Informasi lebih lanjut klik di sini. Fix, informasi ini valid ya kak!
Informasi membahagiakan lainnya datang dari maskapai kesayangan saya, Air Asia. Bila sebelumnya terbang ke Jeju harus via Seoul dan otomatis kita harus punya visa. Atau kalau yang ingin bebas visa harus via Hong Kong atau Jepang nah sejak akhir tahun 2017 lalu Air Asia (AA) X punya rute baru penerbangan langsung dari Kuala Lumpur menuju Jeju. Tak mau melewatkan momen, saya mengincar tiket ke Jeju pada bulan Januari karena pada bulan ini lah salju turun di sana. Dan bahagianya saya mendapat tiket penerbangan AA promo, Jakarta – KL – Jeju (pp) sekitar 2.9 juta rupiah. Transit di KL dengan penerbangan internasional terusan (International Fly Thru) artinya saya tak perlu keluar mengikuti proses imigrasi KLIA2. Dan tentunya saya tak repot buat mengambil bagasi karena secara otomatis barang bawaan saya itu langsung ditransfer oleh pihak bandara KLIA2 langsung ikut pernerbangan saya ke Jeju. Air Asia memang tahu yang saya mau. 너무행복한다. Harapan saya semoga saja ke depannya om Tony Fernandes mau buka rute baru Air Indonesia X dari Jakarta langsung ke Pulau Jeju dan tentunya promo nya lebih sering lagi. Amin!
Nah tunggu apa lagi kak. Bagi kalian yang punya wishlist ingin merasakan hujan salju musim dingin di Korea tetapi gak mau repot dengan urusan visa, pergilah ke Jeju. Pulau di ujung Semenanjung Korea ini punya banyak kejutan untuk kalian. Ayo pakai coat winter-an di negara K-drama impianmu! 


제주에 가자. Only Jeju, nantikan cerita saya di Jeju.

Somewhere in Seogwipo Jeju, 11 January 2018

No comments:

Post a Comment